close
AgendaNewscamp

Sinau Infografik dan Edit Video yang Menyenangkan

LPM Dimensi baru saja menyelenggarakan sinau infografis dan editing video di Pusat Studi Quran dan Hadis (PSQH) IAIN Tulungagung. Acara ini berlangsung pada 11 Mei 2019 dari pukul 14.00 sampai 17.00 WIB.

Sinau infografis dan editing video ini dihadiri oleh kru LPM Dimensi, LPM Dedikasi, mahasiswa IAIN Tulungagung, dan umum. Ada dua pemateri dalam acara ini, yaitu M. Fahrul Rozi (Pimpinan Umum LPM Dimensi) dan Faiz atau Faizz.art_ (content creator & videography Tulungagung).

Acara diawali dengan sambutan ketua panitia, M. Khozin. Kemudian dilanjut materi pertama, pengenalan infografis dan praktik membuat desain dengan aplikasi corel draw.

Rozi, selaku pemateri sinau infografis memaparkan bahwa infografi adalah karya yang mengombinasikan antara informasi dan grafi. Infogafi berasal dari kata infographics dalam bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari information + graphics. Kata ini merujuk pada bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

Infografi dipublikasikan dalam dua format, yaitu infografi statis dan infografi dinamis (motiongraphic). Infografi statis berbentuk gambar statis yang berisi tabel, grafik (ilustrasi dan gambar), dan teks. Sedangkan infografi dinamis berbentuk video yang beisi komposisi visual bergerak (animasi) dari elemen-elemen infografi dan memiliki alur yang mudah dimengerti.

Infografi biasanya digunakan dalam tutorial di bandara, rumah sakit, atau di tempat umum lainnya. Penggunaan infografi ini dapat membantu pembaca dalam memahami sesuatu.

“Keunggulan infografi itu, ia lebih menarik, mudah dipahami, dan menghibur. Pembaca dapat dengan mudah memahami infografi dari pada info teks,” ujar Rozi.

Selain itu, infografi juga mampu menyelesaikan kelemahan medium komunikasi teks dan gambar dengan mengombinasikan keduanya.

Kemudian, acara dilanjut dengan praktik membuat desain gambar. Sebelumnya, peserta diperkenakan dengan berbagai tools di aplikasi corel draw. Pemateri membimbing peserta dengan mencontohkan cara mendesain secara dasar.

Acara ini diakhiri dengan sinau editing video yang dipantik oleh Faiz. Faiz langsung mencontohkan cara mengedit video bagi pemula. Selain itu juga memberikan contoh video dalam berbagai event yang pernah dieditnya. //

Reporter: Ulum

admin

The author admin

Leave a Response