Dimensipers.com — 11 Mei 2018, Juru­san Tadris Bahasa Indone­sia (TBIn) menye­leng­garakan dik­lat penulisan kre­atif. Acara ini meng­hadirkan Heru Kur­ni­awan, seo­rang dosen IAIN Pur­wok­er­to yang juga aktivis komu­ni­tas menulis Wadas Kelir. Acara dis­e­leng­garan di aula lan­tai 6 gedung Syai­fudin Zuhri.


Dik­lat ter­tut­up den­gan peser­ta dosen dan maha­siswa TBIn ini, fokus pada pem­ba­hasan menulis kre­atif puisi dan buku anak.

 

Kegiatan ini men­da­p­at respon baik bagi peser­ta. Salah sat­un­ya Novi Aryani, “Menu­rut saya (dik­lat penulisan kre­atif ;red) san­gat berman­faat bagi maha­siswa, khusus­nya maha­siswa TBIn. Kare­na bisa menam­bah penge­tahuan baru ten­tang dunia lit­erasi, khusus­nya menulis ceri­ta anak.”

Novi juga menam­bahkan hara­pan­nya sete­lah acara ini sele­sai, “Semoga kelas pelati­han tadi benar-benar diadakan, dan maha­siswa TBIn khusus­nya lebih menun­jukan par­tisi­pasinya. Hara­pan­nya ke depan sih bisa bikin buku gitu, bukan hanya ten­tang ceri­ta anak tapi bisa antolo­gi puisi atau cer­pen, selain menun­jang akred­i­tasi kan juga bisa menyalurkan karya-karya maha­siswa. Sia­pa tahu itu langkah awal untuk men­ca­pai kesuk­sesaan kita dalam dunia kepenulisan.”

 

Meli­hat antu­sias maha­siswa yang hadir, selaku dosen TBIn Maul­i­da menu­turkan, “Saya senang dan bang­ga den­gan banyaknya maha­siswa TBIn yang berpar­tisi­pasi. Saya sem­pat khawatir jika peser­ta sedik­it, sebab baru saja dis­e­leng­garakan dik­lat jur­nal­is­tik dua ming­gu lalu.”
Menu­rut Maul­i­da acara ini bertu­juan untuk melatih maha­siswa TBIn agar bisa menulis kre­atif. ” Selain itu agar maha­siswa bisa menulis mar­ket­ing, supaya bisa diter­bitkan.” tutur Maulida.
Menin­dak­lan­ju­ti dik­lat terse­but, selaku pema­teri, Heru Kur­ni­awan men­gatakan, “Salah satu admin buatkan grup (what­sap), saya tolong masukkan. Nan­ti kita bisa diskusi kepenulisan. Tolong ingatkan agar seti­ap pagi saya bisa mem­berikan kuli­ah kepenulisan.” [Isa, Nifa]