Dimensipers.com — (20/3) Divisi Lit­erasi dan Penelit­ian HMJ Tadris Bahasa Indone­sia (TBIn) menye­leng­garakan kegiatan diskusi rutin sekali­gus sidang tema buletin, dilak­sanakan di lan­tai 1 Gedung Pas­casar­jana IAIN Tulun­ga­gung. Diskusi den­gan tajuk “Ngruwat Sas­tra” ini dipan­du oleh Angga Nachrowi dan dimod­er­a­tori oleh Arif Wibowo, mas­ing-mas­ing meru­pakan maha­siswa TBIn semes­ter 4.

Diskusi ini meru­pakan kegiatan per­dana yang dige­lar oleh divisi lit­erasi tahun peri­ode 2018/2019, ter­ma­suk juga kegiatan per­dana yang dige­lar oleh him­punan maha­siswa juru­san Tadris bahasa Indone­sia. Melalui dis­e­leng­garakan­nya kegiatan ini, dihara­p­kan kemu­di­an akan dis­usul oleh adanya kegiatan-kegiatan dari divisi lain­nya. “Divisi lit­erasi sudah mulai men­gadakan kegiatan-kegiatan, lebih awal dan semoga bisa dis­usul oleh divisi-divisi lain­nya,” kata Alfi Nurc­ahyan­ti, ket­ua HMJ terpilih.

Agen­da diskusi ini dini­lai pent­ing, kare­na meru­pakan proyek­si  dari teman-teman HMJ, khusus­nya divisi lit­erasi yang men­da­p­atkan intruk­si dari dosen-dosen juru­san. “Divisi Lit­erasi dan Penelit­ian menyedikan buletin seba­gai salah satu cara untuk ngeruwat sas­tra. Ngeruwat di sini diar­tikan seba­gai memeli­hara, jadi ngeruwat sas­tra berar­ti memeli­hara sas­tra,” kata Angga di awal diskusi.

Diskusi ter­bu­ka untuk umum, dan tidak menut­up adanya peser­ta diskusi di luar juru­san Tadris Bahasa Indone­sia. Rah­ma Nur Izza, maha­siswi semes­ter 2, men­gatakan bah­wa selain loy­al­i­tas­nya seba­gai pen­gu­rus HMJ, keikut­ser­taan­nya dalam diskusi ini adalah untuk menam­bah wawasan­nya men­ge­nai sas­tra, ser­ta menge­tahui berba­gai sudut pan­dang men­ge­nai sas­tra dari para pecin­ta lit­erasi. Begi­t­upu­la den­gan Naila Safitri yang men­gungkap­kan alasan yang sama.

Barangkali memang kare­na ini diskusi per­dana, jadi yang lebih banyak aktif dalam diskusi adalah semes­ter atas. Semoga diskusi ke depannnya peser­ta diskusi semakin banyak dan aktif,” imbuh Rahma.

Diskusi diakhiri pukul 17.35 dan ditut­up den­gan bahasan men­ge­nai pem­ba­gian kolom dalam buletin meliputi kolom esai, cer­pen, dan kolom sas­tra yang sifat­nya lebih bebas den­gan kon­trib­u­tornya meru­pakan maha­siswa juru­san, infor­masi men­ge­nai batas akhir pen­gi­r­i­man karya, peren­canaan wak­tu ter­bit buletin “Lisen­sia” yang pener­bi­tan dan pendis­tribu­sian­nya di bawah pen­gawasan Dekan ser­ta kepala juru­san TBIn. []

-isa dan nifa-