close
DimutNewscamp

Peringati Hari Puisi, Lintas Komunitas Gelar Apresiasi Puisi

Dimensipers.com – Sejumlah mahasiswa dari berbagai elemen dan komunitas menggelar acara bertajuk “Malam Apresiasi Puisi”. Acara yang digelar di teras gedung  Syaifuddin Zuhri  IAIN Tulungagung berlangsung kemarin pada Minggu (28/04/2019) malam mulai pukul 18.30 WIB. Acara tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Puisi Nasional yang diperingati setiap tanggal 28 April. Acara ini mengundang Tri Harianto selaku pegiat sastra Tulungagung.

Sabilillah, salah satu penggagas acara, mengatakan awalnya acara akan dilangsungkan di depan Pos Satpam IAIN Tulungagung, namun karena kendala hujan, akhirnya lokasi dipindahkan. Selain itu, karena hujan pula menyebabkan beberapa tamu utama batal hadir.

Dalam keterangan lanjutnya, acara tersebut berangkat dari keresahan para mahasiswa yang bergiat dalam sastra terkait kurang masifnya perkembangan sastra di Tulungagung. “Kita mengamati atau memantau geliat sastra di Tulungagung, intinya itu ternyata kayak kurang masif,” ujarnya.

Oleh karena itu, sebagai jawaban atas keresahan tersebut, Sabilillah dan para mahasiswa dari berbagai komunitas merasa perlu mengadakan acara malam apresiasi puisi.

Sabilillah menambahkan bahwa dengan diadakannya acara tersebut akan muncul acara-acara serupa. Sehingga, perkembangan sastra tidak stagnan dan lebih masif di kalangan masyarakat. “Saya pribadi berharap, temen-temen entah di semester saya atau semester bawah teruslah melakukan gerakan seperti ini, entah di kampus, di luar kampus, kita menciptakan iklim baru di Tulungagung,” tambahnya.

Harapan serupa juga datang dari Habiburokhman Tamba, selaku ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (DEMA FUAD) IAIN Tulungagung. Dalam keterangannya, berharap mahasiswa menjadi lebih terdorong untuk menggiati dunia literasi dan sastra setelah adanya acara ini. “Saya berharap mahasiswa agar terdorong andil (dalam dunia literasi dan sastra ;red).” Ucapnya. //

Penulis Minor

Kosong?

Penulis Minor

The author Penulis Minor

Kosong?

Leave a Response