close
Newscamp

Gebyar Bahasa Arab IAIN Tulungagung: HMJ PBA Gelar Kembali Majelis Ilmu dan Sholawat

Dimensipers.com- 31 Oktober 2018, ada yang berbeda dari wajah lapangan tengah kampus IAIN Tulungagung beberapa hari terakhir ini. Pernak-pernik dekorasi bazar terlihat dari sisi barat sampai timur lapangan. Semenjak 29 Oktober 2018, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) menyelenggarakan Gebyar Bahasa Arab IAIN Tulungagung GBIT. Salah satu rangkaian acara GBIT ialah majelis ilmu dan sholawat sebagai malam puncak penutupan acara.

Majelis ilmu dan sholawat ini menghadirkan Habib Hasan Bin Ali Assegaf dan Ustadz Suyuthi dan juga grup sholawat Ahbabul Mustofa serta para Habib dari Yogyakarta. Menanggapi terselenggaranya acara ini, Novi Aryani, mahasiswa semester 3 jurusan Tadris Bahasa Indonesia, mengungkapkan apresiasinya. “Menurutku bagus diadakan acara-acara seperti ini, bisa dicontoh untuk jurusan-jurusan lain tapi ya ndak harus sama persis yang diundang. Daripada ngundang DJ-DJ-an lebih baik ya yang kaya gini, lebih adem dapat berkah lagi.”

Tapi sayangnya masih banyak mahasiswa yang kurang berpartisipasi, seharusnya banyak yang datang terus bareng-bareng muhasabah, mengingat almamater kita berbasis islami jadi ya kalau mengundang habib-habib gini seharusnya banyak yang hadir biar kelihatan kompaknya. Acaranya bagus untuk yang lagi galau atau butuh ketenangan hati.” Tambah Novi.

Acara majelis ilmu dan sholawat ini dibuka untuk umum ini, merupakan agenda tahunan HMJ PBA. “Acara gebyar bahasa Arab itu untuk memeringati bulan bahasa. Tujuannya mensyiarkan lagi kepada teman-teman untuk lebih tahu jurusan PBA.” Ungkap Muhammad Torik Miftahudin selaku ketua penyelenggara.

Sebelum malam puncak, HMJ PBA juga menyelenggarakan berbagai perlombaan tingkat Jawa Timur. “Ada tujuh macam perlombaan tingkat Jawa Timur yang melibatkan peserta umum dan pelajar SMA sederajat.” Jelas Torik.

Mengenai latar belakang diselenggarakannya acara ini, Fajar Diki Ramadi, selaku ketua HMJ PBA menuturkan “Sebenarnya awal mula gebyar bahasa Arab IAIN Tulungagung ini bermula pada tahun 2015, yang mana itu agenda pertama yang termasuk agenda tahunan yang juga agenda besar kami. Jadi istilahnya gebyar bahasa Arab IAIN Tulungagung ini diselenggarakan setiap satu tahun sekali.“[]

Reporter: Zulfa/Nifa

Pemimpin Redaksi

Nk fahmi

The author Nk fahmi

Pemimpin Redaksi

Leave a Response