close
Newscamp

Ngruwat Sastra dan Sidang Tema Buletin “Lisensia” HMJ TBIn

Dimensipers.com – (20/3) Divisi Literasi dan Penelitian HMJ Tadris Bahasa Indonesia (TBIn) menyelenggarakan kegiatan diskusi rutin sekaligus sidang tema buletin, dilaksanakan di lantai 1 Gedung Pascasarjana IAIN Tulungagung. Diskusi dengan tajuk “Ngruwat Sastra” ini dipandu oleh Angga Nachrowi dan dimoderatori oleh Arif Wibowo, masing-masing merupakan mahasiswa TBIn semester 4.

Diskusi ini merupakan kegiatan perdana yang digelar oleh divisi literasi tahun periode 2018/2019, termasuk juga kegiatan perdana yang digelar oleh himpunan mahasiswa jurusan Tadris bahasa Indonesia. Melalui diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan kemudian akan disusul oleh adanya kegiatan-kegiatan dari divisi lainnya. “Divisi literasi sudah mulai mengadakan kegiatan-kegiatan, lebih awal dan semoga bisa disusul oleh divisi-divisi lainnya,” kata Alfi Nurcahyanti, ketua HMJ terpilih.

Agenda diskusi ini dinilai penting, karena merupakan proyeksi  dari teman-teman HMJ, khususnya divisi literasi yang mendapatkan intruksi dari dosen-dosen jurusan. “Divisi Literasi dan Penelitian menyedikan buletin sebagai salah satu cara untuk ngeruwat sastra. Ngeruwat di sini diartikan sebagai memelihara, jadi ngeruwat sastra berarti memelihara sastra,” kata Angga di awal diskusi.

Diskusi terbuka untuk umum, dan tidak menutup adanya peserta diskusi di luar jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Rahma Nur Izza, mahasiswi semester 2, mengatakan bahwa selain loyalitasnya sebagai pengurus HMJ, keikutsertaannya dalam diskusi ini adalah untuk menambah wawasannya mengenai sastra, serta mengetahui berbagai sudut pandang mengenai sastra dari para pecinta literasi. Begitupula dengan Naila Safitri yang mengungkapkan alasan yang sama.

“Barangkali memang karena ini diskusi perdana, jadi yang lebih banyak aktif dalam diskusi adalah semester atas. Semoga diskusi ke depannnya peserta diskusi semakin banyak dan aktif,” imbuh Rahma.

Diskusi diakhiri pukul 17.35 dan ditutup dengan bahasan mengenai pembagian kolom dalam buletin meliputi kolom esai, cerpen, dan kolom sastra yang sifatnya lebih bebas dengan kontributornya merupakan mahasiswa jurusan, informasi mengenai batas akhir pengiriman karya, perencanaan waktu terbit buletin “Lisensia” yang penerbitan dan pendistribusiannya di bawah pengawasan Dekan serta kepala jurusan TBIn. []

-isa dan nifa-

Tags : iain tulungagungTBIn
Isa Asmaul

The author Isa Asmaul

pengonsumsi mi instan

Leave a Response