close
Dimut

Sosialisasi Meningkatkan Kualitas SDM Koperasi

Dimensipers.com 31/05- Koperasi saat ini dapat dikatakan “Hidup Enggan Mati Pun Segan”. Slogan tersebut mewakili kondisi koperasi sekarang ini. Banyak koperasi berdiri namun tidak bertahan lama. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kondisi koperasi menjadi demikian tidak diminati. Diantara faktor itu antara lain, minimnya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai salah satu faktor utama kemunduran koperasi.

Koperasi ialah badan usaha yang memiliki anggota perseorangan atau badan hukum. Koperasi berdiri berdasarkan asas kekeluargaan serta demokrasi ekonomi. Koperasi merupakan produk kegiatan ekonomi. Kegiatan koperasi ialah gerakan ekonomi kerakyatan dan berjalan atas prinsip gotong royong.

Selain koperasi umum yang ada dalam jangkauan masyarakat, ada pula Koperasi Mahasiswa (KOPMA). Berdirinya kopma di setiap kampus memiliki peran bagi anggota maupun pengurus. Kopma berperan sebagai penunjang sarana belajar tentang perkoperasian, berorganisasi, mengenal sistem Human Resources Development (HRD), dan aktivitas yang berkaitan dengan manajemen keuangan.

Pengurus koperasi memiliki tanggungjawab besar bagi berkembangnya koperasi. Pengurus bukan hanya sebagai anggota tetapi juga orang yang mengelola koperasi. Sehingga perlulah sosialisasi perkoperasian demi peningkatan kemampuan SDM.

dok. pribadi

Pukul 13.00 WIB acara dimulai. Kegiatan ini bertema “Sosialisasi Perkoperasian Oleh Dinas Koperasi Tulungagung”. Acara ini diselenggarakan oleh Kopma Amanah di Auditorium  Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Tulungagung.

Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Mohaini selaku Dinas Koperasi Tulungagung. Di awal beliau menerangkan seluk beluk tentang koperasi. Sesudah itu beliau menerangkan faktor-faktor yang menyebabkan koperasi tidak berkembang. Peserta yang hadir berasal dari berbagai kampus di Tulungagung seperti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung dan Universitas Tulungagung (UNITA). Peserta begitu antusias mengikuti sosialisasi tersebut. Di akhir ceramah beliau banyak peserta mengajukan pertanyaan.

Koperasi merupakan punggung rakyat. Dari situlah kita berusaha memajukan ekonomi rakyat. Beberapa hal dapat dilakukan untuk memajukan koperasi antara lain merekrut anggota yang berkompeten, meningkatkan daya jual dan promosi, membenahi internal koperasi dan mengubah kebijakan kelembagaan koperasi. Diharapkan kedepannya koperasi lebih berkembang dengan pengetahuan SDM yang baik. []

Ania

penyuka sastra, traveling, berkhayal, penggemar puisi Aan Mansur (Tidak Ada New York Hari Ini).

Tags : koperasimeningkatkanSDMsosialisasi
Nur Fitriyani

The author Nur Fitriyani

penyuka sastra, traveling, berkhayal, penggemar puisi Aan Mansur (Tidak Ada New York Hari Ini).

Leave a Response