Dimensipers.com — Kamis, (26/09/2019) alian­si maha­siswa Tulun­ga­gung mengge­lar aksi tolak Ran­can­gan Kitab Undang-Undang Huku­man Pidana (RKUHP) dan Undang-Undang Komisi Pem­ber­an­tasan Korup­si (UU KPK) di depan hala­man Dewan Per­wak­i­lan Raky­at Daer­ah (DPRD) Kabu­pat­en Tulun­ga­gung. Peser­ta aksi berkumpul di kam­pus mas­ing-mas­ing pukul 07. 00 WIB. Per­jalanan dilan­jutkan menu­ju kan­tor DPRD Kabu­pat­en Tulungagung. 

Unjuk rasa maha­siswa di depan Gedung DPRD Tulun­ga­gung, Kamis, (26/09/2019).

Aksi terse­but dihadiri oleh 1084 peser­ta (100 dari Him­punan Maha­siswa Islam, 50 dari Ger­akan Maha­siswa Nasion­al Indone­sia, 40 dari Ikatan Maha­siswa Muham­madiyah, 14 dari Seko­lah Ting­gi Aga­ma Islam Muham­madiyah Tulun­ga­gung, 170 dari Seko­lah Ting­gi Kegu­ru­an dan Ilmu Pen­didikan Per­sat­u­an Guru Repub­lik Indone­sia (STKIP PGRI) Tulun­ga­gung, 40 dari Uni­ver­si­tas Tulun­ga­gung, 100 dari Fakul­tas Ushul­ludin Adab dan Dak­wah Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung, 100 dari Fakul­tas Syari­ah dan Ilmu Hukum IAIN Tulun­ga­gung, 100 dari Fakul­tas Ekono­mi Bis­nis Islam IAIN Tulun­ga­gung, 150 dari Fakul­tas Tar­biyah dan Ilmu Kegu­ru­an IAIN Tulun­ga­gung, 30 dari Komu­ni­tas Tan­pa Nama, 50 dari Seko­lah Ting­gi Aga­ma Islam Dipone­goro, 20 dari Perg­er­akan Maha­siswa Islam Indone­sia (PMII) STIKIP PGRI Tulun­ga­gung, 100 dari PMII IAIN Tulun­ga­gung, dan 20 Seko­lah Ting­gi Ilmu Kese­hatan (STIKES) Abdi Husa­da Tulungagung).

Asep Seti­awan, Ket­ua Badan Ekseku­tif Maha­siswa STKIP PGRI Tulun­ga­gung, meny­atakan motif dalam penyeru­an aksinya untuk menun­tut kead­i­lan masyarakat. Menu­rut­nya, maha­siswa harus menyuarakan aspi­rasinya atas nama masyarakat.

Menyoal tun­tu­tan aksi, Asep menu­turkan “RUU yang merasa kita tidak digubris dan masih tumpang tindih den­gan kese­jahter­aan masyrakat Indone­sia. Dari kami banyak beber­a­pa poin yang kita kaji dan dalam aksi ini. Kita aspi­rasikan ke DPR Tulun­ga­gung untuk dis­alurkan ke DPR pusat. Untuk poin-poin itu, satu yang saya rasa per­lu diper­hatikan, yaitu ten­tang per­tana­han.”

Berbe­da den­gan Asep, Mahen­dra salah seo­rang maha­siswa dari STIKES Abdi Husa­da Tulun­ga­gung mem­ber­atkan tun­tu­tan­nya pada RKUHP pasal 432. Pasal terse­but dini­lai men­gan­cam perem­puan  yang pulang malam di atas pukul 22.00. Selain itu juga diang­gap gelan­dan­gan dan dike­nakan den­da 1 juta.  “Kita seba­gai tena­ga kese­hatan, mis­al­nya kita shift malam kalau kena den­da, nan­ti yang salah sia­pa? Nan­ti kalau pasi­en­nya mati yang salah sia­pa? Terus sia­pa juga yang bertang­gung­jawab di rumah sak­it?” Ucap Mahendra.

Salah seo­rang Maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung, yang tidak ingin dise­but namanya meny­atakan motif dalam aksi ini adalah memenuhi pang­gi­lan­nya seba­gai maha­siswa. Yang mana tidak berwewe­nang dan tidak bisa ber­me­di­asi atau maju sendiri untuk menyuarakan tun­tu­tan­nya. Adanya aksi adalah seba­gai wadah untuk mem­bela negara. 

Yang namanya DPR kan wak­il raky­at, seharus­nya kebi­jakan­nya, ya,  memi­hak kepa­da raky­at. Kan, demokrasi dari raky­at, oleh raky­at, dan untuk raky­at. Kalau kebi­jakan-kebi­jakan itu merugikan raky­at sendiri apa gunanya demokrasi. Kan, DPR diga­ji melalui uang raky­at juga, harus­nya mere­ka seba­gai penghubung aspi­rasi raky­at bukan pen­ji­lat raky­at. Gitu aja, sih.” Jelas­nya.

Poster tun­tu­tan unjuk rasa mahasiswa.

Ada­pun tun­tu­tan yang ingin diaspi­rasikan oleh alian­si maha­siswa Tulun­ga­gung dise­butkan Tam­ba, selaku koor­di­na­tor aksi. “Tun­tu­tan yang ditan­datan­gani tadi antara lain: meno­lak RKUHP pasal 218, 219, 252, 278, 432, mem­inta perku­atan RKUHP pasal 604, meno­lak pelema­han KPK den­gan UU KPK dan mende­sak pres­i­den men­gelu­arkan Per­at­u­ran Pemer­in­tah Peng­gan­ti Undang-Undang pen­cabu­tan UU KPK ser­ta mengka­ji ulang UU KPK di peri­ode selan­jut­nya, meno­lak RUU per­tana­han pasal 26, 91, dan 95, mende­sak pemer­in­tah segera menye­le­saikan kon­flik Papua, mengutuk  tin­dakan repre­sif aparat kepolisian yang tidak manu­si­awi kepa­da maha­siswa, dan menin­dak tegas oknum yang men­ja­di pelaku pen­ga­ni­ayaan maha­siswa, menun­tut pemer­in­tah daer­ah  ser­ta menin­dak tegas oknum peneban­gan sono kel­ing di Tulun­ga­gung.

Aksi ini berakhir den­gan penan­datan­ganan surat tun­tu­tan. Yang mana ditan­datan­gani oleh Calon Ket­ua DPRD Tulun­ga­gung, Kapol­res Tulun­ga­gung, ser­ta per­wak­i­lan maha­siswa yang mengiku­ti aksi.[] (Nat/Ulm)