Rabu, 14 Agus­tus 2019 IAIN Tulun­ga­gung mem­u­lai kegiatan Pen­ge­nalan Budaya Akademik dan Kema­ha­siswaan (PBAK), yang akan berlang­sung hing­ga 17 Agus­tus men­datang. PBAK meru­pakan kegiatan pemem­ber­ian penge­tahuan men­ge­nai kebu­dayaan dan keakademikan maha­siswa. Sebab demikian, PBAK men­ja­di agen­da yang dian­jurkan bagi seti­ap kampus. 

Pada pukul 05.00, jalanan telah dipenuhi barisan pan­jang den­gan war­na mer­ah dan putih dari cap­ing ser­ta ben­dera yang dibawa oleh peser­ta PBAK seba­gai atribut­nya. Pada suasana pagi itu, peser­ta harus berlar­i­an men­gangkat ben­dera mema­su­ki ger­bang, men­jadikan arus lalu lin­tas jalan raya sek­i­tar kam­pus men­ja­di lebih lam­ban bergerak. 

Kegiatan ini diiku­ti oleh 5521 Maha­siswa Baru (Maba), den­gan rin­cian 2164 Maba Fakul­tas Tar­biyah dan Ilmu Kegu­ru­an (FTIK), 1566 Maba Fakul­tas Ekono­mi dan Bis­nis (FEBI), 1195 Maba Fakul­tas Usu­lud­din dan Dak­wah (FUAD), ser­ta 576 Maba Fakul­tas Syari­ah dan Ilmu Hukum (FASIH). Empat belas di antaranya meru­pakan Maba asing asal Thai­land dan enam lain­nya asal Fil­ip­ina (iainta.sparkling). Semen­tara hasil reka­pit­u­lasi data Biro Admin­is­trasi Akademik dan Kema­ha­siswaan (BAAK) IAIN Tulun­ga­gung 1 Agus­tus 2019, menun­jukkan data Maba keselu­ruhan men­ca­pai 5817. Ada­pun rin­cian­nya, yakni 690 Maba losos FASIH dan terdaf­tar valid 560, 2665 lolos FTIK dan valid 2143, 1557 lolos FUAD dan valid 1164, ser­ta 1920 lolos FEBI dan valid 1557.

Ser­aya mema­su­ki ger­bang, peser­ta menyanyikan beber­a­pa lagu, meliputi Indone­sia Raya, Darah Juang, dan Ban­dung Lau­tan Api. Sesam­painya di depan ger­bang, peser­ta dis­am­but jajaran Instruk­tur Pen­damp­ing (IP) dan Pen­damp­ing ℗ menu­ju lapan­gan. Ter­da­p­at pula poton­gan ker­tas pada benang di sederet lapan­gan den­gan angka dan nama kelom­pok tiap-tiap peser­ta. Seu­sai terkumpul, barisan disi­ap­kan dan duduk mel­ingkar untuk berdoa dan sara­pan bersama. Sete­lah sara­pan usai, barisan diper­si­ap­kan seper­ti sem­u­la dan melakukan upacara pem­bukaan PBAK.

Upacara pem­bukaan dihadiri oleh Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung Prof. Dr. H. Maf­tukhin, M.Ag., Wak­il Rek­tor bidang Akademik dan Pengem­ban­gan Lem­ba­ga  Dr. H. Abdul Aziz, Wak­il Rek­tor bidang Admin­is­trasi Umum, Peren­canaan dan Keuan­gan Dr. Kh. Sai­fudin Zuhri, Wak­il Rek­tor bidang Kema­ha­siswaan dan Ker­ja Sama Dr. H. Abad Badruz­za­man, Lc., Dekan, Wak­il Dekan (Wadek) beser­ta civ­i­tas aka­dem­i­ca lain­nya. Acara dim­u­lai sek­i­tar 07.00, kemu­di­an pem­ba­caan ayat suci Alquran, dis­usul den­gan menyanyikan lagu Indone­sia Raya. Sete­lah itu, sambu­tan diawali oleh M. Ibrahim Kho­lil Majid selaku ket­ua Pres­i­den Maha­siswa (Pres­ma) dan diakhiri oleh penye­matan atribut PBAK oleh Maf­tukhin, seba­gai tan­da PBAK telah res­mi dibuka.

Sete­lah PBAK res­mi dibu­ka, barisan diarahkan menu­ju lapan­gan ten­gah untuk men­da­p­atkan materi kebangsaan dan kema­ha­siswaan. Hing­ga  pukul 11.55 peser­ta dibubarkan dan men­ja­di wak­tu isti­ra­hat, salat, dan makan. Menu­rut Alif Rah­mawati, Maba Tadris Fisi­ka, penyam­pa­ian materi di lapan­gan ten­gah terse­but kurang kon­dusif, sebab pengeras suara yang digu­nakan tidak mak­si­mal ter­den­gar oleh keselu­ruhan peser­ta. Beber­a­pa peser­ta yang tidak men­da­p­at tem­pat di bawah ten­da, memil­ih berse­baran dan bert­e­duh di bawah pohon.

Pukul 13.30, di ten­gah panas­nya siang hari, peman­dan­gan jalan sek­i­tar kam­pus men­ja­di lau­tan mer­ah putih, dipenuhi peser­ta PBAK yang kem­bali berbaris menu­ju lapan­gan. Seu­sai berkumpul, peser­ta men­da­p­at orasi sejarah Indone­sia Merde­ka oleh beber­a­pa Steer­ing Comitte (SC). Sek­i­tar pukul 14.00 maha­siswa diarahkan menu­ju kelas sesuai kelom­pok, untuk melak­sanakan kegiatan diskusi kelom­pok hing­ga pukul 15.30. Kemu­di­an, kem­bali pada 18.30 untuk melan­jutkan materi mod­erasi Islam dalam kon­teks keber­aga­man di lapan­gan ten­gah, hing­ga pukul 20.30.

Hari per­dana PBAK ini ter­bilang cukup lan­car, akan tetapi ter­da­p­at hal yang kurang sedap dipan­dang mata seper­ti hal­nya ser­akan sam­pah koran yang dihasilkan dari sisa tem­pat duduk peser­ta. Menang­gapi hal ini, pani­tia mengam­bil tin­dakan den­gan mer­a­p­atkan­nya bersama. “Kalau sam­pah hari ini, itu sudah dira­p­atkan, mungkin sete­lah upacara ini akan diber­sihkan bersama Office Boy (OB), sekalian buat acara besok yang harus dis­ter­ilkan”, ujar salah satu pani­tia PBAK yang eng­gan dise­butkan namanya.

Jinan­tiya Baqi­ta maha­siswi Komu­nikasi Penyiaran Islam (KPI) PBAK mem­beri tang­ga­pan posi­tif ter­hadap pelak­sanaan PBAK hari per­dana terse­but. “Alham­dulil­lah, PBAK tidak ada diskrim­i­nasi dan san­gat menye­nangkan. Barangkali yang bikin jenuh adalah antrinya lama sekali.” Semen­tara Eka Yuliana Nurohman, Maba Pen­didikan Aga­ma Islam (PAI) mem­o­sisikan PBAK men­ja­di pela­jaran untuk bela­jar mandiri mem­ana­je­men wak­tu. [Dit, Ulm, & Bay]