close
Agenda

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Mengenal Masyarakat dengan Belajar Analisis Sosial

Dimensipers.com – Desa kaliwungu, Ngunut, Tulungagung (15/11). Lembaga Pers mahasiswa (LPM) Dimensi IAIN Tulungagung melaksanakan pelatihann Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) sebagai langkah untuk memperdalam pengetahuan kru magang dalam bidang kejurnalistikan.

Sesuai dengan rundown acara, pelatihan ini akan dilaksanakan selama 4 hari mendatang di rumah Mas Abid, RT/RW 03/03 Dusun Krajan Desa Kaliwungu.

PJTL diikuti oleh 25 Mahasiswa, gabungan dari IAIN Tulungagung dan universitas lainnya seperti IAIN Kediri, IAIN Ponorogo, dan Universitas AIrlangga.

Peserta sebenarnya ada 25 Mahasiswa yang merupakan gabungan dari IAIN Tulungagung sejumlah 21 peserta, IAIN Ponorogo 3 peserta, Universitas Airlangga 1 Peserta, namun adapun yang mengikuti materi pertama baru 21 mahasiswa yang berasal dari IAIN Tulungagung papar Rozi selaku Pimpinan Umum.

Pembukaan acara yang dilaksanakan pada hari Kamis malam tepatnya pukul 16.45 WIB dapat berjalan dengan lancar dan diikuti oleh sebagian warga desa sebagai perwakilan.

Secara signifikan pembukaan tersebut merupakan sebuah langkah dalam mengenalkan peserta PJTL dengan warga sekitar lingkungan. Adapun tujuannya adalah untuk lebih mempererat tali silaturahmi di antaranya.

Hal ini juga dikatakan Abid dalam sambutan pembukaan bahwa untuk mempererat tali silaturahmi perlu untuk saling mengetahui, terlebih lagi setelah ini peserta PJTL akan melaksanakan praktik lapangan yang mengikutsertakan warga sekitar.

Beberapa pembekalan akan disampaikan dalam kegiatan ini, seperti acara yang pertama disampaikan oleh Abdul Mukhosis yakni Analisis Sosial.

Keberadaan analisis sosial ini sebagai langkah bagi peserta untuk memperoleh gambaran tentang objek kajian sosial yang akan diriset ataupun dilakukan penelitian atasnya.

Penyampaian pemateri terkait materi ini sangat rinci dan mengundang antusias peserta.
Materi Analisis Sosial ini penting untuk disampaikan kepada peserta, karena materi ini digunakan sebagai bekal atau alat bagi peserta untuk selanjutnya melakukan investigasi pesan Shobirin selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.

Materi analisis sosial menjadi bagian pertama yang sangat penting sebelum peserta pelatihan benar-benar mengenal masyarakat secara sesungguhnya.

Meskipun kenyataan dan materi terkadang tidak selalu memiliki kaitan yang penuh, namun langkah-langkah di dalamnya tetap menjadi bagian yang penting.

Hal inilah yang melatarbelakangi keberadaa materi analisis sosial diberikan pada awal pelatihan.

Materi analisis sosial merupakan materi pertama atau pembuka dalam pelatihan ini. Adapun selain analisis sosial, ada materi lain yang akan disampaikan oleh pemateri lain, di antaranya Investigasi, Hak Asasi Manusia (HAM), dan Materi Kepenulisan. [Al]

Hanya punya mimpi: Cipta, Cita, Cinta

Al Puspitasari

The author Al Puspitasari

Hanya punya mimpi: Cipta, Cita, Cinta

Leave a Response