close
AgendaBerita

Rasan-Rasan Jurnalisme Daring sekaligus Rapat Pengurus PPMI DK Tulungagung

Dimensipers.com – Minggu, 03 Maret 2019 Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) gelar Rasan-rasan Jurnalisme Dalam Jaringan (Daring) sekaligus Rapat Pengurus PPMI Dewan Kota (DK) Tulungagung. Acara ini bertempat di Aula Utama IAIN Tulungagung dengan LPM Dimensi sebagai tuan rumah. Acara dimulai pukul 10:00 WIB hingga pukul 13:30 WIB dan dihadiri oleh perwakilan LPM dari DK Tulungagung.

Fasilitator dari rasan-rasan Jurnalisme Daring adalah Romafi W.K. selaku Redaktur Pelaksana Online dengan moderator Rohman, kru tetap LPM Dimensi. Ia menjelaskan, dalam pemberitaan LPM Dimensi terdapat tiga klasifikasi berita, antara lain isu terkait pembacaan masa lalu, pembacaan sekarang, dan prediksi mendatang. Kemudian berita terkait gejala, fenomena, dan bencana, serta agenda unit kegiatan mahasiswa dan himpunan mahasiswa jurusan.

Salah satu latar belakang terselenggaranya acara rasan-rasan Jurnalisme Daring adalah usulan dari Pimpinan Umum LPM Dimensi, M. Fahrul Rozi. Sebagaimana tanggapannya, Jurnalisme Daring harus mulai diinovasi dan dikembangkan, terutama dalam kinerja LPM. “LPM itu sendiri harus mampu  merambah ke Jurnalisme Online tidak hanya media cetak.”

Sekjend DK Tulungagung, Naja mengungkapkan, bahwa acara ini sangat bermanfaat, terutama bagi LPM yang menjadi anggota PPMI. Lewat semacam acara, antar anggota PPMI dapat saling bersinergi. Dengan sering berkomunikasi antar LPM, maka dapat memunculkan inovasi dan semangat. Di samping itu, salah satu peserta, yakni Aini mengungkapkan, bahwa acara ini baginya bermanfaat karena pertanyaan yang sempat membingungkan, lewat acara ini bisa ia temukan jawabannya. //

Fitaloka

The author Fitaloka

Leave a Response