close
Berita

Meliput Persiapan PSKM 2019

Dimensipers.com-Pekan Seni dan Kreativitas Mahasiswa (PSKM) adalah salah satu agenda terbesar di kampus IAIN Tulungagung, agenda tersebut dilaksanakan satu tahun sekali yang diikuti oleh mayoritas Mahasiswa IAIN Tulungagung. PSKM 2019 kali ini melahirkan jargon “Pemuda Berkarya Indonesia Jaya.”

Rochim selaku Ketua Pelaksana PSKM 2019 memaparkan, bahwa persiapan Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I) terkait peralatan dan perlengkapan yang perlu disiapkan dimulai Januari. Sementara itu, pengumpulan panitia dimulai pada Februari. Panitia yang diambil adalah dari intrakampus termasuk perwakilan dari masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Tulungagung.

Di sisi lain, PSKM merupakan ajang mahasiswa untuk berkreasi dan menunjukan potensi serta bakatnya. Seperti halnya pemaparan Rochim, Jadi, tujuan utamanya ya sebagai ajang atau ladang mahasiswa untuk berkreasi, menunjukkan potensi dan bakatnya. Istilahnya kegiatan ini dibuat oleh mahasiswa dari mahasiswa dan untuk mahasiswa.

Rochim menjelaskan, bahwa sementara ini dana yang sudah terpakai adalah DPP DEMA-I sekitar 20 juta. Selain itu, terdapat penambahan dana dari Rektor khusus untuk pengajian yang akan dilaksanakan pada Senin malam.

Serupa PSKM sebelumnya, panitia menyiapkan stan bagi peserta yang sudah mendaftar untuk berjualan maupun memamerkan produk dan kreativitasnya. Stan yang mulanya ditarget sejumlah 70 saja, ternyata kini mendapat  pesanan lebih hingga 73 stan. Menanggapi hal ini kemudian panitia membatasi sampai 74 stan, mengingat kondisi lapangan yang terbatas. Maka, kini dari stan yang disediakan masih tersisa satu buah sebagai persediaan.

Berbeda halnya dengan pernyataan Rochim, data lain yang didapat dari Suci selaku bendahara PSKM 2018 dan Anida selaku narahubung stan menyatakan jumlah yang lebih minim. Adapun daftar stan lembaga intrakampus dan ekstrakampus yang sementara ini tercatat adalah sebagaimana gambar di bawah ini.

Jika dijumlah, total terdapat 50 stan dari intrakampus dan 18 ekstrakampus yang sudah pasti dan tiga sisanya masih belum pasti. Jadi, jumlah keseluruhan terdapat 68 stan yang pasti akan berdiri di PSKM 2019.

Waktu pelaksanaan PSKM kali ini terjadwal selama lima hari, yakni mulai dari 7 April-11 April 2019. Lebih jelasnya, secara rinci jadwal pelaksanaan PSKM 2019 adalah sebagai berikut.

Sebagai harapkan suksesnya PSKM 2019, Muniri selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), berpesan kepada perwakilan ketua UKM yang hadir dalam pertemujan pra-PSKM. Bahwa sinergitas atau kekompakan khususnya lembaga intra sangat diperlukan. “Wong presiden (presiden mahasiswa, red.) ada hajatan kok gak kompak, harus kompak,” tegas Muniri. [Rif, Suf & Sin]

Rifqi Ihza F

The author Rifqi Ihza F

Leave a Response