close
Foto

Senja di Popoh

Tiga Kosong Purna

Pantai merupakan salah satu tempat rekomendasi untuk melepas beban rutinitas, dan salah satu tempat perburuan para traveler untuk menikmati keindahan alam. Pantai indah Popoh sebagai ikon wisata Tulungagung, bertempat di Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Dengan berbagai keindahannya pantai Popoh kerap kali di jadikan sebagai tempat pengadaan event.

Popoh dibangun tahun 1989 lengkap dengan pelabuhannya. Pengelolaan langsung didapuk oleh pemerintah Provinsi.

Namun, yang sangat disayangkan di pantai Popoh ada kerancuan soal kepemilikan. Sejak dibangun, Popoh sudah mengalami empat pergantian kepemilikan. Mulai dari Retjo Pentung, Pemerintah Kabupaten, Dinas Pariwisata, hingga PDAU. “Karena ketidakjelasan kepemilikan pantai Popoh sampai saat ini”, seperti yang diungkapkan Edi, Penanggungjawab pantai Popoh, “maka pengelolaan pantai ini juga belum optimal.”

Bahkan untuk saat ini pantai Popoh dibagi menjadi tiga bagian kepemilikan. Pelabuhan tempat nelayan melelang ikan dimiliki oleh Pemerintah Provinsi, bagian Popoh timur merupakan otoritas Retjo Pentung, dan bagian popoh sendiri yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung. []

Tags : alamindah alamkupantai popohsenja di pagi harisunset di sore hari
M Thoyib Sulaiman

The author M Thoyib Sulaiman

Leave a Response