Judul Buku      : Sejarah Tuhan: Kisah Pen­car­i­an Tuhan yang Dilakukan oleh Orang-orang Yahudi

Judul Asli        : A His­to­ry of God: 4000 Years Quest of Judaism, Chris­tianty, and Islam

Penulis             : Karen Armstrong

Pen­er­jemah      : Zain­ul Am.

Pener­bit           : Mizan

Mem­ba­ca judul­nya, sejarah Tuhan, lang­sung ter­bayang per­tanyaan apakah Tuhan juga seper­ti manu­sia memi­li­ki sejarah? Meskipun begi­tu, memang benar “Tuhan” men­ja­di isti­lah yang tetap menarik untuk diba­has sep­a­n­jang kehidu­pan manu­sia. Kon­sep­nya terus menerus berputar-putar di kepala manu­sia dari sejak awal manu­sia bisa berpikir. Keber­adaanya terus diperde­batkan, seper­ti bagaimana kon­sep-Nya, wujud-Nya, kemam­puan-Nya, dan segala hal berkai­tan den­gan-Nya. Hal ini­lah yang ambil oleh Karen Arm­strong dan di angkat dalam bukun­ya “Sejarah Tuhan”.

Karen Arm­strong adalah seo­rang penulis, pen­garang, dan fem­in­is. Masa mudanya habis seba­gai seo­rang biarawati dari Ordo Soci­ety of Holy Child Jesus. Sesu­dah itu, dirinya dikir­im untuk melan­jutkan stu­di sar­jana dan mas­ter di Uni­ver­si­tas Oxford juru­san sas­tra dan sejarah Ing­gris. Sesu­dah itu Karen Amstrong men­ga­jar di Uni­ver­si­tas Lon­don, sem­bari men­em­puh pro­gram stu­di ini­lah ia memu­tuskan kelu­ar dari ordonya dan men­ja­di penulis beber­a­pa buku ten­tang kehidu­pan­nya yang dibatasi dan terkekang dalam gere­ja. Dirinya juga melan­jutkan peneli­tian­nya ten­tang stu­di aga­ma-aga­ma, teruta­ma tiga aga­ma samawi; Yahu­di, Kris­ten, dan Islam.

Buku Sejarah Tuhan ter­susun ke dalam sebe­las bab, di awali dari Bab I: pada mulanya, Bab II: Tuhan Yang Satu, Bab III: Cahaya Bagi Kaum Non-Yahu­di, Bab IV: Trini­tas: Tuhan Kris­ten, Bab V: Keesaan: Tuhan Islam, Bab VI: Tuhan Para Filosof, Bab VII: Tuhan Kaum Mist­ik, Bab VIII: Tuhan Bagi Para Reformis, Bab IX: Pencer­a­han, Bab X: Kema­t­ian Tuhan?, Bab XI: Adakah Masa Depan Bagi Tuhan? Uru­tan keselu­ruhan bab pada buku ini men­je­laskan perkem­ban­gan kon­sep ten­tang Tuhan. Ten­tu Tuhan di sini adalah Tuhan-Tuhan aga­ma besar dunia.

Berbe­da den­gan kon­sep Tuhan yang evo­lu­tif, akan kita temukan pada bab per­ta­ma, sang penulis men­co­ba men­je­laskan bah­wa keper­cayaan akan adanya satu Tuhan adalah kon­sep per­ta­ma manu­sia ten­tang Tuhan. Tapi kon­sep yang juga dise­but monoteisme ini memi­li­ki banyak ver­si, dis­esuaikan kon­teks dan wilayah. Seper­ti di suatu wilayah dap­at dise­but seba­gai  kon­sep “Tuhan Tert­ing­gi” atau “Dewa Lan­git”, men­gua­sai Tuhan-tuhan lain­nya. Seper­ti yang ter­da­p­at pada bangsa Yahu­di, dike­nal den­gan sebu­tan Yah­weh men­ja­di pen­guasa bagi selu­ruh Tuhan. Selan­jut­nya pen­je­lasan ten­tang Yah­weh beser­ta bagaimana ter­ben­tuknya keper­cayaan Yahu­di dike­mukakan den­gan san­gat gam­blang pada bab ked­ua, dim­u­lai dari keja­di­an penam­pakan sosok “Tuhan” oleh Yesaya di singgasana sebuah kuil hing­ga keadaan bangsa Yahu­di bertahun-tahun setelahnya.

Bab keti­ga dan keem­pat men­je­laskan kon­sep Tuhan di tem­pat lain, masih berkai­tan den­gan bab ked­ua, berceri­ta ten­tang sejarah keper­cayaan Kris­ten dan peruba­han kon­sep Tuhan. Jika bab ked­ua men­je­laskan kemu­ncu­lan aga­ma Kris­ten dan Yesus hanya diang­gap seba­gai manu­sia mulia yang mem­bawa risalah Tuhan, maka pada bab keem­pat dije­laskan kro­nolo­gi berubah­nya keyak­i­nan Tuhan kris­tiani pada awal abad keem­pat. Bah­wa peruba­han ini dise­butkan bermu­la dari motif poli­tik Kaisar Kon­stan­tin untuk melanggengkan kekuasaan­nya den­gan menye­leng­garakan Kon­isili Nicea. Dalam perte­muan terse­but para Uskup dari berba­gai pen­ju­ru berkumpul untuk bersep­a­kat ten­tang Trini­tas, dosa waris, kewe­nan­gan gere­ja, dan dog­ma-dog­ma lain­nya. Kesep­a­katan-kesep­a­katan terse­but selan­jut­nya men­ja­di ajaran uta­ma keper­cayaan kris­tiani dan meng­ha­puskan keper­cayaan aslinya.

