close
BeritaNewscamp

Wisuda IAIN Tulungagung Dihadiri Perwakilan DPR-RI

Dimensipers.com – Sabtu pagi, 22 September 2018. Pukul setengah tujuh, sudah terlihat hilir-mudik para wisudawan dan wisudawati. Hari ini merupakan hari diselenggarakannya Rapat Senat Terbuka ke 23 tahun 2018. acara dilaksanakan seperti sebelumnya yaitu di lapangan utama IAIN Tulungagung. Pukul 08.00, acara ceremonial dimulai dengan prosesi para wisudawan memasuki ruang upacara. Wisuda gelombang kedua ini diikuti oleh 1.127 mahasiswa. 1 wisudawan lulusan S3 jurusan Manajemen Pendidikan Islam, 141 wisudawan S2 terdiri dari jurusan Manajemen Pendidikan Islam, jurusan Hukum Ekonomi Islam (HES), Ilmu Al-Quran Tafsir (IAT), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), dan Ekonomi Syariah (ES), sisanya adalah wisudawan dan wisudawati program S1.


Jumlah wisudawan pada gelombang kedua tahun ini, dituturkan oleh Isno selaku Kabag Perencanaan dan Keuangan sekaligus panitia acara ini, jumlahnya lebih banyak dibandingkan jumlah wisudawan gelombang pertama. Alasannya adalah, pada gelombang pertama wisuda hanya diikuti oleh wisudawan program S1. Baru pada kesempatan kelulusan tahun 2018 gelombang ini, dapat bersamaan dengan penyelesaian program studi para wisudawan tingkat strata 2 dan strata 3.

Acara berlangsung secara khidmat. Rasa bangga terangkum dalam keseriusan raut wajah para wali yang menyimak satu persatu nama-nama yang dipanggil. Tentu saja, dari setiap mereka ada nama yang sangat dinantikan. Ada beberapa juga yang menatap lembut kepada putra maupun putrinya yang duduk di kursinya setelah maju ke atas panggung. Hingga sampailah pada sesi nama wisudawan dengan IPK tertinggi untuk dipanggil. Disebutlah nama Miftahul Muslimah, perempuan muda kelahiran Tulungagung, 11 Desember 1995 dari program studi Tadris Matematika Strata 1. Dengan Jumlah IPK nya 3,89.

Penyebutan IPK tertinggi, hanya diperuntukkan bagi wisudawan Strata 1, untuk jenjang program S2 dan S3 tidak terdapat penyebutan. Adapun penghargaan yang diberikan kampus untuk sang caumlade, Isno menyebutkan kampus akan memberikan anugerah berupa beasiswa penuh melanjutkan program study lanjutan S2.

Pukul 10.00, Romahurmuziy sampai di gedung rektorat IAIN Tulungagung. Romahurmuziy adalah perwakilan DPR RI yang pada hari ini, melakukan kunjungan ke IAIN Tulungagung, “Berhubung beliau kesini, jadi sekalian saja beliau akan memberikan motivasi bagi para wisudawan,” tutur Isno. Mengenai pesan yang diberikan bagi para wisudawan, Isno menyampaikan, “Kalau pesan sih secara umum saja… ilmu yang kita dapatkan semoga bermanfaat untuk masyarakat. Paling tidak, menjadi barokah untuk diri kita. Dan kita doakan dapat berkiprah sesuai dengan kapasitas dan kompetensi masing-masing.”

Acara demi acara akhirnya dapat terlewati dengan lancar, sesuai dengan yang dijadwalkan. Acara berakhir ba’da Dzuhur. diakhiri dengan doa bersama dilanjutkan dengan euforia para wisudawan untuk berfoto bersama keluarga menggunakan toga maupun kebaya dengan riasan terbaiknya. Berbondong menghampiri stan-stan foto yang telah rapi berjejer di depan pintu terop wisuda. []

Tags : wisuda
muna hanifah

The author muna hanifah

1 Komentar

  1. Ada gak dari dimensi foto gus romy dengan pak rektor?
    Terus harapan pak rektor kpd DPR-RI yg ditujukan kpd gus romy itu apa/ seperti apa?

    Mihon dijawab

Leave a Response