Dimensipers.com (26/07). Masih dalam rangka­ian ulang tahun ke- 50, Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung bersama Kementer­ian Aga­ma (Keme­nag) mengge­lar pro­gram Men­gasah Jati Diri (Men­ga­ji) Indone­sia ke III. Acara ini meng­hadirkan 3 nara­sum­ber; Suji­wo Tejo (Budayawan), Gus Reza (Pen­ga­suh pon­dok pesantren Al Mahrusiyyah  Lir­boyo), dan Maf­tukhin (Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung), yang  berta­juk “Kita BerIndone­sia Kita Beragama.”

Men­ga­ji Indone­sia meru­pakan pro­gram Keme­nag den­gan mem­bawahi tidak kurang dari 58 Per­gu­ru­an Ting­gi Islam Negeri di Indone­sia. Men­ga­ji Indone­sia di IAIN Tulun­ga­gung meru­pakan acara Keme­nag yang keti­ga, sebelum­nya dis­e­leng­garakan di Uni­ver­si­tas Islam Negeri (UIN) Surabaya dan UIN Medan. Ter­pil­i­h­nya IAIN Tulun­ga­gung seba­gai tem­pat terse­leng­garanya pro­gram ini, kare­na belum ada per­gu­ru­an ting­gi yang siap men­gadakan, sekali­gus bertepatan den­gan Dies Natal­is.

Keme­nag pun­ya pro­gram, pun­ya tokoh, dan kita pun­ya tem­pat, pun­ya wak­tu, pun­ya momen,” ujar Abad Badruz­za­man selaku Ket­ua Pani­tia yang juga Wak­il Rek­tor III bidang Kema­ha­siswaan dan Kerjasama.

Menyoal nara­sum­ber yang diun­dang, Abad men­gatakan bah­wa, “Nama Suji­wo Tejo muncul itu bukan usu­lan dari kam­pus, tetapi usu­lan dari Keme­nag yang kebe­tu­lan memang pun­ya pro­gram Men­gasah Jati Diri. Sedan­gkan Rek­tor itu setahu saya memang pake­tan dari Jakar­ta.  Tapi kalau Gus Reza itu usu­lan dari kami.”

Pro­gram men­ga­ji Indone­sia seba­gai salah satu rangka­ian dies natal­ies sebe­narnya bukan meru­pakan ren­cana awal. Mulanya IAIN Tulun­gan­gung ingin menye­leng­garakan dia­log kebangsaan den­gan men­gun­dang Najwa Shi­hab dan Menteri Aga­ma, Luk­man Hakim Sai­fud­din. Akan tetapi Najwa Shi­hab berha­lan­gan hadir, sehing­ga Menteri Aga­ma menawarkan pro­gram tersebut.

Bahkan sebelum­nya juga sem­pat men­gun­dang Gus Mus (KH Musto­fa Bis­ri), namun sam­pai akhir tahun jad­wal­nya sudah full. Abad menam­bahkan, “Ter­ma­suk acara hibu­ran­nya juga gem­bar-gem­bor men­gun­dang Nis­sa Sabyan kan­das, kare­na kata salah satu petu­gas kami jad­wal­nya sudah full.

Men­ge­nai tema yang diusung “Kita BerIndone­sia Kita Beraga­ma”, berar­ti kita berindone­sia kare­nanya kita beraga­ma. Tema ini dimak­sud­kan guna menyadark­an kita semua bah­wa seba­gai bangsa Indone­sia yang dike­nal seba­gai bangsa yang religius, maka hakikat­nya kita adalah masyarakat yang agamais.

Menang­gapi dis­e­leng­garakan­nya Men­ga­ji Indone­sia ini, Alfi­na Mashru maha­siswa Tadris Bahasa Ing­gris semes­ter V men­gatakan,  “Acara kayak gini ben­er-ben­er butuh banget, kare­na kita seba­gai maha­siswa per­lu menge­tahui lebih ten­tang tema itu dari banyak per­spek­tif. Kan ini dari beber­a­pa nara­sum­ber yang pun­ya per­spek­tif yang berbe­da-beda, jadi ini san­gat per­lu untuk menam­bah wawasan.

Sedan­gkan menu­rut Fanizatun Nabi­la maha­siswi Seko­lah Ting­gi Ilmu Kese­hatan (STIKES) Madi­un men­gungkap­kan, “Dari dulu udah denger ten­tang pem­ba­hasan Islam Nusan­tara. Islam Indone­sia itu seper­ti apa. Jadinya sedik­it penasaran ten­tang tema. Esen­si yang dida­p­at lebih kepa­da bagaimana Indone­sia itu, bagaimana Islam Nusan­tara itu, bagaimana cara beraga­ma yang baik dari segi budaya. Bahkan dari wayang men­ga­jarkan akhlak seper­ti itu. Acara ini memuaskan walaupun molor masih bisa ditol­er­an­si.”

Adanya pro­gram Men­ga­ji Indone­sia berman­faat bagi maha­siswa maupun umum. Dia­log bersama Menteri Aga­ma, Suji­wo Tejo, Gus Reza, dan Maf­tukhin selaku rek­tor IAIN Tulun­ga­gung, mem­berikan wawasan akan Islam Indone­sia dari berba­gai per­spek­tif. Acara berta­juk Men­gasah Jati Diri Indone­sia itu pun suk­ses dige­lar seba­gai salah satu rangka­ian per­ayaan hari ulang tahun IAIN Tulun­ga­gung ke- 50. []

 

Reporter:

Atus/Nifa/Irsyad/Depta/Ani/Nurin/Rohman/Nisa/Wahid