Dimensipers.com — Sejum­lah maha­siswa dari berba­gai ele­men dan komu­ni­tas mengge­lar acara berta­juk “Malam Apre­si­asi Puisi”. Acara yang dige­lar di teras gedung  Syai­fud­din Zuhri  IAIN Tulun­ga­gung berlang­sung kemarin pada Ming­gu (28/04/2019) malam mulai pukul 18.30 WIB. Acara terse­but diadakan dalam rang­ka mem­peringati Hari Puisi Nasion­al yang diperingati seti­ap tang­gal 28 April. Acara ini men­gun­dang Tri Harianto selaku pegiat sas­tra Tulungagung.

Sabilil­lah, salah satu peng­ga­gas acara, men­gatakan awal­nya acara akan dilang­sungkan di depan Pos Sat­pam IAIN Tulun­ga­gung, namun kare­na kendala hujan, akhirnya lokasi dipin­dahkan. Selain itu, kare­na hujan pula menye­babkan beber­a­pa tamu uta­ma batal hadir.

Dalam keteran­gan lan­jut­nya, acara terse­but berangkat dari kere­sa­han para maha­siswa yang bergiat dalam sas­tra terkait kurang masifnya perkem­ban­gan sas­tra di Tulun­ga­gung. “Kita menga­mati atau meman­tau geli­at sas­tra di Tulun­ga­gung, intinya itu terny­a­ta kayak kurang masif,” ujarnya.

Oleh kare­na itu, seba­gai jawa­ban atas kere­sa­han terse­but, Sabilil­lah dan para maha­siswa dari berba­gai komu­ni­tas merasa per­lu men­gadakan acara malam apre­si­asi puisi.

Sabilil­lah menam­bahkan bah­wa den­gan diadakan­nya acara terse­but akan muncul acara-acara seru­pa. Sehing­ga, perkem­ban­gan sas­tra tidak stag­nan dan lebih masif di kalan­gan masyarakat. “Saya prib­a­di berharap, temen-temen entah di semes­ter saya atau semes­ter bawah terus­lah melakukan ger­akan seper­ti ini, entah di kam­pus, di luar kam­pus, kita men­cip­takan iklim baru di Tulun­ga­gung,” tam­bah­nya.

Hara­pan seru­pa juga datang dari Habiburokhman Tam­ba, selaku ket­ua Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Fakul­tas Ushu­lud­din, Adab, dan Dak­wah (DEMA FUAD) IAIN Tulun­ga­gung. Dalam keteran­gan­nya, berharap maha­siswa men­ja­di lebih ter­dorong untuk meng­giati dunia lit­erasi dan sas­tra sete­lah adanya acara ini. “Saya berharap maha­siswa agar ter­dorong andil (dalam dunia lit­erasi dan sas­tra ;red).” Ucap­nya. //

Syam­sul Maarif 

Kosong?