Dimensipers.com — Komu­ni­tas Maha­siswa Juru­san (KMJ) Sosi­olo­gi Aga­ma IAIN Tulun­ga­gung yang diiku­ti oleh maha­siswa Sosi­olo­gi Aga­ma semes­ter 1 dan 3, pada Jumat 5 Okto­ber 2018, men­gadakan doa bersama dan peng­galan­gan dana untuk kor­ban ben­cana di Palu dan Dong­gala. Doa bersama mulai pukul 10.20–12.00 WIB, dan dilan­jutkan peng­galan­gan dana yang dilakukan sete­lah sha­lat Jumat, yaitu pukul 13.00 WIB sam­pai pukul 15.00 WIB. Titik letak peng­galan­gan dana diba­gi rata mulai dari kelas let­ter L, IJIR, Gedung Arief Mus­takim, Gedung Syai­fud­din Zuhri, Kan­tin, Ruang UKM (Dimen­si dan KSR), dan area IAIN TULUNGAGUNG lain­nya, ser­ta perem­patan lam­pu mer­ah Gra­galan dan Sum­bergem­pol. Donatur dari peng­galan­gan dana diper­oleh dari maha­siswa dan dosen IAIN Tulun­ga­gung, ser­ta masyarakat sekitar.

Meskipun sosi­olo­gi aga­ma adalah juru­san yang baru dan berang­gotakan 98 maha­siswa, namun peng­galan­gan dana kali ini bukan yang per­ta­ma, “Peng­galan­gan dana ini sudah per­nah dilakukan teman-teman Sosi­olo­gi Aga­ma, seper­ti ben­cana yang melan­da Pac­i­tan tahun kemarin, bahkan kami turun lang­sung ke lokasi,” ujar Ket­ua KMJ Sosi­olo­gi Aga­ma, Naim.

Peng­galan­gan dana ini bek­er­ja sama den­gan Jaringan Maha­siswa Sosi­olo­gi se-Jawa (JMSJ) yang bera­da di Jawa Timur, Jawa ten­gah, DIY, Jawa Barat, Jakar­ta, dan Ban­ten. Ket­ua KMJ Sosi­olo­gi Aga­ma men­gungkap­kan, “Hasil dari peng­galan­gan dana terkumpul Rp.3.300.000, nan­ti­nya akan dikumpulkan men­ja­di satu dari juru­san sosi­olo­gi lain ke JMSJ dari ke‑4 korwil.”

Rasanya senang, soal­nya kita juru­san dari sosi­olo­gi aga­ma yang basic­nya ke sosial dap­at bertin­dak real ke masyarakat dan mem­ban­tu mere­ka yang sedang mem­bu­tuhkan,” ungkap Dicky maha­siswa Sosi­olo­gi Aga­ma semes­ter 1. []