Dimensipers.com – Acara wisu­da ke-25 IAIN Tulun­ga­gung yang seharus­nya dilak­sanakan pada 21 Sep­tem­ber 2019, diun­dur men­ja­di 28 Sep­tem­ber 2019. Hal ini dise­babkan adanya acara Kementer­ian Aga­ma (Keme­nag) yang harus dihadiri oleh Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung, Maf­tukhin, di Jakarta. 

Menang­gapi penun­daan wisu­da terse­but, Ing­git Novi­tasari, maha­siswi Juru­san Ekono­mi Syari­ah (ES) men­gungkap­kan bah­wa, “Dengan pen­gun­duran wak­tu wisu­da mem­berikan tam­ba­han wak­tu untuk per­si­a­pan dan melengkapi beber­a­pa kebu­tuhan yang belum ter­penuhi. Namun, di sisi lain juga mem­berikan dampak negatif, yakni menye­babkan segala sesu­atu yang sudah diper­si­ap­kan keti­ka acara akan berlang­sung harus men­gala­mi peruba­han dan dijad­walkan ulang.”

Kebi­jakan pen­ga­juan atau pen­gun­duran wisu­da men­ja­di kuasa Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung. Pem­ber­i­tahuan terkait penun­daan wisu­da diu­mumkan pada 3 Sep­tem­ber 2019 ke selu­ruh mahasiswa.

Iya, itu adalah kebi­jakan pimp­inan yang didasarkan ada kegiatan yang bersangku­tan den­gan Pak Rek­tor. Yang mana akan ke Jakar­ta pada tang­gal 21 dan itu hasil kepu­tu­san bersama. Itu adalah per­mintaan rek­tor untuk dia­jukan atau diun­dur. Tapi kalau dia­jukan ter­lalu dekat den­gan per­si­a­pan, jadi diun­dur men­ja­di satu ming­gu (kemu­di­an).” Jelas Nur Kho­lis, selaku Sub Bagian Admin­is­trasi Akademik.

Wisu­da yang ren­cananya akan dilang­sungkan pada 28 Sep­tem­ber 2019 meru­pakan wisu­da gelom­bang II. Sedan­gkan, wisu­da gelom­bang I telah dilak­sanakan pada 22 Juni 2019. Pendaf­taran wisu­da gelom­bang II ditut­up pada 30 Agus­tus 2019 den­gan kisaran peser­ta seribu maha­siswa. Namun, kare­na peser­ta yang mendaf­tarkan diri lebih dari seribu, maka diberikan kelu­asan bagi maha­siswa yang sudah memenuhi per­syaratan untuk mengiku­ti wisuda. 

Total peser­ta yang akan mengiku­ti wisu­da berjum­lah 1228 maha­siswa yaitu 2 maha­siswa S3, 95 mahaiswa S2 dan 1131 maha­siswa S1. Yang melakukan pendaf­taran lebih dari itu, tapi yang melakukan val­i­dasi dan sudah inval­i­dasi ada 1228. Kare­na yang mendaf­tar dan belum mengiku­ti val­i­dasi masih banyak sekali. Jadi mulai tang­gal 3 Sep­tem­ber, maha­siswa yang akan wisu­da, masuk gelom­bang wisu­da selan­jut­nya. Yang diren­canakan bulan Novem­ber. Tapi, masalah dilak­sanakan­nya kapan, masih menung­gu kepu­tu­san para pimp­inan.”Jelas Kho­lis.

Menyikapi pen­gun­duran wak­tu wisu­da, Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung meny­atakan per­mintaan maaf ter­hadap para peser­ta wisu­da. “Sebe­tul­nya pimp­inan IAIN Tulun­ga­gung minta maaf yang sebe­sar-besarnya kepa­da peser­ta.Pungkas Kho­lis.[] (Ai/Asn/Usy)

Orang bodoh tak kun­jung pandai.”