close
BeritaDimut

Peringati Tahun Baru Islam, Masyarakat Desa Plosokandang Gelar Grebek Suro

Dimensipers.com – Tulungagung, (11/09). Memperingati Tahun Baru Islam 1440 Hijriah, setiap daerah memiliki keunikan yang berbeda. Salah satu cara penyambutannya dengan menggelar festival Grebek Suro. Kegiatan Grebek Suro yakni “Kirab Budaya dan Tumpeng Desa Plosokandang.” Acara ini menjunjung semangat “Melestarikan Budaya Jawa dengan Nuansa Religius.”

Grebek Suro yang digelar di Desa Plosokandang, Tulungagung ini merupakan kali pertama diadakan. Atas inisiatif oleh kelompok pemuda Karang Taruna acara Grebek Suro menjadi festival pertama di desa tahun ini. Sebagaimana diterangkan Prada selaku Ketua Karang Taruna, “Sebelumnya dari Karang taruna kemarin ada acara, kemudian selanjutnya berinisiatif membuat acara PHBI (Perayaan Hari Besar Islam, red). Sebelum santunan anak yatim rekan-rekan Karang Taruna berinisiatif bagaiaman caranya kita merayakan tahun baru Islam. Akhirnya munculah ide untuk mengadakan Grebek Suro. Dengan tujuan memperingati tahun baru Islam. Jadi bukan hanya tahun masehi kita rayakan, tapi tahun baru Islam juga kita rayakan.”

Grebek Suro yang baru pertama kali digelar ini, disambut meriah oleh warga. Siang pukul 14.00 WIB. masyarakat Desa Plosokandang sudah memenuhi jalanan dari mulai Masjid Nurul Huda Mbah Dul sampai lapangan desa, “Dua minggu kami punya rencana lalu kami publikasikan,” tutur Prada.

Kirab Budaya ditunjukkan dengan penampilan Reog Kendang dan Barongan. Uniknya dalam menggelar acara ini dana yang digunakan atas dasar sukarela. Sebagian dari Karang Taruna dan sumbangan dari warga, “Bisa dikatakan kita menggelar acara ini dadakan tapi dengan semangat rekan-rekan kami yakin menggelar acara ini. Adanya Reog Kendang dan barongan atas dasar suka rela untuk memeriahkan acara ini. Makanan dan minuman atas sumbangan keikhlasan warga,” terang Prada.

“Sebenarnya acara ini untuk kita membersihkan kampung dari balak, musibah dan mara bahaya,” tutur Sunari selaku Kepala Desa Plosokandang. (Fitria/Nifa) []

Ania

penyuka sastra, traveling, berkhayal, penggemar puisi Aan Mansur (Tidak Ada New York Hari Ini).

Tags : Grebek SuroTahun Baru Islam
Nur Fitriyani

The author Nur Fitriyani

penyuka sastra, traveling, berkhayal, penggemar puisi Aan Mansur (Tidak Ada New York Hari Ini).

Leave a Response