Rabu, 06 Feb­ru­ari 2019 Him­punan Maha­siswa Juru­san (HMJ) Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT) menye­leng­garakan bedah buku den­gan judul Dialek­ti­ka Lan­git dan Bumi, yang di tulis oleh Abad Badruz­za­man selaku Wak­il Rek­tor Bidang Kema­ha­siswaan dan Ker­jasama IAIN Tulungagung. 

Bedah buku dilak­sanakan di aula gedung Arif Mus­taqim. Den­gan nara­sum­ber Direk­tur Pas­casar­jana IAIN Ponoro­go yang juga meru­pakan penulis yaitu Aksin Wijaya. Dimod­er­a­tori lang­sung oleh dosen IAIN Tulun­ga­gung yaitu Muham­mad Ain­un Najib.

Bedah buku dihadiri oleh beber­a­pa per­wak­i­lan maha­siswa juru­san, di antaranya juru­san Bimbin­gan dan Kon­sel­ing Islam (BKI), Komu­nikasi Penyiaran Islam (KPI), ser­ta Bahasa dan Sas­tra Arab (BSA). Selain itu, acara juga hadir dosen dari Fakul­tas Ushu­lud­din, Febran­ti Putri Novion 

Buku yang dibedah per­ta­makali di Pasu­ru­an ini mengka­ji his­tori­tas Al Quran melalui stu­di ayat-ayat makkah madani dan asbabun­nuzul. Menu­rut Irvan­da selaku ket­ua pani­tia men­gatakan bah­wa “Tujuan diadakan bedah buku untuk men­ge­nalkan karya Abad Badruz­za­man kepa­da maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung.

Al Quran mati dalam kaidah mak­nanya, tetapi hidup dalam keny­ataan masalah atau seba­gai peno­long kegun­da­han manu­sia mus­lim. Mela (IAT 2) selaku peser­ta bedah buku men­gatakan bah­wa “Tak semua isi Al Quran itu dimak­sud­kan seper­ti ter­jema­hanya. Harus tau nasikh man­sukh, asbabun­nuzul, makkah madani. Sehing­ga apa yang ada di lan­git dan bumi tidak men­jadikan ambigu.

Bedah buku berlang­sung den­gan lan­car. Beber­a­pa peser­ta antu­sias untuk men­ga­jukan per­tanyaan. Hesti (IAT 4) men­ga­jukan per­tanyaan berkai­tan den­gan prob­lemati­ka maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung, yaitu ten­tang bersala­man den­gan lawan jenis, tol­er­an­si beraga­ma dan kesa­taraan pria wanita.

Per­tanyaan terse­but dikaitkan den­gan dalil-dalil yang berlaku di lingkun­gan kam­pus. Menang­gapi hal terse­but, Aksin selaku nara­sum­ber mem­per­bolehkan men­ge­nai bersala­man antara lawan jenis. “Saya per­nah datang di sebuah forum, saat itu saya men­ga­jak seo­rang wani­ta bersala­man, wani­ta terse­but meno­lak. Beta­pa malun­ya saya saat itu. Lebih berdosa mana antara mem­bu­at malu orang den­gan bersala­man?

Bedah buku yang berjudul Dialek­ti­ka Lan­git dan Bumi ini meny­atakan bah­wa Al Quran  adalah naskah pal­ing klasik yang mam­pu men­jem­bat­ani antara lan­git dan bumi. Al Quran cocok digu­nakan di segala jenis zaman. “Al Quran mam­pu menghubungkan wak­tu dan suasana antara zaman unta den­gan Toy­ota atau zaman mod­ern,” tegas Abad.