Beber­a­pa  hari yang lalu kam­pus IAIN Tulun­ga­gung telah melak­sanakan hajat pent­ing yaitu Pekan Seni Kre­at­i­fi­tas Maha­siswa (PSKM). PSKM dis­e­leng­garakan  untuk mengin­gat hari berdirinya IAIN Tulun­ga­gung. Momen ini dis­e­leng­garakan pada tang­gal 16–22 April 2017.

Tema-tema unik dis­ajikan seti­ap kali acara dige­lar. Tema-tema yang menun­tut imple­men­tasi yang sesuai. Tahun ini tema yang diusung adalah “Maha Karya Pemu­da Bangsa.”

Namun, seti­ap acara tak luput dari kelebi­han dan keku­ran­gan. begi­tu juga den­gan PSKM. Maka dari itu, survei ini dilakukan sehing­ga hasil­nya dap­at men­ja­di bahan eval­u­asi kedepannya.

Respon­den survei adalah para peser­ta PSKM 2017. Teknik pemil­i­han respon­den yang digu­nakan adalah ran­dom sam­pling den­gan metode tanya-jawab. Peser­ta ini diam­bil dari lem­ba­ga intra kam­pus seper­ti him­punan maha­siswa juru­san (HMJ), Dewan Ekseku­tif Maha­siswa (DEMA) dan Unit Kegiatan Maha­siswa (UKM). Ada­pun yang dari luar seper­ti peda­gang kaki lima (PKL), Him­punan Maha­siswa Daer­ah (HMD) dan lain-lain. Kare­na merekalah yang mengiku­ti kegiatan PSKM sam­pai selesai.

Ada­pun persen­tase hasil survei seba­gai berikut :

Persen­tase terse­but menun­jukan banyak peser­ta yang kurang puas den­gan adanya PSKM tahun ini. Sedan­gkan yang memil­ih cukup puas sebanyak 25%. Lalu yang memil­ih dalam mengiku­ti acara PSKM hanya 20% dan untuk yang tidak men­jawab sebanyak 10%.

Kelebi­han yang dirasakan oleh peser­ta PSKM diantaranya: per­ta­ma, stand­nya berdekatan, sehing­ga jali­nan sil­latur­rahim ter­jalin, apala­gi ada ger­akan sol­i­dar­i­tas untuk kor­ban ben­cana. Ked­ua, ada tam­ba­han acara yang unik dan berbe­da dari tahun-tahun sebelum­nya yaitu Deklarasi Maha­siswa Daerah.

Selain kelebi­han, keku­ran­gan pun dis­er­takan den­gan tujuan agar PSKM tahun depan bisa lebih baik. Ada­pun keku­ran­ganya antara lain: per­ta­ma, tata letak harus di per­hatikan antara pang­gung uta­ma dan stand. Teruta­ma tata letak stand tahun ini dini­lai beran­takan sehing­ga pen­gun­jung tidak lelu­asa berke­lil­ing meli­hat-lihat semua stand.

Ked­ua, fasil­i­tas yang dise­di­akan pani­tia tidak seband­ing den­gan har­ganya. Keti­ga, Acara ben­trok den­gan ujian ten­gah semes­ter (UTS) dan Wisu­da. Keem­pat, tidak ada drainase/selokan air sehing­ga keti­ka hujan ter­ja­di genan­gan air di antara stand. Keli­ma, parkir yang jauh dan menyulitkan. Keenam, ID Card per­lu dita­m­bah. Ketu­juh, Acara seper­ti kurang terkon­sep dan dadakan. Yang pal­ing fatal adalah ser­ingnya listrik padam dikare­nakan kap­a­sitas listrik yang kurang. Kede­la­pan, Pub­likasi kurang luas.

Ada­pun beber­a­pa hara­pan untuk PSKM kede­pan­nya, diantaranya: per­ta­ma, kre­at­i­fi­tas dit­ingkatkan kem­bali, kare­na tajuk acara ini adalah pekan seni dan kre­at­i­fi­tas. Ked­ua, diberikanya kat­e­gori juara (seper­ti: stand terkre­atif, penampi­lan terk­eren, stand yg pal­ing dulu hadir dll) agar men­ja­di moti­vasi bagi peser­ta PSKM. Keti­ga, bin­tang tamu yang didatangkan harus di sesuaikan den­gan mode dan tema alias yang menarik. Keem­pat, Acara di sesuaikan den­gan kam­pus­nya (Insti­tut Aga­ma.…). Keenam, Kepani­ti­aanya di ben­tuk min­i­mal 2 bulan sebelum acara dim­u­lai. Ketu­juh, sesekali Rek­tor atau Pres­ma ikut blusukan ke stand. Kede­la­pan, Jika ada seti­ap stand di beri cin­dera­ma­ta dll.

Ter­lepas dari itu, PSKM jika dini­lai dari angka 0–100 untuk menun­jukan sebuah kepuasan. Dari sepu­luh respon­den yang telah mem­berikan angka, jika dijum­lahkan sebanyak 649 kemu­di­an diba­gi 10 sehing­ga rata-ratanya yaitu 6,49% untuk pre­sen­tase kepuasan PSKM tahun 2017.

Jadi, per­bandin­gan kelebi­han dan keku­ran­gan menu­rut survei ter­hadap peser­ta PSKM menggam­barkan men­ge­nai efek­tif tidaknya acara terse­but dis­e­leng­garakan. Mengin­gat lagi, PSKM adalah hajat besar IAIN Tulun­ga­gung, tidak elok rasanya jika keru­gian yang dirasakan lebih banyak ketim­bang man­faat­nya. Oleh kare­na itu data-data ini kem­bali dihadirkan den­gan hara­pan agar kede­pan­nya dap­at lebih baik den­gan mem­i­ni­mal­isir seti­ap kekurangan.

 

*Sum­ber data adalah hasil survei tim news radio Genius FM