Bea­siswa Train­ing Peng­ger­ak Per­dama­ian dan Keber­aga­man Berba­sis Komu­ni­tas mem­bu­at saya harus ter­jun dan hidup bersama mere­ka yang aga­ma atau keyak­i­nan­nya berbe­da den­gan saya. Acara yang diadakan oleh Komu­ni­tas Gus­duri­an Jom­bang meng­gan­deng Perseku­tu­an Gere­ja Kris­ten (PGI) dan acara ini berlang­sung kurang lebih empat hari. Bertem­pat di Klen­teng Hong San Kiong Gudo-Jom­bang. Acara ini untuk mendekatkan sesama umat beraga­ma yang sejak kemarin-kemarin tidak berhubun­gan den­gan baik. Ya begi­t­u­lah seti­daknya kalian tahu cikal bakal acara diadakan.

Kita tahu, Gus Dur atau yang berna­ma lengkap K.H Abdur­rah­man Wahid memang bapak atau tokoh plu­ralis di Indone­sia. Seba­gai wujud peng­har­gaan dan ikut mengami­ni pemiki­ran beli­au maka, kegiatan ini per­lu dilakukan. Supaya apa? Supaya kita tidak bertengkar seper­ti kanak-kanak bere­but eksis­ten­si atas nama agama.

Saya rasa kita per­lu menen­gok lebih jauh ke belakang bah­wa kita seba­gai bangsa Indone­sia telah men­gakar dari nenek moyang memang hidup dalam keber­aga­man. Keber­aga­man ini ter­ja­di ham­pir dalam segala hal, mis­al­nya mulai dari war­na kulit, bahasa, makanan, adat, kesen­ian, bahkan sam­pai bau mulut­pun – beda, nah apala­gi aga­ma dan keper­cayaan toh?? Syu­dah jelas pasti perbe­daan­nya. Yah kira-kira mere­ka yang suka nyinyir kare­na memak­sakan per­sat­u­an dalam segala hal saya kira mulai hilang akal sehat­nya. Hla gimana ndak? Sejak dalam kan­dun­gan saja saya dan keti­ga saudara saya sudah beda. Pada­hal kita lahir dari mulut rahim yang sama tapi saat kelu­ar ya tetap saja beda, haish„,takdir. Nah kalau tahu begi­tu lan­tas kena­pa mere­ka masih nyinyir? Anggap saja mere­ka itu golon­gan kurang piknik. Ehemmm

Oya kita harus balik pada ceri­ta tadi, hem­mm ngomong soal piknik saya dan teman-teman berke­sem­patan piknik lin­tas iman. Yang seper­ti apa?  Ya begi­t­u­lah kita berke­lil­ing men­gun­jun­gi beber­a­pa rumah ibadah dari berba­gai aga­ma yang mana lumayan nge­hits sean­tero Jom­bang. Tem­pat per­ta­ma yang kita kun­jun­gi ialah makam bapak plu­ralis kita yaitu Gus Dur. Makam Gus Dur ter­letak di kom­pleks pemaka­man pon­dok pesantren Tebu Ireng, hmmm seba­gaimana leluhur beli­au juga beri­s­ti­ra­hat dis­ana. Kare­na kita ter­diri dari hmmm ten­tu saja beragam gaya berpaka­ian, ram­but, bahkan war­na kulit yang berbe­da, maka kedatan­gan kita menyi­ta per­ha­t­ian banyak orang di sek­i­tar makam. Ziarah yang kita lakukan pun ter­bilang nasion­alis kare­na ditut­up den­gan doa dan ten­tu saja iring-iringan lagu Indone­sia Raya beser­ta Padamu Negeri. Hmm­mm very Nice!!

Kemu­di­an mobil kita berg­er­ak menu­ju Gere­ja Kris­ten Jawi Wetan (GKJW) Mojowarno-Jom­bang. Menu­rut ceri­ta pas­tur yang menyam­but kita, gere­ja ini meru­pakan gere­ja ter­tua di Jawa Timur dan men­ja­di cikal bakal GKJW lain­nya di Jawa Timur. Di luar dugaan saya ten­tang stig­ma gere­ja yang sedari masih bau ken­cur dije­jalkan kelu­ar­ga, terny­a­ta para pas­tur dan pen­gu­rus gere­ja tidak kalah ramah. Mere­ka menyam­but kedatan­gan saya dan teman-teman den­gan suka cita bahkan – menyi­ap­kan makan siang untuk rom­bon­gan saya.

Deg-degan ten­tu saja meng­gero­goti hati saya yang sejak dalam piki­ran men­gang­gap makanan gere­ja pasti tidak halal. Eh tung­gu dulu, pas­tur yang memer­si­lahkan kami masuk aula makan men­gatakan bah­wa makanan ini dijamin halal 100%. Wedee…mereka san­gat menger­ti akan kekhawati­ran pola pikir saya yang aduhai kon­ser­vatif minta ampun. Yah – sejak lahir saya diceko­ki piki­ran kon­ser­vatif yang bisa jadi menu­ju intol­er­an nomor wahid. Den­gan sambu­tan hangat ini maka, otak kon­ser­vatif saya luruh pelan-pelan. Apala­gi naf­su swafo­to saya muncul begi­tu meli­hat rumah ibadah yang war­biasah menakjubkan dan ten­tu saja insta­gram­able. Hmmm…maklum saya per­ta­ma kali ini masuk gere­ja. Kekekeke.

