Saat ini kam­pus IAIN Tulun­ga­gung sedang tidak baik-baik saja, yakni terkait den­gan polemik Pemil­i­han Raya (PEMIRA). (21/09) Dike­tahui pam­flet men­ge­nai  PEMIRA, kam­pus IAIN Tulun­ga­gung, terse­bar begi­tu saja di kalan­gan maha­siswa melalui media antarwhat­sapp. Pam­flet terse­but meng­in­for­masikan men­ge­nai taha­pan jad­w­al pemil­i­han umum pres­i­den dan wak­il pres­i­den Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Insti­tut. Juga beser­ta  prasyarat yang harus dipenuhi oleh para calon ket­ua pres­i­den dan wak­il presiden. 

Run­tu­tan jad­w­al acara yang tert­era dalam pam­flet terse­but, antara lain pengam­bi­lan dan pengumpu­lan for­mulir bakal calon pres­i­den dan wak­il pres­i­den. Seba­gaimana tert­era di pam­flet, for­mulir terse­but dise­di­akan di kan­tor Sen­at Maha­siswa Insti­tut, pada 20–23 Sep­tem­ber 2019, pukul 09.00–15.00 WIB. Sedan­gkan pene­ta­pan calon pres­i­den dan wak­il pres­i­den dilak­sanakan pada 23 Sep­tem­ber 2019, pukul 17.00 WIB. Selan­jut­nya, pada 24 Sep­tem­ber 2019, dilak­sanakan­nya masa kam­pa­nye. Yang ter­akhir, jad­w­al pemil­i­han dan pene­ta­pan pres­i­den dan wak­il pres­i­den pada tang­gal 25 Sep­tem­ber 2019. 

Penye­baran pam­flet ini terke­san san­gat men­dadak. Mengin­gat run­tu­tan jad­w­al dari mulai penye­baran pam­let sam­pai pengam­bi­lan dan pengumpu­lan for­mulir pendaf­taran yang berben­tu­ran, sehing­ga ter­li­hat kurang persiapan.

PEMIRA ini juga men­gala­mi keca­catan, yaitu terkait pani­tia KPU (Komisi Pemil­i­han Umum). Seper­ti yang ter­da­p­at pada foto di atas. Jelas sekali menun­jukkan bah­wa pani­tia KPU sebe­narnya ditar­getkan berjum­lah 20 orang, yang berasal dari del­e­gasi mas­ing-mas­ing Him­punan Maha­siswa Juru­san. Semen­tara itu, sam­pai (23/09) hanya ter­da­p­at 10 pendaf­tar saja.

Kemu­di­an pada (23/09) pani­tia penye­leng­gara dan para calon men­gadakan medi­asi di ruang UKM lan­tai tiga. Namun medi­asi terse­but tidak meng­hasilkan apapun, sebab tidak men­e­mukan titik temu. Selain itu, ada pasan­gan calon pendaf­tar yang men­gala­mi kendala. Yakni terkait berkas per­syaratan mere­ka yang belum lengkap. Hal ini pun men­gak­i­batkan jad­w­al pene­ta­pan calon pres­i­den dan wak­il calon pres­i­den diun­dur. Kelan­ju­tan PEMIRA terse­but sam­pai saat ini belum jelas, tetap diadakan atau malah sebaliknya.

Keti­ka kru dimen­si mem­inta keje­lasan kepa­da pihak pani­tia, mere­ka kurang serius dalam menang­gapinya. Sam­pai narasi ini diung­gah, pani­tia yang bersangku­tan masih  sulit dim­intai keterangan.[]