Rahim meru­pakan bagian dari tubuh biol­o­gis perem­puan yang ser­ing dipa­ha­mi seba­gai kan­tung per­anakan tem­pat tum­buh kem­bangnya janin. Namun secara metaforik, rahim juga bisa dimak­nai seba­gai tem­pat manu­sia dihidup­kan dan dibesarkan den­gan kasih sayang. Seba­gaimana yang tert­era dalam KBBI, yakni rahim seba­gai tem­pat janin (bayi). Namun berbe­da dalam bahasa Arab, rahim berasal dari kata ker­ja “ rahi­ma” yang berar­ti men­gasi­hi atau menyayangi.

Apa­bi­la rahim terse­but nor­mal, seo­rang perem­puan bisa melestarikan ketu­runan den­gan pasan­gan­nya. Ia dap­at men­gan­dung sete­lah dis­em­burkan sper­ma lewat vagi­nanya. Namun tidak menut­up kemu­ngk­i­nan ter­ja­di keman­du­lan pada pihak laki-laki sehing­ga perem­puan terse­but tidak bisa men­gan­dung. Rahim terse­but  men­ja­di sak­si pen­cip­taan manu­sia sete­lah ovum perem­puan berhasil dibuahi oleh sper­ma laki-laki. 

Sig­mund Freud telah men­je­laskan bah­wa rahim seba­gai rumah di mana kehidu­pan bermu­la. Jadi rahim adalah rumah per­ta­ma manu­sia sebelum manu­sia menghu­ni dunia.

Tek­stur rahim elastis. Ia akan melar menye­sua­ian den­gan vol­ume bayi. Rahim adalah tem­pat V‑IP bagi bayi yang san­gat rentan. Bayi akan ter­cukupi kebu­tuhan­nya sela­ma di sana. Mulai dari makan, berg­er­ak, bahkan pen­didikan. Den­gan ban­tu­an plasen­ta, janin akan mem­per­oleh makanan. Den­gan ban­tu­an air ketuban, janin bisa berg­er­ak di dalam rahim. Dan den­gan rahim yang tak kedap suara, janin bisa menden­gar bun­yi dari luar rahim, maka ini­lah awal pen­didikan bagi janin.

Di dalam Al-Quran rahim dise­but seba­gai “Qoror­im makin” atau diar­tikan seba­gai tem­pat yang kokoh. Nadi­ah Thay­yarah (2003, 232) dalam bukun­ya Sains dalam Al Qur’an men­gungkap­kan bah­wa rahim dike­lililin­gi dind­ing tulang yang kokoh ter­diri dari tulang pang­gul yang men­cakup dua tulang ili­um (tulang usus) di ked­ua sisi. 

Tulang terse­but seba­gai tameng rahim untuk melin­dun­gi janin. Rahim juga tidak akan rusak mes­ki beru­langkali ter­pakai. Konon katanya perem­puan yang memi­i­ki anak banyak dap­at menye­babkan awet muda. Orang Jawa juga ser­ing menye­but bah­wa banyak anak, banyak rezeki.

Pada umum­nya, janin akan diberi wak­tu sek­i­tar 280 hari atau 9 bulan untuk ting­gal di dalam rahim. Mes­ki tidak bisa dipungkiri kadang juga ada bayi pre­matur yang lahir kurang dari itu. Dalam wak­tu yang tidak genap satu tahun terse­but bayi akan lahir den­gan tubuh yang lengkap. Namun ada juga yang memi­li­ki nasib tidak semu­jur itu, atau kita bisa menye­but­nya anak disabilitas.

Masa janin ada di dalam rahim ser­ing juga dise­but den­gan masa prana­tal. Sam­sunuwiy­ati  (2012:69) dalam bukun­ya “ Psikolo­gi Perkem­ban­gan” telah men­je­laskan bah­wa prana­tal ini meru­pakan peri­ode perkem­ban­gan manu­sia yang pal­ing singkat, tetapi jus­tru pada masa ini ter­ja­di perkem­ban­gan yang san­gat cepat. Di dalam rahim, janin akan cepat berkem­bang. Mulai dari pem­ben­tukan jan­tung, otak, mata, kaki, telin­ga dan organ lain­nya. Den­gan begi­tu berat tubuh seo­rang ibu akan terus bertam­bah kare­na perkem­ban­gan janin dalam kandungannya. 

