close
Newscamp

(Masih) Dies Natalis TBio: Unjuk Kreativitas Lewat Serangkaian Lomba

Dimensipers.com (09/05). Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis yang ke 3 jurusan Tadris Biologi, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Biologi menggelar serangkaian lomba. Di antaranya lomba Teknologi Tepat Guna (TTG), Artikel Ilmiah, dan Product Fashion. Agenda tersebut berlangsung mulai tanggal 9 sampai 10 Mei 2018 bertempat di Aula Utama IAIN Tulungagung. Dies Natalis kali ini mengambil tema “The next young generation creative and culture center”.

Lomba yang pertama Teknologi Tepat Guna (TTG) bertemakan “Menciptakan teknologi berdaya guna lingkungan”. Sesuai dengan temanya bahan yang digunakan berasal dari bahan bekas daur ulang. Peserta lomba berasal dari jurusan Tadris Biologi mulai dari semester 2 sampai 6. Juri dalam lomba tersebut dari dosen Nanang Purwanto, Luqman Hakim Abbas, dan Gaguk Resbiantoro. Ketua Jurusan Eny Setyowati dan juga dosen Tadris Biologi Haslinda Yasti Agustin juga turut memberikan pengarahan kepada peserta lomba.

Acara dimulai pukul 09.00 ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh salah satu juri Luqman Hakim Abbas sebagai pertanda dimulainya perakitan karya. Peserta diberikan waktu 2 jam untuk merakit karya yang sudah dibawa. Para dewan juri memberikan penilaian dalam proses perakitan karya dan memberikan pemahaman terhadap peserta. Setelahnya diadakan sesi presentasi dari karya yang sudah dilombakan. Para peserta maju satu persatu memamerkan karya yang sudah dibuat. Dewan juri memberikan banyak komentar dan pengarahan agar kedepannya karya bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis. Acara selesai sekitar pukul 13.00.

“Acara ini bagus dapat membangun kreativitas mahasiswa, saya harapkan untuk HMJ Tadris Biologi untuk mengadakan ekstra TTG, untuk mengantisipasi menumpuknya sampah agar dapat dikelola kembali menjadi barang yang lebih menarik dan dapat digunakan kembali,” ujar Azzahra peserta lomba TTG dari TBio 2B.

Lomba yang kedua Product Fashion berlangsung keesokan harinya tanggal 10 Mei 2018. Acara dimulai pukul 14.00 dan selesai pukul 17.00. Pada lomba Product fashion, karya yang ditentukan menggunakan bahan-bahan bekas yang sudah tidak terpakai. Seperti plastik, kertas, bahkan salah satu peserta menggunakan kalep ban bekas. Produk yang dihasilkan diantaranya tas, gelang, topi, kalung, sepatu, dan lain-lain.

“Saya ingin menunjukkan dan mengajak semua orang bahwa sampah-sampah terutama plastik, ternyata dapat menghasilkan produk-produk fashion yang menarik dan tentunya memiliki nilai lebih,” ujar Bella selaku PJ lomba Product Fashion.

Peserta lomba kali ini berasal dari jurusan Tadris Biologi dan juga umum. Satu tim terdiri dari 2 orang, masing-masing sebagai designer dan sebagai  model. Sedangkan jurinya dari dosen di antaranya Desi Kartikasari, Haslinda Yasti Agustin, dan  Choiru Umatin. Dalam lomba kali ini  model memamerkan karyanya yang sudah dibuat dan designer yang mempresentasikan.

“Jadi di sini yang saya tekankan adalah kreativitas dari para mahasiswa atau peserta untuk berkarya sekreatif mungkin guna mencetak generasi bangsa kedepannya yang kreatif tentunya,” tambah Bella.

Lomba terakhir Artikel Ilmiah mengambil tema “Kerusakan lingkungan hidup”. Peserta lomba berasal dari jurusan Tadris Biologi sendiri.  Dalam lomba ini peserta mengirim karyanya ke alamat email yang sudah disediakan. Tidak ada presentasi dalam lomba artikel ilmiah kali ini.

Baik lomba Teknologi tepat guna, Product fashion, dan Artikel ilmiah, pengumuman pemenang pada malam puncak Dies Natalis hari Kamis 10 Mei 2018. Eny Setiyowati selaku Kajur Tadris Biologi memberikan tanggapannya mengenai acara ini.

“Acara Dies Natalis ke 3 Tadris Biologi semoga membawa keberkahan bagi Tadris Biologi, FTIK, dan IAIN Tulungagung,” ujarnya. []

Tags : lombaTbio
Malikipuk

The author Malikipuk

Leave a Response