close
Agenda

RAB LPM DIMeNSI 2018

Dimensipers.com – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) DIMeNSI IAIN Tulungagung menggelar acara Rekrutmen Anggota Baru (RAB). Berlangsung mulai pukul 08.30 WIB pada 29 September 2018 dan bertempat di aula gedung Saifuddin Zuhri lantai 6. Acara ini mengusung tema “Tantangan Pers Alternatif dalam Arus Generasi Z”.

Rekrutmen anggota baru pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya hanya terdapat pengenalan DIMeNSI, pengenalan kepengurusan, dan pengenalan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) secara global. Dan acara berlangsung hanya 1-2 jam saja.

Pada tahun ini (RAB ;red) menekankan pengenalan bidang jurnalistik, jurnalistik online, fotografi, sastra, desain, dan karikatur. Teknisnya temen-temen maba disuruh membuat forum diskusi yang nantinya akan dibimbing oleh temen-temen dari kru DIMeNSI. Dan diberikan tugas dengan deadline waktu tertentu.” Ujar Mia Chrisna selaku ketua pelaksana acara.

Jumlah pendaftar calon anggota LPM DIMeNSI pada tahun ini hampir mencapai 300 mahasiswa. Data tersebut didapat berdasarkan jumlah formulir yang masuk.

Selain mencari ilmu, saya ingin mencari dan menguak berita yang konkrit dan sesuai dengan fakta. Nambah pengalaman juga. Jadi tahulah gimana keadaan sekitar kampus. Harapannya, mengasah skill agar terus berkembang. Bukan pikirannya juga keaktifannya. Keindahan berkata adalah sesuai fakta juga pengalaman.” Tutur Anggun Sintya sebagai peserta RAB saat ditanya mengenai alasan ingin masuk di DIMeNSI.

Tujuan diadakannya RAB yaitu bisa mengenal DIMeNSI lebih mendalam. Bagaimana DIMeNSI bekerja di ranah jurnalistik, tahu struktur yang ada di DIMeNSI, dan berbagai produk DIMeNSI. Selain itu dikenalkan DIMeNSI secara umum. Kemudian juga ditambahkan materi PPMI secara global. Materi PPMI disampaikan oleh Audy Yuni Mabruri selaku sekjen domisioner 2017/2018. Bagaimana PPMI menaungi LPM. PPMI merupakan sebuah wadah alternatif dan bukan satu-satunya wadah pers mahasiswa di Indonesia, mampu mengakomodir dan menyikapi setiap persoalan dan perkembangan yang menyangkut kehidupan pers mahasiswa dan masyarakat pada umumnya.

Saya pribadi berharap untuk temen-temen anggota baru, nikmati proses di DIMeNSI. Karena DIMeNSI tidak memberikan apa-apa. Melainkan temen-temen belajar bersama di DIMeNSI dan DIMeNSI memberikan wadah bagi temen-temen untuk belajar banyak di berbagai bidang, seperti jurnalistik, fotografi, desain, dan sastra.” Papar Fahrul Rozy selaku Pimpinan Umum LPM DIMeNSI.

Ada hal yang perlu diperhatikan calon anggota LPM DIMeNSI. Jangan menganggap LPM DIMeNSI sebagai media untuk mencari profit. LPM DIMeNSI merupakan media independen.

Pers mahasiswa memiliki karakter yang khas. Pers mahasiswa mempunyai posisi yang cocok untuk melepaskan diri dari jebakan modal. Di tengah-tengah ketidakmampuan pers umum memberikan pendidikan atau pencerahan kepada masyarakat, pers mahasiswa sangat mungkin untuk mengambil peran tersebut. Dan ini menjadi salah satu kelebihan pers mahasiswa. Bagaimana cara mengajak masyarakat lebih kritis dan bersikap pada media. []

Tags : Rab
Aifi Nura

The author Aifi Nura

Leave a Response