Dimensipers.com — Senin (17/04) UPT Ma’had IAIN Tulun­ga­gung mengge­lar per­he­la­tan dalam rang­ka mem­peringati Isro’ Mi’roj Nabi Muham­mad SAW di Aula Uta­ma IAIN Tulun­ga­gung. Acara ini berlang­sung lebih kurang tiga jam, yakni dim­u­lai pukul 19.00 hing­ga pukul 22.00 den­gan men­gun­dang muba­ligh H. Shoim Al-Kas­si. Keselu­ruhan peser­ta meru­pakan mahas­antri Ma’had IAIN Tulun­ga­gung, sege­nap murobi’-murrobiah, dan dihadiri beber­a­pa tamu undan­gan diantaranya wak­il rek­tor 1, Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I juga dekan FUAD Dr. A. Rizqon Khama­mi, Lc., M.A

Acara yang dige­lar dalam rang­ka mem­peringati isro’mi’roj Nabi Muham­mad ini berlang­sung den­gan antu­sias yang cukup ting­gi, den­gan almame­ter ma’had yakni  jas­ket hijau lumut, para mahas­antri duduk ber­ja­jar di lan­tai aula uta­ma yang telah dige­lari tikar den­gan mem­bawa ambeng (berkat ;red) mas­ing-mas­ing. Men­je­lang pem­bukaan dan di sela-sela acara, dis­ug­uhi den­gan penampi­lan dari tim hadrah ma’had al-Jami’ah mem­bawakan sholawat-sholawat nabi. Desi Nurin, salah satu vokalnya men­gatakan bah­wa untuk acara ini, tim hadrah mem­per­si­ap­kan diri lebih kurang tiga ming­gu. “Kami lati­han kira-kira tiga ming­guan, tapi tidak seti­ap hari.”

Ari­na selaku ket­ua pelak­sana menyam­paikan ter­i­ma kasih atas terse­leng­garanya acara ini, ter­lebih atas kehadi­ran para pemimpin-pemimpin, para mur­ro­bi-muro­bi­ah, dan selu­ruh pihak yang hadir, ucap­nya dalam sambutan.

Direk­tur ma’had IAIN Tulun­ga­gung, Dr. H. Teguh, M.Ag, men­gatakan bah­wa acara ini meru­pakan acara yang rutin dilak­sanakan oleh Ma’had IAIN Tulun­ga­gung. “Acara ini meru­pakan acara yang seti­ap tahun diadakan oleh ma’had al-Jami’ah, meskipun sam­pai tahun 2018 ini, belum dima­sukkan ke dalam agen­da yang diang­garkan, kare­na kami menyadari usu­lan-usu­lan kami sudah cukup banyak, menu­rut hemat saya. Dan kami merasa belum cukup andil.”

Sambu­tan berikut­nya dis­am­paikan oleh Warek 1, Abd. Aziz yang mem­intakan per­mo­ho­nan maaf atas keti­dakhadi­ran rek­tor dan warek 3 yang sedang bertu­gas di luar Jawa. beli­au men­gaku bah­wa peringatan Isro’ Mi’roj ini tepat dige­lar oleh ma’had, “Kalau diadakan oleh kam­pus, kurang pantes kalau hanya dige­lar secara kecil-kecilan, sedang kalau diadakan besar-besaran, dananya yang tidak ada. Jadi ya tepat jika Ma’had Al-Jami’ah yang menggelarnya.”

Masih oleh Abdul Aziz, beli­au menye­butkan bah­wa kegiatan seper­ti malam ini yang pent­ing adalah mena­ta niat, bukan hanya kegiatan untuk rit­u­al saja, tapi betul-betul diniati den­gan niat yang lurus dan ikhlas. Keti­ka kita mem­pengin­gati Isro’ Mi’roj sebe­narnya kita sedang menyukuri peri­s­ti­wa terse­but. Beli­au berharap tahun depan dilak­sanakan lebih besar lagi.

Kean­tu­si­asan mahas­antri dalam acara ini, juga ditun­jukkan saat H. Soim Al-Kas­si menyam­paikan mauid­hoh. Den­gan pem­bawaan yang menghibur dan kolab­o­rasi yang apik den­gan tim hadrah, beli­au menyam­paikan mauid­hoh den­gan selin­gan senan­dung yang sarat akan pesan. Men­je­lang pukul 22.00, acara ditut­up den­gan doa oleh H. Soim Al-Kas­si kemu­di­an dis­usul den­gan tumpengan. []