close
Agenda

Bergandeng Tangan bersama Larung

Dimensipers.com – Kamis, 21 Maret 2019 LPM Dimensi IAIN Tulungagung melaksanakan bedah buku dengan judul Larung, yang ditulis oleh Ayu Utami selaku aktivis jurnalis dan juga sastrawan Indonesia. Bedah buku dilaksanankan di kantor redaksi LPM Dimensi. Dipantik oleh Nifa Kurnia Fahmi selaku Kru tetap di LPM Dimensi.

Buku ini merupakan cerita lanjutan dari buku dwilogi pertama Ayu Utami yang berjudul Saman. Buku ini membahas tentang banyak sekali hal, seperti sejarah, budaya, politik, feminisme, dan jurnalis. Ayu Utami menarasikan hal-hal tersebut melalui peran para tokoh dengan bahasa yang mudah dipahami. Misalnya saja feminisme yang selama ini dianggap tabu, dalam buku ini pula Ayu Utami menjelaskannya dengan gaya bahasa yang halus dan menarik sehingga meninggalkan kesan tabunya.

Selaras yang diutarakan Nifa, menurutnya novel ini mengandung banyak perspektif, dari sejarah, kebudayaan, politik, feminisme, dan pendidikan secara tersirat.

Bedah buku berlangsung dengan lancar. Beberapa peserta juga antusias mengajukan beberapa pertanyaan, di antaranya mengenai identitas buku, unsur intrinsik, dan ekstrinsik, serta dampak ketika buku tersebut diterbitkan mengingat rentang zaman pasca lengsernya Orba.

Sintia sebagai salah satu peserta bedah buku menyampaikan pemahamannya, bahwa buku tersebut tidk salah menjadi buku bacaan wajib pers mahasiswa, mengingat di dalamnya juga disinggung tentang kejurnalistikan dan pengetahuan-pengetahuan yang tidak loyo. [Titan]

Ditulis oleh. Titan (kru magang LPM Dimensi)

admin

The author admin

Leave a Response