close
AgendaBeritaNewscamp

Diskusi “Lingkar Gayatri”: Menyingkap Makna Gender

Dimensipers.com – Jumat, (06/09/2019) Forum Prempuan Filsafat (FPF) kembali menggelar diskusi rutinannya. Diskusi ini datang dengan wajah baru, yakni “Lingkar Gayatri”. Kegiatan ini dimulai pukul 20:00 WIB sampai pukul 21:30 WIB, bertempat di ruang Institute for Javanese Islam Research (IJIR). Topik yang dibahas pada forum kali ini berbincang mengenai “Makna Gender”.

Kegiatan ini disambut baik oleh Akhol Firdaus, selaku Direktur IJIR. Dalam sambutanya Akhol mengatakan bahwa, “Ada pengarusutamaan gender, pemahaman yang lebih baik di dalam memahami relasi laki-laki dan perempuan”. FPF mengisi kekosongan studi gender di IAIN Tulungagung. Ada pusat studi gender, tapi tidak banyak menyentuh level mahasiswa.

Gender merupakan serangkaian karakteristik yang membedakan antara maskulinitas (laki-laki) dan feminimitas (perempuan). Gender itu sendiri terbentuk karena adanya konstruk sosial dan pemikiran manusia. Perlu diketahui juga bahwa gender ini sifatnya tidak absolut, seperti peran, perasaan, perilaku, aktivitas, dan atribut.

Istilah gender seringkali disalah pahamkan dengan seks. Makna gender dengan seks sangatlah berbeda. Seks mengacu pada profil biologis seseorang, seperti hormon, kromosom, dan anatomi tubuh. Seks ini adalah kodrat Ilahi yang sifatnya absolut. Seks sudah kita miliki sejak lahir di dunia.

Oleh karenanya, konsep gender sangatlah diperlukan untuk menganalisis atau memahami persoalan-persoalan ketidakadilan gender yang ada di masyarakat.[] (Hmm)

Hamim Mustofa

The author Hamim Mustofa

Leave a Response