close
BeritaKanthong

Menyambut Bulan Suci, HMJ TP Prakarsai Ruqyah Masal

Dimensipers.com. 21/05/2017- Himpunan Mahasiswa Jurusan Tasawuf Psikoterapi (HMJ TP), baru saja usai menyelesaikan ruqyah massal dan pelatihan ruqyah dengan tema, “Menyucikan hati menyambut bulan yang suci” di aula utama IAIN Tulungagung. Sejak pagi panitia sudah bersiap-siap untuk menerima peserta. Peserta yang ikut dalam acara tersebut sebanyak 170 orang dan 20 praktisi ruqyah guna menemani peserta.

Nur Huda, sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk berdakwah serta menguatkan aqidah para peserta. Selain itu ruqyah bisa menjadikan obat dalam kehidupan manusia. Menurut Huda, setiap penyakit yang datangnya dari Tuhan pasti ada obatnya melalui bacaan Al-Qur’an yang tertera pada ruqyah.

“Kami di sini juga ingin mengahpus bawasannya ruqyah itu selalu identik dengan kesurupan, padahal itu tidak. Ruqyah juga bisa digunakan sebagai pengobatan medis.” Ucapnya ketika diwawancarai oleh Dimensi.

Selain menjadi pengobatan, ruqyah bisa dijadikan sebagai harapan untuk ikhlas dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebab mendekatkan diri bisa melalui berbagai cara salah satunya seperti ruqyah kali ini.

Saat ditanya esensi dari tema yang di usung, ia menjelaskan bulan ini sangat berdekatan dengan bulan Ramadhan. Untuk itu HMJ TP mempunyai inisiatif menggelar ruqyah masal berguna untuk membersihkan diri manusia dari segala penyakit dan diharapkan bisa khusuk menjalankan puasa ramadhan nantinya.

Ruqyah ini juga salah satu dakwah, ketika sudah selesai acara peserta diberikan cara untuk membentengi diri mereka malalui dzikir dan membaca Al-Qur’an. Ketika acara ruqyah ini tidak sengaja dilaksanakan berdekatan dengan bulan suci ramadhan. Menurut Huda, berguna sekali sebab mereka akan merasa lebih suci dan merasa kehilangan rasa penyakit yang pernah dideritanya serta bisa berlaku khusuk di bulan yang suci.

Acara ini juga salah satu program kerja dari HMJ TP yang di gelar di akhir semester. Menurut Lina L. Azizah, selaku wakil ketua umum menjelaskan kepada Dimensi. Bawasanya acara kali ini sebenarnya tidak disengaja berdekatan dengan bulan ramdhan. Namun, acara ini sudah dirancang sejak bulan November. Ketepatan saja acara kali ini berdekatan dengan bulan suci ramadhan. Maka dari itu, dari pihak HMJ TP merasa lebih tergugah mengadakan acara ruqyah. [Tsalits]

Manusia dan kerak-kerak bumi, sama bergeraknya. Hanya, manusia itu lebih absurd

N Naharin

The author N Naharin

Manusia dan kerak-kerak bumi, sama bergeraknya. Hanya, manusia itu lebih absurd

Leave a Response