Jumat, 15 Maret 2019 Pusat Stu­di Kon­sti­tusi dan Otono­mi Daer­ah (PUSKOD) menye­leng­garakan Kuli­ah Umum bersama Hakim Mahkamah Kon­sti­tusi (MK) RI, Enny Nur­ban­ingsih den­gan tema “Kedudukan MK dalam Sis­tem Ketatane­garaan RI”. Acara  bertem­pat di Audi­to­ri­um lan­tai 6 Gedung KH Sai­fud­din Zuhri. PUSKOD meru­pakan pusat stu­di yang diben­tuk men­ja­di wadah maha­siswa untuk berdiskusi dan men­ga­ji terkait kon­si­ti­tusi dan otono­mi daerah.

Acara diawali den­gan sambu­tan dari Sek­jen MK, yakni M. Gun­tur Hamzah, dilan­jutkan sambu­tan ked­ua oleh Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung, Maf­tukhin. Suasana semakin meri­ah den­gan persem­ba­han tari Reog Ken­dang oleh maha­siswa IAIN Tulungagung.

Kuli­ah umum dimak­sud­kan agar maha­siswa ataupun dosen dap­at mema­ha­mi ranah keil­muan khusus­nya di bidang konstitusi.

Peser­ta san­gat antu­sias dalam mengiku­ti ber­jalan­nya rangka­ian acara, Del­la salah satu peser­ta men­gungkap­kan, “Kuli­ah umum ini menam­bah ilmu dan moti­vasi saya agar lebih seman­gat bela­jar, kare­na Bu Enny saja yang berasal dari kota kecil (Bli­tar) bisa men­ja­di hakim di kon­sti­tusi, asal ada niat pasti bias.”

Acara dilan­jutkan den­gan penan­datan­ganan MoU antara Mahkamah Kon­sti­tusi dan IAIN Tulun­ga­gung yang dis­e­leng­garakan di Ball­room Hotel Crown Vic­to­ria pada malam hari. Semakin meri­ah bersama Enny Nur­ban­ingsih seba­gai Keynote Speech.

Pada 16 Maret 2019, acara tetap berlan­jut den­gan Focus Group Dis­cus­sion (FGD) den­gan tema “Pemilu Serentak Tahun 2019 dan Penye­le­sa­ian Perselisi­han Hasil Pemilu di Mahkamah Kon­sti­tusi” den­gan nara­sum­ber M. Gun­tur Hamzah selaku Sek­jen MK,  Dian Fer­richa selaku Direk­tur PUSKOD, Sulistyo selaku Bawaslu RI, dan Arbayan­to selaku KPU Provin­si Jawa Timur.

Gun­tur Hamzah, Sek­jen MK meny­atakan, “Acara yang dilak­sanakan ber­jalan lan­car dan sesuai den­gan ren­cana IAIN Tulun­ga­gung meru­pakan mitra ker­ja MK, sehing­ga apa­bi­la ada acara dap­at bek­er­jasama den­gan baik, den­gan adanya Puskod akan men­ja­di wadah maha­siswa berdiskusi ten­tang isu kon­sti­tusi dan otono­mi terkait isu yang dika­ji MK.”