Melan­jutkan per­jalanan spir­i­tu­al lin­tas iman ini kemu­di­an rom­bon­gan menu­ju salah satu rumah ibadah umat Hin­du. Benar, kita menu­ju pura yang konon katanya juga terbe­sar sean­tero Jom­bang ini. Tepat­nya di Ngepeh sebuah daer­ah ping­gi­ran sun­gai yang nya­man untuk berib­adah. Pura ini tidak begi­tu besar jika diband­ingkan pura di kota besar lain­nya, hanya saja umat Hin­du sudah memak­si­malkan usa­hanya untuk mem­ban­gun­nya. Pura ini berna­ma Pura Amr­ta Bua­na, dimana mere­ka memi­li­ki sek­i­tar enam puluh dela­pan kepala kelu­ar­ga seba­gai pengikutnya.

Adalah Sukirno meru­pakan Pedande yang men­ja­di panu­tan bagi umat aga­ma Hin­du di Ngepeh. Beli­au men­je­laskan bagaimana jatuh ban­gun umat Hin­du yang nyaris punah. Dulun­ya sek­i­tar dua ratu­san kepala kelu­ar­ga masih ter­catat seba­gai umat Hin­du, namun belakan­gan berku­rang drastis. Lebih lan­jut beli­au menu­turkan sulit­nya men­da­p­atkan pen­gakuan atas keber­adaan aga­ma Hin­du teruta­ma dalam dunia pen­didikan. Sulit­nya men­cari guru aga­ma Hin­du menye­babkan beli­au harus mere­lakan banyak wak­tu untuk kelu­ar masuk seko­lah dan men­ga­jarkan aga­ma Hin­du. Namun beli­au juga san­gat bersyukur kare­na masyaraka­ta Ngepeh tidak eksklusif sehing­ga legowo mener­i­ma keber­adaan umat beda aga­ma. Per­jalanan spir­i­tu­al lin­tas iman ini diakhiri den­gan swafo­to dan ten­tu saja memakan sug­uhan dari empun­ya rumah.

Demi men­dala­mi atau bisa jadi meningkatkan tol­er­an­si kepa­da umat aga­ma lain pula saya dan teman-teman akan life in di rumah-rumah sek­i­tar Klen­teng Gudo. Jadi begi­ni atu­ran main­nya, saya yang di KTP mus­lim akan ting­gal di rumah Pas­tur Gere­ja Bethani tepat­nya di belakang Klen­teng. Kemu­di­an teman saya yang non mus­lim akan ting­gal di rumah war­ga mus­lim di sek­i­tar klen­teng. Ehemm„,akan menarik. Life in semalam ini akan diman­faatkan untuk berba­gi ceri­ta kepa­da dan dari mere­ka yang berbe­da keyak­i­nan. Lama-lama saya nya­man ngo­b­rol den­gan mereka.

Bekal iden­ti­fikasi diri dari sikap intol­er­an mem­bu­at saya man­tap dan yakin bah­wa mere­ka itu ya manu­sia biasa, bahkan makanan­nya pun sama-sama NASI. Bahkan mere­ka yang non mus­lim itu san­gat tol­er­an den­gan kita, buk­tinya saya yang sha­lat saja kadang masih nung­gak diin­gatkan untuk menyegerakan. Kadang saya malu, seba­gai penyan­dang mus­lim terny­a­ta saya masih kri­sis iden­ti­tas untuk taat melakoni itu. Eh kok jadi curhat. Nyatanya sete­lah ting­gal sela­ma beber­a­pa hari saya kemu­di­an akrab dan bahkan sal­ing berdiskusi ten­tang teolo­gi. Mere­ka sama sekali tidak ada niatan buruk untuk memec­ah belah Islam, malah seba­liknya kita yang nam­paknya makin intol­er­an ter­hadap mere­ka. Pada­hal, mere­ka ter­bu­ka mener­i­ma kehadi­ran kita seba­gai teman mere­ka dan setahu saya tidak ada hukum yang berbun­yi jika masuk rumah ibadah aga­ma lain kita men­ja­di kafir.

Intinya begi­ni, bah­wa saya tidak menyang­ka orang-orang baik semacam itu harus kita labeli den­gan dik­si “Kafir”. Mere­ka itu bahkan was-was jika ingin mem­ban­tu umat mus­lim yang sedang men­gala­mi kesusa­han, sebab selalu ada embel-embel kris­tenisasi lah, Hin­duisasi, atau sasi sasi yang lain. Embel-embel ini­lah dampak buruk dari suud­zon masyarakat mus­lim yang saya pikir berlebi­han. Pada­hal mere­ka ikhlas mem­ban­tu kita, hmm pola pikir kurang benar ini mer­atakan per­sat­u­an dan beru­jung per­pec­a­han bangsa. Ehem, masih ingat kan dik­si kafir yang menyak­itkan itu? Saya saja ogah jika telat sha­lat satu kali wak­tu lan­tas dil­abeli kafir, apala­gi mere­ka yang sem­bahyangnya lebih taat dari saya?

 

Jadi, mbokya dipikir kalau mau menuduh orang kafir, Tuhan saja tol­er­an kok masa situ eng­gak? Kalau sudah begi­ni apa sebaiknya dik­si Kafir diha­pus saja?? []

Manu­sia dan ker­ak-ker­ak bumi, sama berg­er­aknya. Hanya, manu­sia itu lebih absurd