close
Newscamp

Seminar Nasional Bersama Nadirsyah Hosen

Dimensipers.com (04/08). Masih dalam semarak diesnatalis ke-50, IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Tulungagung kembali gelar seminar nasional. Kali ini menghadirkan pemateri Nadirsyah Hosen (Senior Lecturer at Faculty of Law-Monash University Australia sekaligus Rois Syuriah PCI NU Australia dan New Zealand) dan Abad Badruzzaman (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama).

Seminar bertema “Islam Moderat di Tengah Arus Radikalisme di Indonesia” ini bertempat di auditorium Arief Mustaqim lantai enam. Adapun acara ini dihadiri oleh dosen IAIN Tulungagung, mahasiswa, serta tamu undangan. Menyoal tema yang dipilih, Ainun Najib selaku ketua penyelenggara mengatakan “Karena radikalisme sedang menemukan bentuknya di tengah era reformasi.”

Seminar ini telah dipersiapkan sejak dua bulan yang lalu dengan panitia yang berasal dari pihak dosen. Alasan pihak penyelenggara menghadirkan Nadirsyah Hosen sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah permintaan para dosen, serta beliau juga narasumber yang sesuai dengan tema acara tersebut.

“Ada beberapa dosen kita yang pernah menjadi murid dari Gus Nadir, sehingga mereka meminta kehadiran beliau kesini dan beliau juga merupakan salah satu intelektual Indonesia yang mumpuni.” Tutur Najib.

dok. pribadi

Seminar ini menekankan pada pemahaman terkait Islam moderat yang beberapa waktu ini muncul ke permukaan. Selama ini banyak sekali pemahaman yang berbeda-beda mengenai Islam moderat. Dalam seminar ini, Nadirsyah menyampaikan Islam Moderat yang diusungnya. Tak hanya itu, seminar ini juga membahas tantangan perguruan tinggi Islam dalam arus modernisasi yang tengah menjamur, khususnya strategi bagi dosen dan mahasiswa.

Acara ini mendapat apresiasi positif dari peserta. Salah satu peserta seminar bernama Intan seorang mahasiswa Tadris Matematika mengatakan, “Saya sangat senang sekali dengan diadakannya seminar ini, karena di seminar ini kita bisa mengetahui bagaimana Islam Moderat yang sesungguhnya.”

Seminar nasional ini bukan merupakan penutup dari rangkaian acara ulang tahun IAIN ke-50, masih akan diselenggarakan seminar nasional lagi yang bertempat di aula gedung Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pihak panitia masih menunjuk Nadirsyah sebagai salah satu pemateri dalam seminar yang bertema, “Menggagas Ijtihad Kontemporer di Bumi Nusantara”.

 

Reporter : Mia/Helin/Nifa/Prili

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags : Islam ModeratNadirsyah HosenSeminar Nasional
Helin Kusuma

The author Helin Kusuma

Leave a Response