close
Cangkruk

Listrik untuk PSKM Sering Padam

Tulungagung (18/4), Pentas Seni dan Kreativitas Mahasiswa (PSKM) dibuka sejak hari Minggu 16 April 2017. Memasuki hari ke-3 sejak dibukanya PSKM, banyak keluhan dari peserta, terutama padamnya listrik.  Listrik sebagai penerang disetiap stand hampir saban hari padam. Alasan utama listrik padam disebabkan karena barang elektronik yang digunakan melebihi kapasitas listrik.

Aliran listrik sebagai penerang sendiri hanya berasal dari aliran listrik Kampus. Tidak ada penyewaan alat bantu seperti Diesel untuk menunjang PSKM. Itu adalah upaya menekan pengeluaran anggaran PSKM.

“Listrik sering mati itu karena kelebihan daya barang yang digunakan, seperti kulkas. Saya kan tanya kemarin kalau kulkas itu kapasitasnya 420 watt dan itu bisa memberatkan aliran listrik. Jadi itu yang menyebabkan listrik sering padam”, tutur Bayu selaku ketua panitia PSKM 2017.

Melihat kondisi listrik yang sering padam, panitia PSKM mencoba memberikan pengertian kepada peserta PSKM untuk mengkalkulasi ulang daya listrik yang diperlukan ditiap stand.

“Melihat kondisi sekarang sering padam, ya kami mencoba memberikan pengertian kembali para peserta PSKM. Untuk lebih efisien lagi menggunakan listrik”, tutur Bayu.

Panitia semakin dibingungkan dengan persiapan untuk penampilan festival band dan penampilan-penampilan dihari selanjutnya. Apalagi dua hari mendatang dijadwalkan PSKM menyelenggarakan festival Band yang tentunya bakal menambah alat elektronik tambahan. Otomatis bakal memerlukan tambahan aliran listrik.

“Karena melihat dua hari lagi ada pentas seni Band yang pastinya menggunakan banyak aliran listrik”, tambah Bayu

Agenda PSKM yang semakin hari semakin padat memerlukan aliran listrik yang lumayan. Dengan kondisi listrik yang sering padam, belum ditambah dengan beberapa alat elektronik untuk keperluan festival band hingga pagelaran wayang, dikhawatirkan kapasitas listrik kampus tidak cukup. Panitia kini yang mencoba menyiasatinya dengan sosialisasi penggunaan listrik yang efektif dan efisien. Tapi, solusi cerdas panitia apakah mampu menunjang daya listrik yang diperlukan? Kita tunggu saja. []

Ania

penyuka sastra, traveling, berkhayal, penggemar puisi Aan Mansur (Tidak Ada New York Hari Ini).

Nur Fitriyani

The author Nur Fitriyani

penyuka sastra, traveling, berkhayal, penggemar puisi Aan Mansur (Tidak Ada New York Hari Ini).

Leave a Response