Dimensipers.com — Kamis, 17 Okto­ber 2019, Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung kem­bali adakan per­ayaan Hari Santri Nasion­al. Kali ini berta­juk “Pekan Pengem­ban­gan Bakat dan Kreativ­i­tas Maha­siswa”. Pem­bukaan acara dige­lar di Gedung Syai­fud­din Zuhri lan­tai 6 pada pukul 09.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh seba­gian per­wak­i­lan peser­ta lom­ba dan penang­gung jawab lomba.

Pem­bukaan Pekan Pengem­ban­gan Bakat & Kreativ­i­tas Maha­siswa 2019 di Gedung Syai­fud­din Zuhri, 17 Okto­ber 2019. 

Pra acara diisi den­gan menyanyikan lagu Indone­sia Raya dan Mars IAIN Tulun­ga­gung. Selan­jut­nya, acara dibu­ka den­gan sambu­tan dari Sutopo selaku Ket­ua Pelak­sana dan Maf­tukhin selaku Rek­tor IAIN Tulun­ga­gung, Kemu­di­an dilan­jutkan den­gan doa.

Dalam sambu­tan yang dis­am­paikan Sutopo, ia meny­atakan bah­wa kegiatan pem­bukaan acara Hari Santri ini diiku­ti oleh 915 peser­ta. Den­gan total keselu­ruhan ada 37 lom­ba yang ter­diri dari 22 cabang lom­ba olahra­ga dan 15 cabang lom­ba lainnya.

Ada­pun kegiatan ini diiku­ti maha­siswa-maha­siswa dari 4 fakul­tas melalui surat del­e­gasi. Kegiatan per­lom­baan dim­u­lai pada tang­gal 16–21 Okto­ber 2019. Hing­ga pada tang­gal 22 Okto­ber akan diadakan apel Hari Santri Nasion­al sekali­gus peny­er­a­han apre­si­asi acara perlombaan.

Jadi, inshaal­lah nan­ti untuk teman-teman maha­siswa yang jadi juara  akan  ada peny­er­a­han (hadi­ah). Kai­tan­nya den­gan apre­si­asi pada saat kita melakukan apel Hari Santri nan­ti,” ujar Sutopo. 

Kegiatan per­lom­baan diadakan di dua tem­pat, yakni di dalam kam­pus maupun beber­a­pa per­tandin­gan di luar kam­pus. Hal ini kare­na den­gan alasan kurangnya fasil­i­tas yang men­dukung dalam per­lom­baan terse­but. Ada­pun tujuan diadakan­nya acara ini adalah untuk men­jadikan maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung yang berprestasi dap­at diikut­ser­takan pada ajang lom­ba di luar kam­pus. Seper­ti Pekan Ilmi­ah Olahra­ga Seni dan Riset, Invi­tasi Pengem­ban­gan Bakat dan Minat Maha­siswa, maupun per­lom­baan yang ada di dalam kampus.

Selan­jut­nya, Maf­tukhin  dalam sambu­tan­nya juga men­go­men­tari nama sebu­tan ajang Hari Santri “Pekan Pengem­ban­gan Bakat dan Kreativ­i­tas Maha­siswa,” yang dini­lainya penyebu­tan itu jika diu­cap­kan amat sulit kare­na ter­lalu pan­jang. “Jadi, sebe­narnya bisa juga kita buat den­gan sebu­tan “Pekan Santri” kare­na kan seben­tar lagi akan ada kai­tan­nya men­je­lang den­gan hari santri pada 22 Okto­ber nan­ti. Jadi pena­maan sebu­tan itu tidak ter­lalu pent­ing kare­na yang pent­ing itu isinya”.

Men­ge­nai ter­lak­sanya acara terse­but, salah satu peser­ta lom­ba Mus­abaqoh Menulis Kan­dun­gan Al-Quran, Oktavia, maha­siswa Juru­san Pen­didikan Guru Madrasah Ibtidaiyah meny­atakan hara­pan­nya. Yakni agar teman-teman dap­at menyum­bangkan potensinya yang sudah dim­i­li­ki. Sehing­ga dap­at digu­nakan melalui suatu ajang per­lom­baan dan dap­at menam­bah pengalaman.

Acara ini diakhiri den­gan sesi foto bersama. Kemu­di­an dilan­jutkan pelak­sanaan berba­gai ajang per­lom­baan.[]  (Asn, Dit).

Orang bodoh tak kun­jung pandai.”