Judul Film                   : More than Work

Sutradara                   : Luviana

Pro­duser                    : Luviana, Ani Ema Susanti

Penulis Naskah          : Luviana

Pemain                       : Mia, Dian, Desi, Junae­di, Sas­mi­to, Febri­ana Fir­daus, Roy Tha­ni­a­go,  Kumalasari, Dhiar, Luviana, Dhena Rah­man, Khan­za Vina, Rah­mat M. Arifin, dan Ririn Saesani.

Genre                          : Dokumenter

Durasi                         : 38,35 menit

Stu­dio                         : Konde Production

Film “More than Work” meru­pakan gara­pan Luviana, jur­nalis tele­visi di Jakar­ta dan pen­gelo­la web perem­puan, yang aktif menulis kon­disi perem­puan di media. Film ini diangkat sebab maraknya kek­erasan sek­su­al, sen­sa­sion­al tubuh, dan kebi­jakan yang men­jer­at perempuan. 

Film ini mengk­isahkan potret buram perem­puan di media. Kisah per­ta­ma yang dis­ug­uhkan yaitu ten­tang pele­ce­han sek­su­al yang diala­mi oleh Dhiar, seo­rang perem­puan yang bek­er­ja di salah satu media di Jakar­ta. Pele­ce­han dilakukan oleh jur­nalis senior sep­a­n­jang 2013. Di antaranya yang pal­ing fatal, yaitu keti­ka atasan Dhiar men­dorong tubuh Dhiar sam­pai roknya menyel­ingkap, menindih tubuh­nya, sam­pai den­gan menyen­tuhkan kemalu­an ke selangkangannya. 

Dhiar men­co­ba mem­bawa perkara ini ke ranah hukum. Ten­tu tak mudah, bahkan per­tanyaan yang diberikan media kadang kala berba­lik menyudutkan­nya. Pelaku pun ker­ap men­ge­lak ten­tang pela­po­ran Dhiar den­gan men­ga­jukan band­ing, hing­ga kepu­tu­san berakhir den­gan huku­man lima tahun kepa­da pelaku. Namun, huku­man ini tidak ber­jalan sesuai den­gan hara­pan, sebab pelaku hanya menyan­dang sta­tus nara­p­i­dana sela­ma 3 tahun dan kemu­di­an bebas berkeliaran.

Kisah perem­puan selan­jut­nya adalah Kumalasari, aktris yang didiskrim­i­nasi kare­na ben­tuk tubuh­nya. Di pertele­visan, seba­gai aktris ia men­da­p­atkan kon­sum­si yang tidak layak den­gan por­si atau hidan­gan yang berbe­da den­gan aktris yang lebih tenar, men­da­p­atkan make up murah dan sisa, uang trans­port lebih sedik­it, dan ker­ap men­da­p­atkan pem­bat­a­lan job, sam­pai den­gan keter­batasan pergaulan. 

Pada akhirnya, Kumalasari bertekad mengku­ruskan badan den­gan diet ketat, sun­tik hor­mon, smpai meng­habiskan biaya hing­ga empat mil­iar, demi men­da­p­atkan per­an uta­ma di tele­visi. Nyatanya, sete­lah­nya tubuh­nya men­ja­di langs­ing, ia ker­ap diun­dang men­ja­di bin­tang tamu di tele­visi. Hal seru­pa diala­mi oleh NN, peker­ja media yang tidak diperke­nankan tampil di layar tele­visi saat sedang hamil, sebab diang­gap gemuk dan tidak menarik dita­mpilkan, bahkan ia harus menyusui anaknya hanya sela­ma 6 bulan agar dap­at kem­bali bekerja.

Kisah perem­puan lain­nya adalah Dhena Rah­man dan Khan­za Vina, seo­rang trans­gen­der yang tidak men­da­p­at per­an di media. Dhena Rah­man yang selalu diper­sulit proyek pem­bu­atan film­nya, sebab harus selalu mengiku­ti sel­era pasar dan hari ini seo­rang LGBT men­da­p­at stig­ma dari masyarakat. Begi­tu pun den­gan Khan­za Vina, ia per­nah men­da­p­at pem­be­daan per­lakuan keti­ka men­ja­di penon­ton di salah satu acara tele­visi, yakni tidak per­bolehkan duduk bersama penon­ton lain, sebab ditakutkan tele­visi men­da­p­at cit­ra buruk jika ter­da­p­at seo­rang transgender.

Bahkan Komisi Penyiaran Indone­sia mem­bu­at atu­ran untuk menghen­tikan tayan­gan yang berbau LGBT (Les­bian, Gay, Bisek­su­al, dan Trans­gen­der), sehing­ga LGBT tidak men­da­p­at per­an di media. Hal ini men­gak­i­batkan aktivis-aktivis perem­puan melakukan aksi di gedung KPI menun­jukkan keti­dak­se­tu­juan­nya ter­hadap kepu­tu­san KPI.

Kelebi­han dari film ini yakni menampilkan nara­sum­ber yang men­dukung ter­hadap per­soalan yang sedang diba­has. Infor­masi yang dis­ug­uhkan pula cukup detail, seper­ti hal­nya yang dita­mpilkan pada grafik peng­gu­naan media di Indone­sia, hasil kepu­tu­san band­ing, dan surat kepu­tu­san KPI ten­tang LGBT. Kisah yang dita­mpilkan perindi­vidu cukup men­cakup keselu­ruhan kisah den­gan menyer­i­takan­nya dari awal, pros­es-pros­es penye­le­sa­ian, hing­ga akhir kasus. Film ini juga meng­har­gai pri­vasi kor­ban pele­ce­han, yang tidak menginginkan mem­per­li­hatnkan wajahnya. 

Ada­pun keku­ran­gan dari film ini, yakni keter­batasan meng­hadirkan media lain. Menampilkan media yang tehin­dar dari kasus diskrim­i­nasi perem­puan dirasa per­lu, untuk meli­hat bagaimana perbedaannya. 

Film ini cukup ter­go­long rec­om­mend­ed bagi kalan­gan umum. Film ini mem­pun­yai pro­duc­tion val­ue, yang sasaran uta­manya adalah maha­siswa, komu­ni­tas, ser­ta jaringan buruh, agar menyadari beta­pa pent­ingnya meng­har­gai seti­ap keber­aga­man, sehing­ga mem­i­ni­mal­isir pele­ce­han ser­ta diskrim­i­nasi ter­hadap sia­pa pun, ter­lebih dalam hal film ini adalah perempuan.