close
AgendaNewscampUncategorized

IDN Times Adakan Workshop Kepenulisan di IAIN Tulungagung

Jumat, 05 april 2019 IDN Times menyelenggarakan workshop kepenulisan bersama News Editor IDN Times Jatim, Faiz Nashrillah dan IDN Times Community Manager, Ernia Karina dengan tema “Citizen Jurnalism & Creative writing”. Acara bertempat di Auditorium lantai 6 Gedung KH Arief Mustaqim IAIN Tulungagung.

Acara diawali dengan sambutan pertama dari IDN Times, dan sambutan kedua oleh Wakil Rektor III, Abad Badruzzaman. Dilanjutkan sambutan  ketiga oleh Humas Kabupaten Tulungagung dan Sekjen Kominfo, Sumarji Subantoro.

Pada sambutan ketiga Sumarji Subantoro menyampaikan sambutan Bupati Tulungagung yang mengatakan bahwa bupati sangat mengapresiasi acara LPM Dimensi yang telah menggandeng IDN Times untuk belajar  menulis khususnya dibidang jurnalistik. “Semoga dengan acara ini akan terlahir para jurnalis muda yang berbakat agar dapat memajukan dan mengembangkan kebudayaan Tulungagung.

Setelah sambutan selesai dilanjutkan penyerahan cendera mata kepada Sumarji Subanto dan wakil Rektor III Abad Badruzzaman.

Setelah beberapa sambutan dan penyerahan cendera mata, materi pertama langsung dipaparkan oleh Faiz Nashrillah tentang citizen journalism. Faiz menjelaskan kepada audiensi mengenai apa itu citizen journalism.

Citizen journalism yang dimaksud adalah semua orang yang mau meliput dan membuat berita atau yang disebut jurnalisme warga. Selain itu Faiz memaparkan tentang bagaimana melakukan suatu liputan dan menyebarkannya, beberapa informasi yang layak diberitakan, Human Interest, dan struktur penulisan berita.

Menyusul materi kedua dari Ernia Karina  memaparkan tentang creative writing. Ernia menjelaskan bagaimana cara menciptakan konten yang baik dan positif, menulis artikel, tips asyik menulis kata-kata, dan menampilkan video , serta cara mengirimkan tulisan di IDN times community.

Para audiensi menikmati acara karena berbagai pertanyaan bermunculan, dan tim IDN Times juga memberikan hadiah bagi siapa saja peserta yang bertanya, menjawab pertanyaan, dan siapa saja yang telah memliki aplikasi IDN Times community di ponselnya.

Kedatangan IDN Times ke IAIN tulungagung adalah inisiatif dari tim karena kami  tahu Tulungagung memiliki kampus yang cukup besar yakni IAIN Tulungagung dan Lembaga Pers Mahasiswa Dimensi yang cukup baik dalam kepenulisan,” ujar Faiz Nashrillah.

Kebetulan IDN Times juga baru memunculkan biro. Biro ini telah menyebar di berbagai provinsi. Ada sekitar 7 di Jawa Timur  seperti Surabaya, Malang, Lamongan, Madiun, Madura, Banyuwangi, dll.  Tujuan IDN Times datang ke IAIN Tulungagung adalah ingin menyalurkan dan berbagi ilmu tentang kejurnalistikan dan bagaimana belajar menulis kreatif.

Adapun respon dari peserta audience luar biasa, karena jumlah pendaftar membludak dan diluar ekspektasi yakni lebih dari 500 pendaftar dan ternyata memang harus dibatasi, agar acara lebih kondusif,” ujar Faiz.

Menurut Zuyyina Millati, salah satu mahasiswa Tadris Bahasa Inggris mengatakan bahwa sangat tertarik dengan tema yang diangkat, jadi tidak iseng-iseng atau ingin ikut saja.

“Untuk membangkitkan mahasiswa supaya giat menulis di kampus, dan menurut saya LPM Dimensi merupakan perkumpulan mahasiswa yang gemar menulis  dan sebisa mungkin mereka  menyebarluaskan ilmu dan informasi kepada mereka yang belum tertarik dengan dunia kepenulisan”. [Asna/Yunita/Fia/Tasya]

"Orang bodoh tak kunjung pandai."

Niam asna

The author Niam asna

"Orang bodoh tak kunjung pandai."

Leave a Response