close
Agenda

Mengecup Kening Marxisme

Dimensipers.com – Kamis, 21 maret 2019 LPM Dimensi kembali mengadakan kegiatan rutin diskusi Kamis sore (Diskasor) di kantor redaksi LPM Dimensi. Diskusi kali ini mengangkat tema “Filsafat Modern: Marxisme” dengan pemantik Moch. Shobirin, selaku Manajer Perusahaan LPM Dimensi.

Pemantik memaparkan materialisme dialektika historis. Kemudian paham marxisme. Paham ini merupakan bagian dari filsafat modern yang pertama kali dicetuskan oleh Karl Marx.

Tergugah dari fenomena sosial dan ekonomi di daerahnya. Untuk membela kaum proletar atau buruh yang pada saat itu tertekan karena adanya pembedaan kasta oleh kaum feodal atau borjuis yang terjadi di Eropa, lebih tepatnya di Prancis. Paham kapitalis yang disokong oleh pengetahuan dan birokrasi (struktur kenegaraan) ini mempunyai kekuasaan penuh, hal inilah yang akhirnya memicu munculnya pemikiran-pemikiran Karl Marx.

Titan, salah satu peserta mengatakan, ”Dari pemaparan marxisme tadi itu dibawa oleh Karl Marx yang mana tidak setuju dengan paham kapitalis, karena kapitalis itu sendiri lebih condong untuk penjajahan secara alamiah atau tanpa disadari, dan bagi Marx itu tidak manusiawi. Maka, Marx membuat pemikiran baru yang lebih sosial dan kemasyarakatan atau condong pada kaum tertindas.”

Shobirin juga menambahkan harapan tentang pemaparan materi ini, “Agar teman-teman anggota pers mahasiswa sendiri tidak keliru dalam membidik sasaran atau agar tidak meleset, karena dalam histori marxisme sendiri dijelaskan tentang bagaimana cara seseorang bisa kritis untuk menentukan pelaku dan korban.”

Rifqi, salah satu peserta Diskasor, mengatakan bahwa diskusi kali ini lebih kondusif dan bersistem diskusi, yakni seluruh peserta diskusi diberikan hak untuk mengungkapkan pendapat, lalu pemantik menyempurnakan pendapat mereka. Jadi, diskusi lebih kelihatan hidup dan tidak hanya pemantik saja yang berbicara dalam forum.

Oleh. Yusuf (kru magang LPM Dimensi)

admin

The author admin

Leave a Response