Sab­tu, 6 April 2019 LPM Dedikasi IAIN Kediri adakan pelati­han jur­nal­isme sas­tra den­gan tema “Menum­buhkan Kepekaan Sosial melalui Jur­nal­isme Sas­tra”. Pelati­han bertem­pat di lan­tai 4 Gedung Rek­torat IAIN Kediri den­gan pema­teri Moh. Fikri Zul­fikar dari Aji Kediri. Pelati­han dihadiri oleh LPM Dedikasi IAIN Kediri, LPM Dimen­si IAIN Tulun­ga­gung, LPM Al-Mil­lah IAIN Ponoro­go, LPM Inde­pen­dent Uni­ver­si­tas Islam Kadiri, dan maha­siswa umum dari IAIN Kediri. Pelati­han dilak­sanakan dalam rang­ka pen­em­puhan kar­tu pers bagi kru mag­a­ng LPM Dedikasi dan menam­bah wawasan per­i­hal kejurnalistikan.

Fikri mema­parkan, jur­nal­isme sas­trawi muncul pada tahun 1970 yang bertu­juan untuk men­ge­nalkan jur­nal­is­tik gaya baru, yakni sas­tra. Seir­ing ber­jalan­nya wak­tu, jur­nal­isme sas­trawi semakin berkem­bang. Jur­nal­isme sas­trawi dap­at dijadikan sarana untuk menye­garkan, den­gan peng­gabun­gan ele­men sas­tra dalam pro­duk jurnalistik. 

Semua ben­tuk beri­ta bisa dikem­bangkan men­ja­di jur­nal­is­tik sas­trawi. Kon­teks top­ik dalam jur­nal­isme sas­trawi dap­at beru­pa pem­ba­hasan tokoh, sejarah, human inter­est, keja­di­an unik, komu­ni­tas, fenom­e­na sosial, dan juga pengalaman. 

Dalam menuliskan jur­nal­isme sas­trawi, Fikri menu­turkan bah­wa data yang diangkat harus berdasarkan fak­ta, bukan ima­ji­nasi penulis. Penulis harus bisa men­em­patkan kali­mat den­gan tepat. Unsur sas­tra dap­at diban­gun melalui esteti­ka kalimat. 

Apa­bi­la bahasa yang digu­nakan ter­lalu men­dayu-dayu dap­at menye­babkan kehi­lan­gan unsur fak­tu­al dalam beri­ta. Penulisan jur­nal­is­tik sas­trawi dap­at meng­gu­nakan struk­tur pirami­da ter­ba­lik, dia­mond, maupun jam pasir. Teknik penulisan pun dap­at dicam­pur, dalam pencer­i­taan bebas, tidak harus kro­nol­o­gis dari awal hing­ga akhir,” tam­bah Fikri.

Pelak­sanaan pelati­han ini ber­jalan sesuai apa yang dihara­p­kan, seper­ti yang ditu­turkan Nita selaku ket­ua pelak­sana, “Pelati­han ber­jalan lan­car, peser­ta juga aktif, sangat seru. Di luar dugaan peser­ta yang datang san­gat banyak, dari LPM luar kota pun ikut datang.”

Semen­tara itu, Umam salah peser­ta meny­atakan pen­da­p­at­nya terkait acara ini. “Saya men­da­p­at ilmubisa menge­tahui beri­ta-beri­ta mana yang men­gan­dung ele­men sas­tra. Jur­nal­is­tik sas­trawi mem­bu­at pem­ba­ca tidak bosan untuk mem­ba­ca kare­na unsur sas­tra dalam pem­ber­i­taan­nya. [Nat, Zin]