Dimensipers.com-Pekan Seni dan Kreativ­i­tas Maha­siswa (PSKM) adalah salah satu agen­da terbe­sar di kam­pus IAIN Tulun­ga­gung, agen­da terse­but dilak­sanakan satu tahun sekali yang diiku­ti oleh may­ori­tas Maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung. PSKM 2019 kali ini melahirkan jar­gon “Pemu­da Berkarya Indone­sia Jaya.”

Rochim selaku Ket­ua Pelak­sana PSKM 2019 mema­parkan, bah­wa per­si­a­pan Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Insti­tut (DEMA‑I) terkait per­ala­tan dan per­lengka­pan yang per­lu disi­ap­kan dim­u­lai Jan­u­ari. Semen­tara itu, pengumpu­lan pani­tia dim­u­lai pada Feb­ru­ari. Pani­tia yang diam­bil adalah dari intrakam­pus ter­ma­suk per­wak­i­lan dari mas­ing-mas­ing Unit Kegiatan Maha­siswa (UKM) IAIN Tulungagung.

Di sisi lain, PSKM meru­pakan ajang maha­siswa untuk berkreasi dan menun­jukan poten­si ser­ta bakat­nya. Seper­ti hal­nya pema­paran Rochim, Jadi, tujuan uta­manya ya seba­gai ajang atau ladang maha­siswa untuk berkreasi, menun­jukkan poten­si dan bakat­nya. Isti­lah­nya kegiatan ini dibu­at oleh maha­siswa dari maha­siswa dan untuk maha­siswa.

Rochim men­je­laskan, bah­wa semen­tara ini dana yang sudah ter­pakai adalah DPP DEMA‑I sek­i­tar 20 juta. Selain itu, ter­da­p­at penam­ba­han dana dari Rek­tor khusus untuk pen­ga­jian yang akan dilak­sanakan pada Senin malam. 

Seru­pa PSKM sebelum­nya, pani­tia menyi­ap­kan stan bagi peser­ta yang sudah mendaf­tar untuk berjualan maupun memamerkan pro­duk dan kreativ­i­tas­nya. Stan yang mulanya ditar­get sejum­lah 70 saja, terny­a­ta kini men­da­p­at  pesanan lebih hing­ga 73 stan. Menang­gapi hal ini kemu­di­an pani­tia mem­bat­asi sam­pai 74 stan, mengin­gat kon­disi lapan­gan yang ter­batas. Maka, kini dari stan yang dise­di­akan masih ter­sisa satu buah seba­gai persediaan. 

Berbe­da hal­nya den­gan perny­ataan Rochim, data lain yang dida­p­at dari Suci selaku ben­da­hara PSKM 2018 dan Ani­da selaku narahubung stan meny­atakan jum­lah yang lebih min­im. Ada­pun daf­tar stan lem­ba­ga intrakam­pus dan ekstrakam­pus yang semen­tara ini ter­catat adalah seba­gaimana gam­bar di bawah ini. 

Jika dijum­lah, total ter­da­p­at 50 stan dari intrakam­pus dan 18 ekstrakam­pus yang sudah pasti dan tiga sisanya masih belum pasti. Jadi, jum­lah keselu­ruhan ter­da­p­at 68 stan yang pasti akan berdiri di PSKM 2019.

Wak­tu pelak­sanaan PSKM kali ini ter­jad­w­al sela­ma lima hari, yakni mulai dari 7 April-11 April 2019. Lebih jelas­nya, secara rin­ci jad­w­al pelak­sanaan PSKM 2019 adalah seba­gai berikut.

Seba­gai hara­p­kan suk­ses­nya PSKM 2019, Muniri selaku Wak­il Dekan Bidang Kema­ha­siswaan dan Ker­ja Sama Fakul­tas Tar­biyah dan Ilmu Kegu­ru­an (FTIK), berpe­san kepa­da per­wak­i­lan ket­ua UKM yang hadir dalam perte­mu­jan pra-PSKM. Bah­wa sin­er­gi­tas atau kekom­pakan khusus­nya lem­ba­ga intra san­gat diper­lukan. “Wong pres­i­den (pres­i­den maha­siswa, red.) ada hajatan kok gak kom­pak, harus kom­pak,” tegas Muniri. [Rif, Suf & Sin]

Redak­tur Online