Dimensipers.com- Fes­ti­val “PGMI In Art” kem­bali dige­lar oleh Him­punan Maha­siswa Juru­san Pen­didikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (HMJ-PGMI) IAIN Tulun­ga­gung. Dalam tahun yang keenam ini, fes­ti­val “PGMI In Art” men­gusung tema “Revi­tal­isasi Budaya Wujud Bang­ga  ter­hadap Indone­sia den­gan Mengim­ple­men­tasikan Kreativ­i­tas Maha­siswa”. Fes­ti­val tingkat nasion­al ini berlang­sung sela­ma tiga hari, dim­u­lai tang­gal 25 sam­pai 27 Sep­tem­ber 2018 bertem­pat di aula uta­ma dan lapan­gan uta­ma IAIN Tulun­ga­gung. Peser­tanya pun tak hanya juru­san PGMI IAIN Tulun­ga­gung, melainkan juga dari kam­pus lain yang ter­gabung dalam Ikatan Maha­siswa PGMI se Indone­sia (IMPI).

Kare­na kita kan fes­ti­val PGMI In Art Nasion­al 2018, kare­na lebel­nya nasion­al, kita men­gun­dang IMPI atau ikatan maha­siswa PGMI se Indone­sia. Jadi bukan hanya PGMI IAIN Tulun­ga­gung tapi juga luar kam­pus juga ada,” ungkap Sonia Vika Widyasari sekalu ket­ua pelak­sana (ketu­pel) fes­ti­val “PGMI In Art” 2018.

Menyoal tema yang diangkat tahun ini, Sonia men­je­laskan bah­wa revi­tal­isasi budaya meru­pakan cara kita mem­per­ta­hankan nilai-nilai budaya di era mod­ern ini. Ser­ta cara men­er­ap­kan­nya agar budaya terse­but tidak hilang.

Gimana cara kita untuk men­er­ap­kan nilai-nilai yang sela­ma ini kita pakai itu ke dalam budaya kita sekarang ini. jadi kayak mengim­ple­men­tasi kayak men­er­ap­kan gitu yang dulu kita dap­at sehing­ga kita sekarang. Jadi budayanya gak akan hilang,” papar Sonia.

Fes­ti­val “PGMI In Art” dibu­ka den­gan Sem­i­nar Nasion­al ten­tang pen­didikan dasar ser­ta lom­ba debat. Pada hari ked­ua dilan­jutkan den­gan Lom­ba Kreasi Pida­to dan Berceri­ta (LKPC) tingkat SD/MI se-Jawa Timur. Dan di hari ter­akhir sekali­gus pun­cak acara dilak­sanakan pen­tas seni (pen­si). Pen­si yang dim­u­lai pukul 7 pagi hing­ga 10 malam terse­but, dilak­sanakan dalam dua sesi. Sesi per­ta­ma (pagi sam­pai sore), khusus juru­san PGMI IAIN Tulun­ga­gung. Sedan­gkan sasi ked­ua (malam), untuk del­e­gasi juru­san PGMI dari luar kam­pus IAIN Tulun­ga­gung. Ter­catat tujuh del­e­gasi peser­ta dari kam­pus lain.

Seper­ti tahun-tahun sebelum­nya, fes­ti­val “PGMI in Art” selalu dis­e­marakkan den­gan pendiri­an stan bazar dari mas­ing-mas­ing kelas yang ter­da­p­at dalam juru­san PGMI. Berba­gai pro­duk dijual dalam bazar terse­but, namun seba­gian besar beru­pa pro­duk makanan dan minu­man. Demi suk­ses­nya agen­da tahu­nan ini, ter­li­hat sejak Senin malam (24/09/2018) terop-terop stan dan pang­gung uta­ma mulai didirikan dan dihias.

Adanya fes­ti­val rutin ini men­u­ai tang­ga­pan posi­tif dari maha­siswa PGMI sendiri. Seper­ti yang diungkap­kan Gan­dri Tri Susan­ti, maha­siswa PGMI semes­ter III.  Menu­rut saya acara di fes­ti­val PGMI In Art Nasion­al ini san­gat berke­san bagi maha­siswa-maha­siswa agar dia itu kayak dia­jak ker­jasama. Kan dis­u­ruh bazar-bazar itu untuk bek­er­jasama antara satu den­gan yg lain­nya. Terus ini san­gat berke­san sekali kare­na  ini juga nasion­al tingkat­nya,” ungkapnya. []