Seba­gaimana yang dije­laskana oleh Iswah Adri­ana (Vol. 19 No.2, 2011) bah­wasan­nya pros­es pen­cip­taan manu­sia di dalam rahim terba­gi men­ja­di empat. Pen­cip­taan diawali den­gan pem­ben­tukan nuth­fah (sper­ma) sela­ma 40 hari, ‘alaqah (segumpal darah) sela­ma 40 hari, mudghah (segumpal dag­ing) sela­ma 40 hari, dan ter­akhir adalah ditiup­kan­nya ruh ke dalam tubuh janin. Den­gan ditiup­kan­nya ruh, janin men­ja­di hidup dan kemu­di­an akan dis­usul den­gan perkem­ban­gan organ tubuh lainnya.

Mes­ki begi­tu, perem­puan yang telah suk­ses men­gan­dung den­gan ban­tu­an rahim­nya tak sela­manya akan dielu-elu. Ada perem­puan yang berusa­ha untuk melenyap­kan janin terse­but jika memang kehadi­ran­nya tidak diinginkan. Namun ada juga yang berusa­ha mer­awat­nya kare­na kehadi­ran­nya san­gat diharapkan. 

Bahkan orang Jawa melakukan berba­gai macam rit­u­al demi men­cu­rahkan keba­ha­giaan maupun bermak­sud men­doakan janin beser­ta ibun­ya agar sela­mat. Rit­u­al terse­but antaranya: neloni dan tingke­ban. Neloni akan dilakukan keti­ka janin beru­sia tiga bulan, sedan­gkan tingke­ban dilakukan keti­ka janin beru­sia tujuh bulan. 

Kebu­dayaan orang Jawa terse­but tidak lain adalah untuk men­doakan janin di dalam rahim agar kelak ter­lahir sem­pur­na, berbu­di peker­ti baik, dan pan­jang umurnya.  Sehing­ga selain mem­bu­at acara sela­matan ter­da­p­at pan­tan­gan-pan­tan­gan yang per­lu dipatuhi oleh calon ibu maupun calon bapak. 

Seper­ti ibu tidak boleh makan den­gan men­cokot, makan di dalam kamar, duduk di ten­gah pin­tu, alok (mencela orang), dan masih banyak lain­nya, . Sedan­gkan sang ayah dila­rang memanc­ing ikan, meren­dam cucian ter­lalu lama, menyak­i­ti atau mem­bunuh binatang, men­jahit kain den­gan jarum, dan lain seba­gianya. Pan­tan­gan terse­but diang­gap seba­gai man­i­fes­tasi dari sebuah doa untuk janin. 

Jika dilakukan maka janin yang tersem­bun­yi di dalam rahim akan ter­lahir tidak nor­mal atau sulit kelu­ar. Mes­ki tidak dap­at dipungkiri janin akan tetap dap­at dikelu­arkan den­gan ban­tu­an teknolo­gi yang cang­gih, yakni lewat jalur operasi.

Seba­gai seo­rang perem­puan, berbang­galah kare­na telah memi­li­ki rahim. Tuhan telah men­cip­takan rahim sedemikian rupa seba­gai rumah per­ta­ma manu­sia. Mem­ben­tuknya sedemikian rupa hing­ga manu­sia ter­lahir sem­pur­na. Memi­li­ki mata, telin­ga, kaki, dan organ lain­nya hanya dalam wak­tu yang tidak lama. Pan­tas saja keti­ka janin bera­da di tem­pat yang sakral ini lan­tu­nan doa baik uca­pan ser­ing dipan­jatkan. Hal terse­but tidak lain demi kebaikan janin yang hidup di dalam rahim seo­rang ibu. //