close
BelajarNewscamp

Menggali Bakat dalam Semarak PAI

Dimensipers.com (27/10). Semarak Pendidikan Agama Islam (PAI) 2017 diadakan selama 3 hari berturut-turut dari mulai hari Kamis sampai Sabtu (26-28/10/2017). Acara tersebut merupakan agenda rutin tahunan bagi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PAI.

Semarak PAI adalah ajang untuk menggali potensi bakat dan intelektual mahasiswa PAI. Dengan mengusung tema ‘Revitalisasi Semangat Pemuda Bangsa yang Berkarakter Religious Melalui Potensi dan Intelektual’, diharapkan mahasiswa PAI mampu menunjukan eksistensi bakatnya.

Konsep tahun ini berbeda dari tahun lalu, seperti yang dituturkan oleh Muhammad Fuad Affandi selaku ketua pelaksana acara, “Acara ini setiap tahun, tapi metode dari  ketua umum dibeda-bedakan gitu.”

“Kan kita masuk dari HMJ, namanya himpunan itu adalah kita kebersamaan, untuk menciptakan gimana agar supaya besok kelak setelah selesai kuliah, bisa turun ke masyarakat, bisa ikut andil di masyarakat.” Lanjutnya.

Semarak PAI tahun ini lebih ramai lagi, karena lomba-lombanya lebih beraneka ragam. Diantaranya music vocal islami, media pembelajaran PAI, kaligrafi, lomba qiro’atil Qur’an, voli, dan da’i muda. Pukul 07.00 pagi acara telah dimulai hingga nanti pukul 05.00 sore.

Dengan banyaknya lomba dalam acara, maka HMJ PAI menggunakan banyak tempat di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Hari pertama (26/10) acara berlangsung di aula utama IAIN Tulungagung dan di Lapangan utama. Hari kedua dan ketiga di aula Gedung Syarifudin Zuhri dan aula Gedung Arif  Mustaqim.

“Paradigma mahasiswa yang berakhlakul karimah, tema untuk Da’i muda tahun ini. Tahun ini saya ikut, perdana lah, patut dicoba toh menyalurkan bakat itu tidak ada salahnya, antusias mbak.” Ungkap Ali Ma’ruf, peserta lomba dari kelas PAI-3E. Menunjukan bahwa acara ini diminati oleh banyak mahasiswa PAI sebagai proses metamorfosa dari mahasiswa itu sendiri bisa berkembang karena mentalnya diuji.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Alfi Ma’rifatin, peserta tilawah dari kelas PAI-3B, “Ya bagus banget. Cuma acara inikan lebih mencari bakat dan minat trus nanti kalau udah terseleksi yang paling unggul nanti bisa diajukan. Seumpama kandidat-kandidat perwakilan organisasi atau kandidat perwakilan kampus.”

Dengan adanya lomba-lomba ini, maka semangat untuk melatih diri dan mengembangkan bakat, tidak hanya sedang-sedang saja. Melainkan sampai pada tahap berbakat dan memiliki keunggulan karena akan diuji dengan peserta dari seluruh kelas-kelas PAI.

Untuk menggali bakat generasi muda, keunggulan akademis dan keunggulan spiritual dalam ajang semarak PAI. Keagamaan berkembang, bakat juga berkembang.

Acara ini juga membangun jurusan PAI, supaya lebih kekeluargaan. Pengenalan untuk lebih tau potensi dari kelas sendiri dan kemampuan dari kelas-kelas lain. Para peserta jadi lebih termotivasi untuk lebih baik lagi. Karena manfaat acara Semarak PAI 2017 adalah jangka panjang, ketika sudah terjun ke masyarakat. (ndy)

cindie rum

Hanya isyarat yang harus dipahami.
Semuanya bermakna, dan kamu tau apa itu ekspresi nyata.

cindierum

The author cindierum

Hanya isyarat yang harus dipahami. Semuanya bermakna, dan kamu tau apa itu ekspresi nyata.

Leave a Response