Dimensipers.com- Selasa, 3 Desem­ber 2019 Fakul­tas Ushu­ludin Adab dan Dak­wah (FUAD). Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulu­na­gung gelar acara per­dana Sicad Sajen yang meru­pakan gabun­gan dari Fuad Musik dan Sas­tra Jen­dra den­gan tema “Jan­gan Peluk Aku den­gan Pak­sa, Tetapi Rangkul Aku den­gan Rasa”.  Kegiatan berlang­sung dide­pan ger­bang masuk IAIN Tulun­gag­gung. Sicad Sajen  meru­pakan Lem­ba­ga Semi Otonom yang masih baru dideklarasikan keti­ka milad FUAD, beber­a­pa bulan lalu.

Acara ini menampilkan musik dari FUAD Musik dan pem­ba­caan puisi oleh pegiat Sas­tra Jen­dra. Saya sendiri dari juru­san Bahasa Indone­sia, jadi saya menyukai, apala­gi kan ten­tang sas­tra bera­da dil­ingkup bahasa Indone­sia seharus­nya, inikan acara FUAD hanya saja kita antu­sias. ujar Bagio, maha­siswa juru­san Bahasa Indonesia.

Komu­ni­tas Sicad Sajen men­ja­di wadah ekspre­si dan hibu­ran bagi maha­siswa. Seba­gaimana yang dije­laskan oleh Dep­ta selaku Ket­ua Sas­tra Jen­dra, “Alasannya yang per­ta­ma ini men­ja­di tongkat estafet kepemimp­inan. Bagaimana acara ini agar terus ber­jalan salah sat­un­ya seper­ti ini. LSO yang didirikan dari FUAD untuk dijadikan salah satu wadah rata-rata maha­siswa menyukai sas­tra dan musik”.

Dalam pelak­sanaan­nya, acara ini men­e­mui kendala. Seper­ti yang ditu­turkan Kevin selaku ket­ua pelak­sana Sicad Sajen, “Agen­da ini memi­li­ki kendala dalam surat menyu­rat ada pihak yang tidak mem­beri respond, dari izin tem­pat dan fasil­i­tas dan masih komu­ni­tas baru, jadi belum ada dana. Kita menye­lang­garakan acara di tem­pat ter­bu­ka, selain itu kita lebih bisa berek­spre­si, kita kan seper­ti nga­men bareng. Juga untuk men­cari masa untuk meny­isihkan uang sakun­ya untuk apre­si­asi bagi kami.

Men­ge­nai ter­lak­sananya acara terse­but. Salah satu pegiat sas­tra memi­li­ki hara­pan ke depan­nya agar lebih banyak anggota yang bisa ikut dan men­gapre­si­asikan diri. Soal­nya acara ini kan bisa dijadikan untuk ajang  unjuk pen­da­p­at, ten­tang masalah apa yang diba­has dalam satra yang dia bacakan. Juga mungkin ke depan­nya bisa men­gadakan event seper­ti ini yang tujuan­nya meng­galang dana, amal, bagi yang terke­na musi­bah.[] (Arm/Krs)