Dimensipers.com (23/10). Ming­gu (22/10) Sarase­han Anggota Baru Lem­ba­ga Pers Maha­siswa (LPM) DIMeN­SI hari ini dige­lar di Audi­to­ri­um Uta­ma IAIN Tulun­ga­gung. Acara dim­u­lai pukul 13.30 WIB, den­gan jum­lah peser­ta yang hadir sebanyak 102 mahasiswa.

Open Recrut­men dilakukan setahun sekali pada awal semes­ter gan­jil. Open Recrut­men meru­pakan ger­bang awal sebelum peser­ta mema­su­ki taha­pan bela­jar res­mi yang ada di LPM DIMENSI, yakni Pelati­han Jur­nal­is­tik Tingkat Dasar (PJTD) dan Pelati­han Jur­nal­is­tik Tingkat Lan­jut (PJTL).

PJTD itu meru­pakan taha­pan awal untuk men­ja­di crew mag­a­ng, sedang PJTL itu taha­pan bela­jar lebih lan­jut untuk bisa men­ja­di crew tetap disi­ni.” Ungkap Azizah selaku Sekre­taris Umum LPM Dimen­si saat mem­beri sambu­tan mewak­ili Pimp­inan Umum yang berha­lan­gan hadir.

Dalam sambu­tan­nya Azizah men­gungkap­kan bah­wa acara terse­but meru­pakan ben­tuk pen­ge­nalan pen­gu­rus kepa­da calon crew Dimen­si yang hen­dak berpros­es di sana. Acara terse­but men­ja­di upaya pen­dekatan dalam rang­ka men­cip­takan pelu­ang bagi teman-teman maha­siswa yang ingin berpros­es di LPM Dimensi.

Salis Aris­na, selaku man­ag­er (Pengem­ban­gan Sum­ber­daya Manu­sia) PSDM juga men­gungkap­kan, “Acara hari ini adalah salah satu pro­gram dari Divisi PSDM yang mana bertu­juan untuk menam­pung teman-teman yang ingin bela­jar tan­pa membatasi.”

Acara Sarase­han Anggota baru dilakukan untuk men­ge­nalkan LPM Dimen­si, baik secara struk­tur maupun kul­tur yang ada di Dimen­si saat ini. Selain itu juga men­ge­nalkan tugas pokok dan fungsi (tupok­si) mas­ing-mas­ing divisi yang kini menjabat.

Respon posi­tif ter­li­hat dari banyaknya maha­siswa yang bertanya soal ked­i­men­sian, jur­nal­is­tik, dan jaringan ker­ja yang ter­gabung dalam Per­him­puan Pers Maha­siswa Indone­sia. Ini ter­li­hat dari per­tanyaan salah seo­rang maha­siswa juru­san Pen­didikan Aga­ma Islam, “Jadi, untuk jaringan LPM di Indone­sia itu sam­pai mana saja? Dan pal­ing jauh kemana?.”

Ada juga keter­tarikan men­ge­nai per­spek­tif yang diam­bil pers maha­siswa dalam melakukan pem­ber­i­taan. Pungkasan dari per­tanyaan mere­ka sebelum pem­ba­caan kelom­pok adalah keing­in­tahuan terkait tujuan dari Pers Maha­siswa khusus­nya di IAIN Tulungagung.

Maha­siswa yang telah terdaf­tar diba­gi men­ja­di 18 kelom­pok den­gan jum­lah maha­siswa antara 11–13 orang dalam seti­ap kelom­poknya. Dalam satu kelom­pok ter­da­p­at seo­rang crew tetap seba­gai pen­damp­ing yang berke­wa­jiban men­ja­ga pola komu­nikasi dan mon­i­tor­ing calon anggota baru.

Sebelum acara terse­but diakhiri, para calon anggota baru berkumpul sesuai den­gan kelom­pok yang telah diba­gi pani­tia sebelum­nya untuk diberikan tugas yang nan­ti akan dilakukan secara kon­tinyu sam­pai men­je­lang PJTD.

Acara sarase­han terse­but dihara­p­kan bisa men­ja­di media bagi calon anggota baru untuk men­ge­nal gam­baran dimen­si dan kegiatan-kegiatan didalamnya.

Semoga acara hari ini bisa berman­faat dan mem­berikan kalian gam­baran ten­tang Pers Maha­siswa. Selan­jut­nya, apa­bi­la ingin men­ge­nal Dimen­si lebih dalam bisa dilakukan den­gan bergabung dan mengiku­ti kegiatan kegiatan semacam diskusi yang dilakukan seti­ap Senin dan Kamis.” Pungkas Azizah men­gakhiri sambutannya. []