Dimensiper.com (9/5) Hari ini Him­punan Maha­siswa Juru­san (HMJ) Tadris Matem­ati­ka men­gadakan sem­i­nar. Sem­i­nar itu bertema “Mewu­jud­kan Gen­erasi Muda Berba­sis Qur’an”. Sebe­narnya jad­w­al sem­i­nar adalah tang­gal 27 april 2017, kare­na alasan ter­ten­tu diun­dur men­ja­di 9 mei 2017. Sem­i­nar ini bertem­pat di aula lan­tai 6 gedung Syai­fudin Zuhri IAIN Tulungagung.

Pema­teri didatangkan dari Uni­ver­si­tas Islam Negeri (UIN) Malik Ibrahim Malang, yakni Abdus­sakir. Abdus­sakir men­em­puh pen­didikan sar­jana sam­pai dok­toral di Juru­san Pen­didikan Matem­ati­ka Uni­ver­si­tas Negeri Malang (2000–2014). Sem­i­nar ini diawali den­gan mem­ba­has kon­sep operasi dasar di matem­ati­ka dalam per­spek­tif Islam. Abdus­sakir men­gungkap­kan, “Tidak meng­is­lamkan matem­ati­ka, tapi menye­barkan islam den­gan matematika.”

Kon­sep operasi dasar seper­ti pen­gu­ran­gan susun, diang­gap­nya bisa berdampak pan­jang dalam men­gubah pemiki­ran anak-anak. Sesuai den­gan perny­ataan­nya, “Men­gubah kata-kata saja, tapi dampaknya ke belakang besar.”
Pen­gu­ran­gan yang selalu diberikan solusi “pin­jam” jika sat­u­an dalam pen­gu­ran­gan susun tidak cukup diku­ran­gi bawah­nya. Sehing­ga diberikan tawaran, seper­ti Opti­mi­sa­tion (beri sama) den­gan mem­berikan sama ked­ua ruas. Hal ini diin­te­grasikan den­gan kon­sep Islam dermawan.

Matem­ati­ka yang lebih bisa dit­er­ap­kan di dunia nya­ta men­ja­di lebih menarik. Seper­ti ungkap Rera maha­siswa Tadris Matem­ati­ka semes­ter 4, “Matem­ati­ka yang dimak­sud adalah matem­ati­ka kehidupan.”

Ini berbe­da jika disand­ingkan den­gan matem­ati­ka yang dida­p­at di seko­lah, “saya merasa matem­ati­ka yang saya pela­jari tidak ada hubun­gan­nya den­gan al-Qur’an.” Imbuhnya.

Matem­ati­ka sebe­narnya selalu digu­nakan dalam kehidu­pan sehari-hari baik sadar maupun tidak sadar. Sem­i­nar ini mem­ban­tu menam­bah kesadaran kegu­naan matem­ati­ka di kehidu­pan. Selain kon­sep operasi dasar untuk para pen­didik di seko­lah, kon­sep ini juga dap­at dit­er­ap­kan dalam kehidu­pan teruta­ma dalam kon­teks Isla­mi. Mis­al­nya, bilan­gan bulat, him­punan, per­bandin­gan, per­samaan, sta­tis­ti­ka, sam­pai fungsi bahkan yang lainnya.

Abdus­sakir meng­hara­p­kan pen­didik di seko­lah maupun umum teruta­ma pen­didik matem­ati­ka khusus­nya untuk lebih mem­pela­jari matem­ati­ka dan Islam. Sebab masih banyak hal yang sam­pai sekarang belum dite­mukan berkai­tan den­gan matem­ati­ka dari kitab suci itu. Hal ini dap­at dilakukan den­gan cara melakukan penelit­ian ten­tang matem­ati­ka dalam al-Qur’an. []

Meyaki­ni berasal dari trah dewa. Lahir dari rahim bidadari yang susah payah menya­mar seba­gai manu­sia biasa.