close
Dimut

Sasak Alas, GenBI Kediri IAIN Tulungagung Tanam Kopi dan Bersih Indonesia

Dimensipers.com Ironggolo, Rabu-Kamis 27-28 Desember 2017, GenBI Kediri komisariat IAIN Tulungagung kembali melakukan agenda yang mengesankan berupa Tanam Bibit Kopi dan Bersih Indonesia. Acara yang berlangsung kurang lebih dua hari satu malam tersebut diikuti oleh kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari GenBI Kediri, Pegawai Bank Indonesia serta Volunteer.

Sekitar pukul 08.00 WIB seluruh GenBI berkumpul di basecamp yang kemudian berangkat bersama ke tempat tanam kopi yaitu Dusun Ironggolo, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri. Sesuai dengan jadwal yang ada, serangkaian acara yang akan berlangsung selama dua hari satu malam tersebut meliputi bersih tempat wisata, camping, Party Night, dan taman 7500 bibit kopi arabika.

Dimulai dari acara bersih wisata pertama. Seluruh GenBI menyebar pada tempat-tempat yang telah ditunjuk seperti masjid, toilet, dan gazebo. Rizal Nur Wahid selaku peserta dari GenBI Kediri serta divisi keamanan mengatakan bahwa, “Pembagiannya jadi dari awal, dari awal tadi, sebenarnya sudah dari kemarin. Kalau masjid dibersihkan sama kamar mandinya juga, cuman untuk memperindah karena digazebo nya sendiri kan awal-awal nge-cat, cat-catnya kan sudah banyak yang terkelupas.”

Acara bersih tempat wisata periode pertama tersebut selesai pada pukul 16.00 WIB. Setelah acara tersebut, pada malam hari seluruh GenBI Kediri bersama beberapa Volunteer hadir dalam acara Party Night. Acara Party Night berlangsung dengan sangat ramai dan meriah. Alas atau hutan Desa Jugo tersebut dipenuhi dengan suara riuh dan nyanyian mahasiswa GenBI Kediri.

Acara Party Night tersebut berlangsung seperti bakar-bakar jagung, bernyanyi, menari atau sekadar bercanda riang dengan sesama. Dalam acara ini, seluruh peserta menyanyikan lagu-lagu sehingga riuh semakin merasuk dalam area hutan tersebut. acara ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama team. Seperti yang dijelaskan oleh Eny Kurniawaty sebagai salah satu peserta sekaligus divisi perlengkapan, “Dari adanya Party Night ini diharapkan dapat mempererat dari anggota GenBI sendiri pastinya dan juga meningkatkan kerekatan antara GenBI dan pihak BI sendiri.”

Di sisi lain, acara ini juga serangkain dengan acara bersih wisata. Bersih wisata ini bertujuan untuk memperindah tempat wisata. Siti Rohmatul Hidayah sebagai peserta dan divisi Kesekretariatan juga menjelaskan, “Kan kita ambilnya dari tempat wisata, jadi semoga masyarakat itu sadar akan kebersihan dari tempat wisata itu sendiri. Terus mampu meningkatkan perekonomian dari tempat pariwisata. Karena dari pariwisata yang bersih maka masyarakat atau pengunjung yang datang itu akan senang.”

Pada hari berikutnya, yakni pada Kamis, 28 Desember 2017 acara dilanjutkan dengan tanam bibit kopi Arabika di Hutan Ironggolo yang telah ditunjuk. Berlangsung mulai pukul 08.00 – 11.30 WIB setelah acara ceremonial sekitar 30 GenBI Kediri beserta peserta lainnya berangkat menuju tempat tanam bibit kopi. Ada sekitar 7500 bibit kopi Arabika terpilih yang ditanam. Acara tersebut berlangsung dengan sangat khidmat. Diikuti oleh kepala BI KPw Kediri Joko Raharto serta sebagian besar pegawai BI Kediri dan Volunteer, acara tanam kopi tersebut berlangsung dengan sangat meriah. Seluruh peserta yang hadir berusaha menanam bibit kopi menggunakan cangkul, kayu, ataupun cetok yang tersedia.

doc. pribadi

Secara umum acara ini bertujuan untuk meningkatkan potensi yang ada seperti kopi, Abu Khanifah selaku ketua pelaksana mengungkapan, “Tujuannya karena wilayah atau daerah Kediri sangat erat akan budaya ngopi, dan budidaya kopi menjadi salah satu potensi yang besar untuk dikembangkan.”

Dalam acara yang dihadiri oleh kepala BI Kediri yakni Joko Raharto, menjelaskan tentang kesan pesannya atas acara, “Untuk kegiatan hari ini genbi luar biasa partisipasi temen-temen peduli lingkungan dan sebenarnya ini juga peduli pengembangan ekonomi lokal. Dua, terkait dengan kita melakukan penanaman produk unggulan, kopi Arabika. Itu yang penting. Hasilnya memang tidak seketika, tetapi setahun-dua tahun dia akan memperoleh hasil. Nanti kapan-kapan kita akan lihat lagi. Kopi itu di petik dan ikut lihat prosescingnya. Terimakasih dan temen-temen genbi tetap dijaga spiritnya dan tingkatan rasa percaya diri, karena hidup itu butuh untuk displin.” [Al]

Hanya punya mimpi: Cipta, Cita, Cinta

Tags : genbi
Al Puspitasari

The author Al Puspitasari

Hanya punya mimpi: Cipta, Cita, Cinta

Leave a Response