Berlan­jut pem­ba­hasan buku ini pada Islam. Ketauhi­dan Islam diba­has pada bab keli­ma, bermu­la dari pros­es turun­nya wahyu per­ta­ma di Gua Hira melalui malaikat Jib­ril, penulis mencer­i­takan kro­nolo­gi masuknya ajaran baru ini ke masyarakat Mekkah. Amstrong men­je­laskan bagaimana aga­ma baru ini penuh den­gan rasion­al­i­tas, mem­be­dakan­nya den­gan aga­ma-aga­ma sebelum­nya, men­gubah masyarakat jahiliyah men­ja­di pusat per­ad­a­ban baru di dunia.

Tiga bab berikut­nya men­dudukan berba­gai pan­dan­gan tokoh atau sek­te ten­tang Tuhan, terba­gi ke dalam tiga kat­e­gori, filosof, mist­ikus, dan reformis. Berlan­jut pada bab keenam ten­tang  kon­sep Tuhan bagi para filosof teruta­ma para filosof Islam keti­ka Per­ad­a­ban Arab den­gan keku­atan Islam mulai bers­ing­gun­gan den­gan sains dan fil­safat Yunani. Pada bab ini dije­laskan­lah kon­sep Tuhan oleh Al-Kin­di, Ar-Razi, Al-Fara­bi, Ibnu Sina, dan banyak filosof mus­lim lain. Bab ketu­juh berisi kon­sep Tuhan yang telah diper­son­al­isasi beber­a­pa sek­te Yudaisme, Kris­ten, dan kadar relatif sedik­it dalam Islam. Pem­ba­hasan ten­tang bagaimana Tuhan tibal­ah pada bab kede­la­pan, mem­ba­has kon­sep Tuhan yang tren pada abad keli­ma belas dan enam belas khusus­nya di Eropa. Rekon­struk­si kon­sep Tuhan di Eropa mam­pu mem­bangk­itkan per­ad­a­ban Eropa dari keter­pu­rukan­nya dan meng­gan­tikan per­ad­a­ban Islam. 

Pada bab kesem­bi­lan, penulis masih berku­tat bagaimana kon­sep ten­tang Tuhan di Eropa terus men­gala­mi pros­es evo­lusi, dimana keber­adaan-Nya semakin kabur seir­ing perkem­ban­gan rasion­al­i­tas di Eropa, dita­m­bah muncul­nya berba­gai pen­e­muan teknolo­gi sete­lah abad keenam­be­las. Dije­laskan makin kuat tren hilangnya Tuhan di Eropa dap­at dite­mukan di bab kesepu­luh den­gan berba­gai faham keti­adaan Tuhan yang mere­bak di Eropa. Disokong den­gan berba­gai macam dalil rev­o­lu­sion­er seper­ti “Tuhan adalah can­du masyarakat”, “Tuhan telah mati”, dan “Seki­ranya bila Tuhan belum mati, maka tugas bagi manu­sia yang rasion­al dan tere­man­si­pasi adalah membunuhnya”.

Pada bab ter­akhir, akan tam­pak sekali pan­dan­gan seo­rang aga­mawan, penulis men­je­laskan bah­wa kon­sep Ateisme den­gan berba­gai var­i­anya, bukan solusi bagi kehidu­pan. Menu­rut Arm­strong dibuk­tikan den­gan makin banyaknya per­masala­han di muka bumi seper­ti muncul­nya wabah penyak­it Human Immun­od­e­fi­cien­cy Virus (HIV), perang yang berke­ca­muk, dsb. 

Buku ini layak men­ja­di buku ref­er­en­si, teruta­ma bagi pem­ba­ca yang mengge­lu­ti bidang per­bandin­gan aga­ma. Berba­gai pen­je­lasan dalam buku ini san­gat masuk akal untuk mema­ha­mi Tuhan di aga­ma-aga­ma dunia. Selain itu, buku ini juga disokong den­gan kuat oleh ref­er­en­si yang lengkap. Tapi bagi saya, mem­ba­canya seper­ti mem­ba­ca buku dak­wah. Bagaimana­pun aga­ma adalah ruang intim bagi tiap manu­sia, pelem­ba­gaanya hanya mem­bu­at aga­ma tam­pak hitam dan putih, berku­tat di ruang benar dan salah. Selain itu masalah yang dis­ug­uhkan meru­pakan masalah yang ter­ja­di di Eropa dan belum ten­tu dap­at dijadikan kerang­ka pikir di tem­pat lain. Seper­ti biasa, Bli­bi­cal World yang mem­ing­girkan keber­adaan aga­ma lokal. 

Penulis: Fitria Riz­ka Nabelia
Edi­tor: Rifqi Ihza F. 

  • Penulis adalah Maha­siswa Semes­ter 6 Juru­san Aqi­dah dan Fil­safat Islam (AFI) IAIN Tulungagung.

Seo­rang yang ter­tarik pada isu-isu Perem­puan Lokal dan Tra­disi. Sekarang ten­gah berpros­es dalam aktiv­i­tas menulis dan mem­ba­ca di Insti­tute for Javanese Islam Research (IJIR).