LPM Dimen­si baru saja menye­leng­garakan sin­au info­grafis dan edit­ing video di Pusat Stu­di Quran dan Hadis (PSQH) IAIN Tulun­ga­gung. Acara ini berlang­sung pada 11 Mei 2019 dari pukul 14.00 sam­pai 17.00 WIB.

Sin­au info­grafis dan edit­ing video ini dihadiri oleh kru LPM Dimen­si, LPM Dedikasi, maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung, dan umum. Ada dua pema­teri dalam acara ini, yaitu M. Fahrul Rozi (Pimp­inan Umum LPM Dimen­si) dan Faiz atau Faizz.art_ (con­tent cre­ator & videog­ra­phy Tulungagung).

Acara diawali den­gan sambu­tan ket­ua pani­tia, M. Khozin. Kemu­di­an dilan­jut materi per­ta­ma, pen­ge­nalan info­grafis dan prak­tik mem­bu­at desain den­gan aplikasi corel draw.

Rozi, selaku pema­teri sin­au infografis mema­parkan bah­wa info­grafi adalah karya yang men­gom­bi­nasikan antara infor­masi dan grafi. Info­gafi berasal dari kata info­graph­ics dalam bahasa Ing­gris yang meru­pakan singkatan dari infor­ma­tion + graph­ics. Kata ini meru­juk pada ben­tuk visu­al­isasi data yang menyam­paikan infor­masi kom­pleks kepa­da pem­ba­ca agar dap­at dipa­ha­mi den­gan lebih mudah dan cepat.

Info­grafi dipub­likasikan dalam dua for­mat, yaitu info­grafi sta­tis dan info­grafi dinamis (motion­graph­ic). Info­grafi sta­tis berben­tuk gam­bar sta­tis yang berisi tabel, grafik (ilus­trasi dan gam­bar), dan teks. Sedan­gkan info­grafi dinamis berben­tuk video yang beisi kom­po­sisi visu­al berg­er­ak (ani­masi) dari ele­men-ele­men info­grafi dan memi­li­ki alur yang mudah dimengerti.

Info­grafi biasanya digu­nakan dalam tuto­r­i­al di ban­dara, rumah sak­it, atau di tem­pat umum lain­nya. Peng­gu­naan info­grafi ini dap­at mem­ban­tu pem­ba­ca dalam mema­ha­mi sesuatu.

Keung­gu­lan info­grafi itu, ia lebih menarik, mudah dipa­ha­mi, dan menghibur. Pem­ba­ca dap­at den­gan mudah mema­ha­mi info­grafi dari pada info teks,” ujar Rozi.

Selain itu, info­grafi juga mam­pu menye­le­saikan kelema­han medi­um komu­nikasi teks dan gam­bar den­gan men­gom­bi­nasikan keduanya.

Kemu­di­an, acara dilan­jut den­gan prak­tik mem­bu­at desain gam­bar. Sebelum­nya, peser­ta diperke­nakan den­gan berba­gai tools di aplikasi corel draw. Pema­teri mem­bimb­ing peser­ta den­gan men­con­tohkan cara mende­sain secara dasar.

Acara ini diakhiri den­gan sin­au edit­ing video yang dipan­tik oleh Faiz. Faiz lang­sung men­con­tohkan cara menged­it video bagi pem­u­la. Selain itu juga mem­berikan con­toh video dalam berba­gai event yang per­nah dieditnya. //

Reporter: Ulum