close
Newscamp

Dituntut Berbeda; Lahir Mahabi Sang Maskot FEBI

Dimensipers.com (16/08). Setelah mengikuti serangkaian PBAK Institut, maba masih harus mengikuti serangkaian acara PBAK Fakultas. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) memiliki keunikan tersendiri pada tahun 2018 ini, yaitu lahirnya maskot FEBI bernama Mahabi berupa burung elang berwarna ungu. Mahabi sendiri memiliki arti Mahasiswa FEBI. Selain itu, maskot Mahabi ini merupakan yang pertama kalinya hadir di tengah-tengah PBAK FEBI dikarenakan para panitia PBAK FEBI dituntut untuk berbeda dari tahun sebelumnya dan berbeda dengan fakultas lainnya.

Seperti yang diungkapkan M. Firman Alamsyah ketika ditemui kru di tengah kesibukannya sebagai ketua pelaksana PBAK FEBI 2018, “Dari awal itu Dema-Febi sendiri bilang bahwa PBAK tahun ini dan tahun kemarin harus berbeda. Lalu, dari panitia sendiri berpikir apa ya yang bisa membedakan dengan fakultas-fakultas yang lain dan dari tahun kemarin. Akhirnya tercetuslah ide maskot namanya itu Mahabi,” terangnya.
Menurut Firman ia menginginkan FEBI menjadi trend-center dari fakultas lainnya yang direpresentasikan melalui sosok Mahabi yaitu burung elang yang bisa terbang tinggi di angkasa.
“Kita mengambil dari filosofi dari elang. Bahwasanya elang itu salah satu burung yang terbang tinggi di angkasa. Nah kenapa saya ambil elang itu, FEBI itu harus lebih bisa terbang tinggi melebihi fakultas-fakultas lain. Saya ingin fakultas FEBI ini menjadi tren-center dari fakultas-fakultas yang lain,” lanjut firman.
Ketika ditanya lebih lanjut tentang filosofi bagian tubuh Mahabi, Firman belum berpikir lebih dalam. “Kalau untuk filosofi sendiri saya tidak berpikir sampai sejauh itu, cuman saya hanya mengambil ikon bahwa elang itu di bawah punya cakar. Kita sebagai mahasiswa harus punya pondasi yang kuat, nggak bisa goyah, dan saya mengambil pondasi itu dari cakar. Jika cakarnya itu tebal, cakar, cakar itu kuat, dia mencengkeram dengan kuat. Bagian 6 (dada, red) itu melambangkan 6 jurusan, bahwasanya kita itu berbeda jurusan, kita itu berbeda latar belakang, beda ideologi kita disatukan oleh perisai. Perisai itu melambangkan ini loh kita enam, kita kuat, kita tidak bisa digoyahkan dan juga 6 itu melambangkan rukun iman,” ungkapnya.
Kehadiran maskot Mahabi di PBAK FEBI kali ini, menuai beberapa komentar dari para Mahasiswa Baru (MABA) salah satunya Risda maba dari akuntasi Syariah mengatakan. “Mahabi ya lumayan menarik untuk anak peserta-peserta mahasiswa baru fakultas ekonomi dan bisnis islam. Perlu adanya ikon dan lambang elangnya sudah sesuai dengan FEBI. seharusnya ada sayapnya yang di samping itu.”
Lain halnya dengan Risda, Alfina selaku Maba Ekonomi Syariah memberikan kesan biasa terhadap Mahabi ini. Alfina mengungkapkan, “Kalau soal Mahabi sih menurutku biasa saja. Kalau Mahabi mah enggak ada kesannya. Sepertinya itu bukan bentuk elang deh, nggak tau bentuknya apa. Belum elang. Tapi ya kita hargailah Mahabinya cukup bagus,” ujarnya.
[Reporter: Rina/Miftah/Nazliya]

 

Hanya manusia biasa yang sedang menikmati indahnya menyelami lautan ilmu

Tags : Mahabimaskot FEBI
M I F T A H

The author M I F T A H

Hanya manusia biasa yang sedang menikmati indahnya menyelami lautan ilmu

Leave a Response