Dimensipers.com. 21/05/2017- Him­punan Maha­siswa Juru­san Tasawuf Psikoter­api (HMJ TP), baru saja usai menye­le­saikan ruqyah mas­sal dan pelati­han ruqyah den­gan tema, “Menyu­cikan hati menyam­but bulan yang suci” di aula uta­ma IAIN Tulun­ga­gung. Sejak pagi pani­tia sudah bersi­ap-siap untuk mener­i­ma peser­ta. Peser­ta yang ikut dalam acara terse­but sebanyak 170 orang dan 20 prak­tisi ruqyah guna men­e­mani peserta.

Nur Huda, seba­gai ket­ua pani­tia menyam­paikan bah­wa acara ini bertu­juan untuk berdak­wah ser­ta men­guatkan aqi­dah para peser­ta. Selain itu ruqyah bisa men­jadikan obat dalam kehidu­pan manu­sia. Menu­rut Huda, seti­ap penyak­it yang datangnya dari Tuhan pasti ada obat­nya melalui bacaan Al-Qur’an yang tert­era pada ruqyah.

Kami di sini juga ingin men­gah­pus bawasan­nya ruqyah itu selalu iden­tik den­gan kesu­ru­pan, pada­hal itu tidak. Ruqyah juga bisa digu­nakan seba­gai pen­go­b­atan medis.” Ucap­nya keti­ka diwawan­car­ai oleh Dimensi.

Selain men­ja­di pen­go­b­atan, ruqyah bisa dijadikan seba­gai hara­pan untuk ikhlas dan mendekatkan diri kepa­da Tuhan Yang Maha Esa. Sebab mendekatkan diri bisa melalui berba­gai cara salah sat­un­ya seper­ti ruqyah kali ini.

Saat ditanya esen­si dari tema yang di usung, ia men­je­laskan bulan ini san­gat berdekatan den­gan bulan Ramad­han. Untuk itu HMJ TP mem­pun­yai inisi­atif mengge­lar ruqyah masal bergu­na untuk mem­ber­sihkan diri manu­sia dari segala penyak­it dan dihara­p­kan bisa khusuk men­jalankan puasa ramad­han nantinya.

Ruqyah ini juga salah satu dak­wah, keti­ka sudah sele­sai acara peser­ta diberikan cara untuk mem­ben­ten­gi diri mere­ka malalui dzikir dan mem­ba­ca Al-Qur’an. Keti­ka acara ruqyah ini tidak sen­ga­ja dilak­sanakan berdekatan den­gan bulan suci ramad­han. Menu­rut Huda, bergu­na sekali sebab mere­ka akan merasa lebih suci dan merasa kehi­lan­gan rasa penyak­it yang per­nah dider­i­tanya ser­ta bisa berlaku khusuk di bulan yang suci.

Acara ini juga salah satu pro­gram ker­ja dari HMJ TP yang di gelar di akhir semes­ter. Menu­rut Lina L. Azizah, selaku wak­il ket­ua umum men­je­laskan kepa­da Dimen­si. Bawasanya acara kali ini sebe­narnya tidak dis­en­ga­ja berdekatan den­gan bulan ramd­han. Namun, acara ini sudah diran­cang sejak bulan Novem­ber. Ketepatan saja acara kali ini berdekatan den­gan bulan suci ramad­han. Maka dari itu, dari pihak HMJ TP merasa lebih ter­gu­gah men­gadakan acara ruqyah. [Tsal­its]

Manu­sia dan ker­ak-ker­ak bumi, sama berg­er­aknya. Hanya, manu­sia itu lebih absurd