Dimensipers.com - Clean­ing servise Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung  melakukan brief­ing rutin yang dilakukan sete­lah jam isti­ra­hat, tepat­nya pukul 11.30 WIB. Kegiatan ini sifat­nya wajib dihadiri oleh seru­luh anggota.

Biasanya dilakukan di base­camp samp­ing Kop­erasi Maha­siswa (Kop­ma) atau depan garasi mobil kam­pus, tetapi jika perku­li­a­han libur memakai kelas kosong. Tujuan­nya untuk sal­ing bertukar piki­ran, men­cari solusi per­masala­han dari fasil­i­tas yang ada di kam­pus, dan melakukan korek­si ser­ta eval­u­asi kegiatan anggota dari pagi sam­pai siang.

Mif­tah Farid, selaku Super­vi­sor 2 men­gatakan “Jika ada kerusakan lang­sung ke petu­gas di mas­ing-mas­ing lokasi, kemu­di­an dis­am­paikan ke Super­vi­sor. Per­masala­han terse­but akan dijadikan pem­ba­hasan kami keti­ka jam istirahat.”

Per­masala­han yang diba­has dalam brief­ing terkait fasil­i­tas yang belum tersen­tuh dan masih kotor. Ter­ma­suk keluhan fasil­i­tas dari beber­a­pa lokasi di kam­pus, seper­ti kamar man­di yang rusak, lam­pu yang mati, atau pla­fon yang bocor. Nan­ti­nya akan ditin­dak­lan­ju­ti oleh Super­vi­sor. Kemu­di­an dila­porkan ke pihak kam­pus untuk perbaikannya.

Hadi Sucip­to selaku super­vi­sor 1 men­je­laskan, selain brief­ing jika ada per­masala­han yang tingkat urgensinya san­gat pent­ing dan harus segera dik­er­jakaan bisa lang­sung dila­porkan pada Super­vi­sor tan­pa menung­gu jam istirahat.

Seper­ti di Ushu­ludin, kran­nya patah dan tidak bisa menyala. Biasanya keti­ka petu­gas­nya tidak bisa men­gatasi, maka lapo­ran ke Super­vi­sor dilan­jutkan ke pihak kam­pus. Kare­na untuk per­abot dan bahan per­baikan yang menye­di­akan pihak kam­pus.” Ujar Hadi Sucipto.

Kegiatan clean­ing servise dipan­tau oleh 2 super­vi­sor, yakni Mif­tah Farid dan Hadi Sucip­to. Hadi sucip­to biasanya meman­tau fasil­i­tas di lokasi yang bera­da di Ma’had Al Jami­ah dan di Pas­ca dan Out­door secara keselu­ruhan baik di pas­ca maupun di kam­pus uta­ma. Sedan­gkan Mif­tah Farid meman­tau untuk keselu­ruhan fasil­i­tas gedung yang bera­da di kam­pus utama. []