Dimensipers.com 14/10. Jum’at, 13 Okto­ber Him­punan Maha­siswa Juru­san Hukum Tata Negara Islam (HMJ HTNI) men­gadakan agen­da Kongkow Bareng Komisi Pemil­i­han Umum (KPU) Kabu­pat­en Tulung­gung. Tema yang diangkat adalah “Meny­ong­song Penye­leng­garaan Pilka­da Serentak 2018”. Agen­da ini dilak­sanakan di aula gedung Syai­fudin Zuhri Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Dalam kongkow ini KPU melakukan agen­da sosial­isasi terkait Pemil­i­han Umum (Pemilu) serentak 2018 kepa­da maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung. Seper­ti yang diungkap­kan oleh Suy­it­no Arman selaku devisi SDM dan par­tisi­pa­di masyarakat KPU. “ IAIN ini pun­ya Fakul­tas Syari’ah Dan Ilmu Hukum (FASIH), Saya  kira ini men­ja­di ele­men yang pent­ing bagi KPU untuk men­sosial­isas­ikan pro­gram KPU mis­al­nya bek­er­jasama  terkait penye­leng­garaan Pemilu.”

Selain kongkow bareng KPU Tulun­ga­gung, agen­da ini dis­er­tai den­gan penan­datan­ganan per­jan­jian ker­jasama antara IAIN Tulun­ga­gung den­gan KPU Tulun­ga­gung. Ker­jasama yang dilakukan pada awal­nya hanyalah sebatas sosial­isasi kepa­da masyarakat, khusus­nya maha­siswa. Namun Maf­tukhin selaku Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung dalam sambu­tan­nya menawarkan ker­jasama terkait pelak­sanaan kam­pa­nye. “Jika ada semacam debat pub­lik bisa dilak­snakan di IAIN Tulun­ga­gung”. Selain itu Maf­tukhin juga menawarkan ker­jasama dalam bidang penelit­ian pada pelak­sanaan pemilu. Rek­tor juga menawarkan ada ker­jasama mis­al­nya dalam bidang penelit­ian penye­leng­garaan pemilu.

Tawaran ker­jasama yang dilakukan men­da­p­at sambu­tan baik dari pihak KPU. Mere­ka akan mem­per­tim­bangkan dan berusa­ha untuk mewu­jud­kan­nya. “Saya kira itu tawaran yang bagus dan akan saya per­tim­bangkan, insyaAl­lah berusa­ha untuk kami wujud­kan.” Ujar  Suy­it­no Arman.