close
AgendaFotoKlik

Sarasehan Lintas Iman, Upaya untuk Mangarusutamakan Kebhinekaan

Dimensipers.com – Sabtu, 24 November 2018, Gusdurian Bonorowo mengadakan “Nonton Bareng & Jagongan Toleransi”. Bertempat di Srigading’s Movement (Gusdurian Camp), Dusun Srigading, Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka merayakan hari toleransi internasional dan merupakan sebuah “upaya untuk mengarusutamakan kebhinekaan.” Ujar Gedhong Maulana Kabir selaku moderator malam itu.

Film berjudul Indonesia Bukan Negara Islam dengan durasi 9.33 menit ditayangkan sebagai pemantik perbincangan lintas iman. Dalam perayaan ini turut menghadirkan Wurianto selaku pendeta di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Slamet selaku Penghayat, Kasah selaku Hindu Darmani, dan Mukhosis selaku koordinator jaringan Gusduria Bonorowo dulu dan perwakilan dari Paguyuban Pemuda Bonorowo (P2B) yang sering mengadakan agenda bersama Komunitas Lintas Iman.

Ini sebenarnya adalah agenda yang dicanangkan bisa dijalankan rutin, jadi kita mencanangkan agenda seperti ini bisa secara swadaya kita kelola setidak-tidaknya itu satu bulan sekali.” Imbuh Gedhong.

Masruroh, selaku koordinator Gusdurian Bonorowo turut menyampaikan, “Di bulan Januari minggu pertama nanti kami mengajak teman-teman untuk datang di Gunung Cilik Desa Junjung untuk tanam pohon bareng. Selain itu nantinya juga akan ada kajian rutin sebulan sekali yang turut mengundang beberapa pemateri yang representatif untuk kajian ini.”

Perayaan malam itu pun ditutup dengan menyanyikan lagu “Padamu Negeri” bersama. //

Tags : #BEDASETARA #Gusdurianbonorowotulungagung @Gusduriant
Rohman

The author Rohman

Leave a Response