close
Newscamp

Seminar Dunia Literasi dan Launching Buku Perdana SPK

Dimensipers.coom – Minggu, 27 Januari 2018, Sahabat Pena Kita (SPK) mengadakan seminar dunia literasi dalam rangka Kopdar II dan launching buku perdana SPK yang berjudul Belajar Kehidupan. Acara ini bertempat di Gedung Rektorat IAIN Tulungagung Lantai tiga. Acara dimulai pukul 07.45 WIB  Hingga pukul 12.40 WIB.

SPK adalah organisasi di bidang literasi yang berjalan melalui media sosial seperti WhatsApp yang anggotanya dari berbagai kalangan dan kota. Agenda harian SPK adalah menyetor sebuah tulisan dengan tema yang telah ditentukan anggota SPK sebelumnya.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ngainun Naim yang kemudian disambung Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin, yang sedikit mengulas keunikan kota Tulungagung. Sebelum memasuki acara inti  yaitu seminar Era Disrupsi: Tantangan dan Peluang Dunia Literasi, dilaksanakan launching buku perdana SPK.

Seminar tidak hanya dihadiri mahasiswa IAIN Tulungagung, tetapi dihadiri pula mahasiswa pasca sarjana IAIN Tulungagung, dosen, serta anggota SPK dari berbagai kalangan dan kota. Pembicara dalam acara ini adalah Ngainun Naim sebagai ketua LP2M IAIN Tulungagung dan M. Arfan Muammar selaku ketua SPK.

Wawan Susetya selaku pemateri mengatakan, “Menulislah apa yang kamu sukai dan menuliskan apa yang kamu kuasai.” Kalimat tersebut merupakan acuan dan pijakan pemula literasi yang akan masuk dan berkecimpung di dunia literasi.

Peserta antusias pada pemaparan Wawan susetya yang menjelaskan budaya literasi di Indonesia dan pemateri lainnya Yusri fajar yang menjelaskan tentang pengalamannya di bidang penulisan esai. Acara ini perlu diadakan kembali sebagai ajang pengetahuan bagi semua kalangan penggerak literasi. []

Reporter: Lailatul Hikmah

Tags : literasi
admin

The author admin

Leave a Response