close
Newscamp

Menutup Agenda PBAK 2018, Mahasiswa Baru IAIN Tulungagung Kontribusikan Ribuan Bibit Pohon

Dimensipers.com (18/08). Pada puncak acara PBAK 2018, diselenggarakan pengumpulan bibit pohon untuk dialokasikan ke area Argo Pathok, Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Adapun wacana tersebut adalah salah satu ide dari Wakil Rektor 3, Abad Badruzzaman. “ Kegiatan ini merupakan murni ide dari warek 3, untuk pelaksanaanya kami bekerjasama dengan pegiat lingkungan di selatan Tulungagung. Penanamannya menunggu musim tanam, untuk sementara pohon akan disimpan di tempat khusus yang disediakan pegiat lingkungan. Kami berinisiatif mengasakan benih-benih pohon sebagai bentuk kepedulian lingkungan.”

Kegiatan pengumpulan bibit pohon dikoordinasi oleh masing-masing fakultas, kemudian sebagian bibit dialokasikan ke warga sekitar kampus, salah satunya ke RT.02/RW.01 Dusun Manggisan, Plosokandang, Kedungwaru. Bibit-bibit tersebut juga akan dialokasikan ke Dusun Kedung Jalin Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol yang dikoordinasi oleh pegiat lingkungan.  “Untuk pohon, sebenarnya instruksi dari pak Abad kemudian dilaksanakan oleh fakultas. Jadi itu pohonya hanya untuk dikumpulkan dan penanamanya diserahkan ke komunitas lingkungan dari luar kampus.” Tutur Galang Abu Nizam, selaku koordinator dari Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. 

Menurut salah satu mahasiswa baru, Dewi Munadhiroh mengatakan, “Iya bagus, manfaat dari menanam pohon itu kan kembali kepada kita dan saya berharap untuk menyisakan sebagian pohon untuk kampus sebelum dialokasikan keluar kampus, supaya kampus menjadi rindang dan tidak gersang.”

Qowim Sabilillah selaku koordinator dari fakultas FUAD juga mengungkapkan, “Dari kami menjalankan intruksi dari DEMA I untuk mengumpulkan bibit pohon dari mahasiswa baru, untuk kemudian dialokasikan ke pegiat lingkungan.”

Diharapkan dengan menyumbangkan satu bibit pohon, pada diri setiap mahasiswa akan muncul rasa cinta kepada alam dan dapat menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya.

Reporter: Tamyis, Sofi, Silfi, Tita.

Tags : #bibitpohon#cintalingkungan#pbakiainta
Muh. Tamyizi

The author Muh. Tamyizi

Leave a Response