Tulun­ga­gung adalah salah satu kabu­pat­en yang ter­letak di Provin­si Jawa Timur. Pusat pemer­in­ta­han Kabu­pat­en Tulu­nag­gung bera­da di Keca­matan Tulun­ga­gung. Kabu­pat­en Tulu­ga­gung terba­gi dalam 19 keca­matan, 257 desa, dan 14 kelu­ra­han. Berba­gai tem­pat sejarah ada di sana, dari tem­pat rekreasinya, parona­ma kein­da­han alam­nya, ser­ta kul­tur budaya yang melekat pada masyarakat. Tulun­ga­gung juga dike­nal seba­gai Kota Ingan­daya alias indus­tri, pan­gan, dan budaya. Tiga pilar keku­atan ini sam­pai sekarang masih terasa kuat, di samp­ing perkem­ban­gan sek­tor perda­gan­gan dan pen­didikan. Kota Ingan­daya meru­pakan moto dalam mengem­bangkan dan mem­per­cepat pem­ban­gu­nan di daer­ah pemer­in­ta­han Kabu­pat­en Tulungagung. 

Di sek­tor indus­tri, Tulun­ga­gung terke­nal seba­gai daer­ah peng­hasil marmer terbe­sar di Indone­sia. Selain itu juga ker­a­ji­na khas; batik Tulun­ga­gung, marmer, dan batu oniks di Keca­matan Cam­pur­darat, kon­fek­si bor­der, ker­a­jianan kulit hewan, ker­a­ji­nan ijuk atau dari kulit kela­pa. Di Tulun­ga­gung juga berkem­bang indus­tri pem­bu­atan per­ab­otan rumah tang­ga yang bera­da di Keca­matan Ngunut. Sek­tor pari­wisa­ta Tulun­ga­gung juga berkem­bang pesat, baik wisa­ta buatan maupun wisa­ta alam. Seper­ti pan­tai: Gemah, Patok Gebang, Sine, Brum­bun, Popoh, Klatak, dan Kedung Tumpang

 Di sek­tor pan­gan, Kabu­pat­en Tulun­ga­gung meru­pakan salah satu lum­bung pan­gan di Jawa Timur. Di mana untuk padi pada tahun 2015 mam­pu mem­pro­duk­si padi 298.578,48 ton gabah ker­ing giling, maupun jagung sebanyak 276.001,74 ton pip­i­lan ker­ing. Makanan khas: nasi lod­ho, tape bakar, krupuk/opak ram­bak, som­pel Tulun­ga­gung, jenang abang, jenang putih, jenang gren­dul, pecel, cenil, geth­uk, dan kopi cethe. Semua jajanan/makanan khas Tulun­ga­gung bisa kita jumpai di Pusat Jajanan Ser­ba Ada (Pujasera) yang bera­da di Pasar Ngem­plak Tulungagung. 

Di sek­tor kebu­dayaan, Tulun­ga­gung meru­pakan gudan­gnya. Ada tayub/lelangen bek­san, rit­u­al tari tiban, jaranan sen­therewe, reog ken­dang, keto­prak, wayang kulit, wayang jem­blung, ken­trung, dan cam­pur­sari. Ker­aga­man budaya di Tulun­ga­gung sesu­atu yang harus di syukuri dan dilestarikan. 

Selain dari sisi indus­tri, dari segi budaya juga tidak kalah menarik. Berba­gai upacara adat seper­ti man­ten kuc­ing atau upacara jamasan kyai upas masih tetap dilakukan sam­pai saat ini. Sehing­ga dap­at dis­im­pulkan bah­wa kota tulun­ga­gung ini memi­li­ki banyak sum­ber daya baik itu indus­tri, pan­gan maupun budaya. Dan kita seba­gai warga/generasi penerus budaya terse­but seharus­nya bang­ga dan dap­at melestarikannya.[]